Thursday, June 18, 2015

Kisah Nabi Nuh Untuk Anak Lengkap

Kisah Nabi Nuh A.S - Nabi Nuh adalah putra Lamik bin Matta Syalih bin Idris. Menurut Al-Quran usia nabi Nuh ialah 950 tahun. QS. Al-ankabuut Ayat 14.
Setelah Nabi Idris meninggal dunia, perilaku masyarakat semakin menyimpang. Begitu juga kaum nabi Nuh, yang ketika itu menyembah berhala. Al-Quran menyebutkan hal ini dalam surah Nuuh Ayat 23.
Mereka berkata:” Jangan kamu tinggalkan tuhan-tuhan kamu dan jangan kamu tinggalkan Wadd, Suwa’, Yaghuts, Ya’uq dan Nasr.”

kisah nabi nuh dalam islam kisah nabi nuh menurut islam kisah nabi nuh dalam al quran kisah nabi nuh dan banjir besar


Dan setelah itu kaum nabi Nuh terkenal Dzalim dan sewenang-wenang. Kajayaan dan Kekayaan membuat mereka sombong. Martbat dan harga diri diukur dari banyaknya harta, karena itu orang yang miskin dianggap rendah, para budak diperlakukan seperti binatang.
Melihat keadaan itu, Alloh memerintahkan Nuh untuk mengajak mereka ke jalan yang benar. Dengan sabarnya nabi Nuh menyampaikan ajaran-ajaran Alloh kepada masyarakat yang musyrik. Nabi Nuh berkata kepada kaumnya, “ dan sesungguhnya aku memperingatkan kamu akan siksaan Alloh. Dan aku menjelaskan kepadamu jalan keselamatan. Maka, sembahlah Alloh saja dan jangan menyekutukan-Nya dengan suatu apapun. Karena aku khawatir apabila kamu menyambah selain Dia, atau menyekutukan Nya dengan yang lain. Dia akan menyiksamu pada hari kiamat dengan siksaan yang sangat pedih. (QS Huud 25-26)
Ternyata dakwah nabi Nuh tidak mendapat sambutan yang baik, mereka malah mencemoohkan dan menghina nabi Nuh, Mereka juga meremehkan nabi Nuh dan rakyatnya yang miskin.
Maka berkatalah pemimpin-pemimpin yang kafir dari kaumnya,
Kami tidak melihat kamu melainkan sebagai seorng manusia seperti kami, dan kami tidak melihat orang-orang yang mengikuti kamu, melainkan orang-orang yang hina diantara kami yang lekas percaya saja, dan kami tidak melihat kamu memiliki sesuatu kelebihan apapun atas kami, bahkan kami yakin bahwa kamu orang yang berdusta. (QS Huud ayat 27)

Kisah Nabi Nuh yang berdoa
Nabi Nuh kesal atas sikap kaumnya, Ia pun berlindung kepada Alloh dan memohon pertolongan-Nya, Ia berdoa kepada Alloh, Ya Tuhanku, Sesungguhnya aku telah aku telah menyeru kaum ku untuk beriman kepada-Mu , Aku juga mengajak kepada mereka untuk meninggalkan menyembah berhala, aku sangat berharap mereka mau beriman, tidak kulewatkan setiap kesempatan, melainkan melainkan ku ajak mereka siang dan malam, ternyata harapanku sia-sia mereka malah membangkang dan durhaka.
Setiap kali ku ajak mereka untuk menyembah-Mu, supaya Engkau bisa memaafkan kesalahan mereka, mereka pun menutup telinganya dengan ujung jarinya. Mereka tidak suka mendengar ajakan dan seruan ku, mereka sangat berlebihan dalam pembangkangan, sampai-sampai mereka menutup wajah mereka karena tidak ingin melihatku.

Wahai Tuhanku, aku tlah mengajak mereka untuk menyembahmu berulang-ulang dengan berbagai cara. Kadang-kadang aku mengajak secara terang-terangan, kadang-kadang secara sendirian trhadap kelompok mereka, aku berkata kepada mereka “Mintalah ampun kepada Tuhanmu, bertobatlah dari kekafiran dan kemaksiatan, sesungguhnya Dia menerima tobat dan istigfarmu, maka dia akan menurunkan hujan yang deras bagi kamu, hujan yang akan menyuburkan tanahmu yang kekeringan. Dia akan memberi rizqi kepada mu berupa harta benda untuk kamu nikmati, dan mengaruniai anak-anak yang akan membantu mu. Kebun-kebun yang lebat akan membuat hidupmu sejahtera. Dan sungai-sungai akan menjamin perairan bagi tanahmu.” (QS Nuuh 5-21)

Kisah Nabi Nuh – Membuat Kapal

Sesudah tidak ada harapan lagi kaum nabi Nuh beriman, kecuali hanya sedikit. Akhirnya, Nabi Nuh berdoa agat Alloh menimpakan adzab kepada kaumnya. Dan Alloh pun mengabulkan doa nabi Nuh , sebelim membinasakan kaum kafir itu alloh memerintahkan nabi Nuh dan kaum muslim agar mempersiapkan alat untuk menyelamatkan diri, Alloh menyuruh mereka untuk membuat kapal. Nabi Nuh dan pengikkutnya segera menjalankan perintah Alloh itu, Mereka mulai membuat kapal, namun pembuatan kapal di ejek oleh orang-orang kafir, untuk menghadapi ejekan orang-orang kafir itu nabi nuh berkata “ Jika kamu mengejek kami, kami pun mengejek kamu sebagaimana kamu sekalian, mengejek kami, kelak kamu akan mengetahui siapa yang di timpa adzab yang menghinakannya, yang akan ditimpa adzab yang kekal. (QS Huud 38-39).

kisah nabi nuh untuk anak kisah nabi nuh dan anaknya kisah nabi nuh dan kaumnya


Nabi Nuh dan pengikutnya akhirnya selesai membuat kapal, selanjutnya Alloh memerintahkan Nabi Nuh untuk mengumpulkan sepasang dari setiap jenis hewan yang hidup, lalu hewan-hewan itu dimasukan kedalam kapal. Hal ini supaya mereka bisa berkembang biak lagi, sebab nanti setelah bencana besar melanda hujan turun dengan sangat deras dan bumi pun tertutup air, tidak ada yang selamat kecuali yang ikut naik kapal itu.
Setelah itu, nabi nuh menyuruh semua umatnya untuk naik kapal. Nabi Nuh berkata kepada orang-orang yang beriman, naik lah kekapal dengan menyebut nama Alloh diwaktu berlayar dan berlabuh” Mereka berdoa demikian karena bukan kapal itu yang bisa menyelamatkan mereka, tapi Alloh yang menyelamatkan mereka, Alloh lah yang menjalankan dan menghentikan kapal itu.

Setelah semuanya siap didalam kapal, Alloh menurunkan hujan dari langit alloh menyuruh bumi memancarkan air dari segenap penjurunya, Dalam sekejap air bumi dan langit kumpul sehingga timbulah air bah yang dasyat, itulah bencan yang tana yang ditakdirkan Alloh kepada kaum-kaum yang membangkang dan durhaka. Naudzubillahimindzaalik.

Kisah Nabi Nuh – Tenggelamnya Kan’an (Putra Nabi Nuh)

Nabi Nuh teringat akan putranya, sebagai seorang ayah yang sangat menyayangi putranya, Nabi Nuh memanggilnya dan mengajaknya untuk naik kekapal itu , namun putranya menolak, Nabi nuh berkata, hai anakku, Naiklah kekapal ini supaya engkau tidak kena adzab alloh, janganlah engkau masuk kedalam golongan kafir yang mengingkari Agama alloh.
Putra Nabi Nuh memang durhaka. Dalam situasi demikian ia tetap tidak mau beriman kepada alloh karena ia akan menduga bahwa itu hanyalah kejadian alam biasa. Tanpa naik kapalpun ia kan selamat, begitu pikirnya.
Maka ia berkata kepada bapaknya, Aku akan berlindung kepuncak gunung supaya tidak tenggelam.mn
Nabi Nuh mengingatkan, “ Tidak ada satu kekuatanpun yang sanggup mencegah takdir Alloh. Jika seseoarang ditakdirkan tenggelam maka ia pasti akan tenggelam, sebagi balasan bagi orang-orang kafir.
Putranya pun menolak ajakan Nabi Nuh, Ia yakin bisa mencapai puncak gungung dan berlindung disana, akan tetapi air bah meninggi dan terus meninggi sampai menutupi semua puncak gunung yang ada.

kisah nabi nuh lengkap kisah nabi nuh dengan bahteranya

Singkat cerita... Air bah pun benar-benar menggelamkan kaum nabi Nuh yang tidak mau taat, semua orang kafir tenggelam, Alloh menyuruh bumi untuk menhhisap airnya dan memerintahkan langit untuk berhenti menurunkan hujan, maka surutlah air bah itu, kapanabi nuh kemudian berlabuh di gunung judy. Alloh berfirman dalam surah Huud ayat 48.
Baca Juga Kisah Nabi Ibrahim
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 4:53:00 AM
Tags :

Related : Kisah Nabi Nuh Untuk Anak Lengkap

0 komentar: