Monday, June 22, 2015

Kisah Nabi Ismail

Kisah Nabi Ismail – Alloh menerangkan kisah Nabi Ismail dalam Al-Quran,
“Dan ceritakan (Hai Muhammad kepada mereka) yang tersebut dalam Al-Quran, Sesungguhnya ia adalah orang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.” (QS.Maryam Ayat 54). 

Setelah kembali dari mesir bersama istrinya, NabI Ibrahim menikah dengan budak perempuannya yang bernama Siti Hajar. Itu pun saran istri pertamanya Siti Sarah. Tak berapa lama, Siti Hajar melahirkan seorang anak laki-laki yang diberinama Ismail. Namun, Setelah Nabi Ismail lahir, Siti Sarah menjadi tidak menyukai Siti Hajar, Karena Siti Hajar sudah bisa mempunyai anak, sedangkan dirinya belum. Nabi Ibrahim mengetahui hal itu, maka Siti Hajar dan Nabi Ismail dibawa pindah ke makkah. Pada waktu itu makkah sepi penduduk dan belum ada penghuninya. Al-quran bercerita Nabi Ibrahim berdoa, “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku  dilembah yang tidak mempunyai tanaman di dekat rumah Engkau (Baitulloh) yang dihormati. Ya tuhan kami yang demikian itu agar mereka mendirikan sholat, maka jadikanlah hati sebagian diantara manusia cendrung pada mereka, beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” ( QS Ibraahiim, Ayat 37).

riwayat hidup nabi ismail  nabi ismail dan ishak  nabi ismail disembelih  kisah nabi ismail disembelih


Setelah selesai berdoa, Nabi Ibrahim kembali lagi ke Syam, Setelah sekian lama tinggal di makkah, Akhirnya Siti Hajar kehabisan air, Siti hajar kehausan, begitu juga anaknya, Ismail, ia kekurangan air susu dari ibunya.
Kemudian, Siti Hajar berusaha mencari air, ia berlari sampai kebukit Shafa dan Marwah, barangkali disana ada air. tetapi, beberapa kali pulang pergi antara dua bukit itu, ia tetap tidak mendapatkan air juga. Siti Hajar kembali ke tempat dimana Ismail di baringkan, sambil kebingungan. Sementara, Ismail terus menangis karena kehausan, kemudian Alloh mengeluarkan air dari tanah tempat Nabi Ismail berbaring. Air itu menyebar kemana-mana. Siti hajar segera menggerakan tangannya, dan  “Zam-zam” yang artinya berkumpulah, maka air itu berkumpul, air itu sekarang dikenal dengan nama Zam-zam.

riwayat hidup nabi ismail  nabi ismail dan ishak  nabi ismail disembelih  kisah nabi ismail disembelih

Suatu hari, serombongan orang datang dari bangsa jurhum. Bangsa yang hidupnya berpindah-pindah, mencari mata air. Ketika bertemu dengan Siti Hajar, mereka meminta izin untuk tinggal disana, atas kebaikan Siti Hajar, mereka pun di bolehkan untuk tinggal disana, lama kelamaan mulai banyak lah penduduk di daerah itu, mekkah mejadi tempat yang subur dan terntram.

Kisah Nabi Ismail di Sembelih Ayahnya (Nabi Ibrahim)

Atas perintah Allah Swt, Nabi ibrahim pergi ke makkah untuk menengok anak dan istrinya. Dan setibaknya disana nabi ibrahim tercengang, daerah itu menjadi subur dan makmur, Siti Hajar hidup bahagia disitu.
Dalam waktu yang lama Nabi Ibrahim tinggal bersama anak dan istrinya di Makkah. Sampai suatu hari, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim melalui mimpi, untuk menjadikan Nabi Ismail sebagai kurban, ketika terbangun ia duduk termenung. Ia sadar bahwa mimpi itu adalah wahyu Allah, Namun apakah dirinya mampu melaksanakannya?
Pagi hari Nabi Ibrahim kembali termenung dengan raut wajah yang sedih. Apakah ia harus mengatakan mimpinya kepada Ismail atau tidak? Padahal Ismail adalah anak satu-satunya yang sangat ia cintai, wajahnya tampan dan otaknya cerdas. Dia anak yang patuh kepada orangtuanya , Akhirnya nabi ibrahim memutuskan untuk menceritakan mimpinya kepada Ismail.
Al-quran bercerita. “Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha sama-sama ibrahim, Ibrahim berkata.”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, maka Pikirkan lah apa pendapatmu?
Ia (Ismail) menjawab,”Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya alloh kamu akan mendapatiku orang-orang yang sabar.” (QS Ash-shaffaat Ayat 102).

Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah Alloh itu. Ibrahim dan Ismail pergi kesebuah tempat yang jauh dari pemukiman. Setelah mendapatkan tempat yang cocok , mereka berhenti dan Nabi Ibrahim metekan Ismail di atas lempengan batu hitam yang permukaannya halus. Pedang yang akan digunakan untuk memotong Ismail sudah di asah dengan sangat tajam, mata Ismail ditutup , setelah hampir sampai dileher ibrahim, datanglah malaikat menarik Ismail secepat kilat, lalu malaikat menggantikannya dengan seekor domba yang besar dan bagus, Nabi Ibrahim tertegun, bagaikan didalam mimpi yang dipotong ternyata bukan leher Ismail, tetapi leher domba. Rupanya, Alloh hanya ingin menguji Nabi Ibrahim, karena riwayat inilah umat islam dianjurkan untuk menyembelih kambing sebagai qurban pada hari Idul Adha.

riwayat hidup nabi ismail  nabi ismail dan ishak  nabi ismail disembelih  kisah nabi ismail disembelih

Kisah Nabi Ismail – Membangun Ka’bah

Setelah Ismail dewasa, Alloh memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun Ka’bah sebagai kiblat kaum muslim sewaktu menunaikan Ibadah Sholat. Ketika pembangunan ka’bah selesai mereka berdoa, seperti yang dicerikan dalam Al-Quran dalam surah Al-baqarah 127-129.

“Dan (ingatlah), ketika ibrahim mrmbina dasar-dasar Baitullah (Seraya berdoa), Ya tuhan kami terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau lah yang Maha Mendengae lagi Mengetahui, ya tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk kepada-Mu, dan jadikanlah diantara cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukanlah kepada kami cara-cara dan tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami sesungguhya engkau yang maha Penerima tobat lagi maha penyayang. Ya tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat engkau dan mengajarkan kepada mereka al-kitab (Al-Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunah), Serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkau Yang Maha perkasa dan Mahabijaksana.”

Demikian Kisah Nabi Ismail . semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:40:00 AM
Tags :

Related : Kisah Nabi Ismail

0 komentar: