Thursday, June 25, 2015

Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap Bacaan Niat dan Doanya

Tata Cara Sholat Idul Fitri (Ied) - Idul Fitri merupakan hari raya yang paling ditunggu-tunggu, karena hari tersebut merupakan hari kemenangan bagi orang yang beriman kepada Alloh, dan kembali suci layaknya seorang bayi yang baru dilahirkan. Dihari idul fitri yaitu tanggal 1 Syawal seluruh umat islam didunia ini baik laki-laki, perempuan, kakek-kakek dan nenek-nenek, Abid (hamba cahaya) dianjurkan untuk melaksanakan sholat ied.

tata cara sholat idul fitri sesuai sunnah tata cara sholat idul fitri dan niatnya tata cara sholat idul fitri nu tata cara sholat idul fitri dan doanya tata cara sholat idul fitri menurut muhammadiyah

Kesunahan Sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri

1. Pada hari raya disunnahkan mandi, dan berhias dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya dan menggunakan wangi-wangian yang dimilikinya.

Sebagaimana dalam kitab Nihayatuzain Hal 108.
و يسن الغسل للعيدين و ان لم يرد الحضور لانه يوم زينة.....ويندب التطيب للذكر باحسن ما يجده عند الطيب و التزن باحسن ثيابه و افضلها البيض الا ان يكون غيرها احسن

Meskipun demikian, bagi anda yang tidak mempunyai baju baru janganlah bersedih hati. Karena Hari raya ied yang sebenarnya adalah mensucikan diri. Sebagaimana dalam kitab Bugyatul Musytarsyidin disebutkan.

وليس العيد لمن لبس الجديد بل طاعاته تزيد ، ولا لمن تجمل بالملبوس والمركوب بل لمن غفرت له الذنوب
Artinya: “Hari raya bukanlah milik orang yg pakai baju baru tapi bagi orang yg tambah taatnya begitu juga bukan milik orang yg bagus pakaian dan kendaraannya akan tetapi bagi orang yang diampuni dosa-dosa nya”

2. Sedikit perbedaanya adalah ketika mendatangi sholat idul fitri , kita disunnahkan mempercepatnya ketika idul adha dan tidak untk sholat idul fitri. Maksudnya adalah memberi kelonggaran dalam penyembelihan binatang qurban. Ketika idul fitri disunahkan makan dulu, tetapi ketika idul adha tidak.

3. Pergi untuk mengerjakan shalat dan pulangnya dari shalat hendaknya mengambil jalan yang berlainan. Sama halnya jika mengerjakan sholat jum’at

4. Takbiran

Pada hari raya Fitrah dan Haji disunahkan membaca takbir di luar shalat dan waktunya sebagai berikut :

1. Pada hari raya Fitrah takbir dimulai dari terbenamnya matahari hingga imam berdiri untuk mengerjakan shalat hari raya.

2. Pada hari raya Haji takbir dimulai dari subuh pada hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dan pada tiap-tiap shalat fardhu yang lima waktu pada hari-hari tanggal tersebut..
Waktu shalat Ied dimulai dari terbit matahari sampai tergelincirnya. Kedua sholat hari raya tersebut, hukumnya sunat muakkad bagi laki-laki dan perempuan, mukim atau musafir. Boleh dikerjakan sendirian dan sebaiknya dilakukan berjamaah.

baca juga : tata cara sholat istikharah
tata cara shalat dhuha
tata cara shalat hajat

Tata Cara Mengarjakan Sholat Idul Fitri

1. Pada pagi hari tanggal 1 Syawal, sesudah kita menunaikan sholat subuh dan sesudah kita mandi sunah Hari Raya, lalu berangkatlah menuju masjid atau tanah lapang dengan memperbanyak mengucapkan takbir.

2. Setelah tiba di masjid, maka sebelum duduk shalat tahiyatul-masjid dua rakaat. Kalau ditanah lapangan tidak ada tahiyatul-masjid, hanya duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir, sampai mulai shalat Ied itu.

3. Niat Sholat Idul Fitri :

->Jika sholat Idul Fitri :
"Ushallii sunnatal-li'iidil-fitri rak'ataini lillahi ta'aalaa.
Artinya:
''Aku niat shalat sunah 'Idul Fitri dua raka'at karena Allah Ta'ala.''

->Jika shalat 'Idul Adha :
"Ushallii sunnatal-li'iidil-adhhaa rak'ataini lillahi ta'aalaa.
Artinya :
''Aku niat shalat sunah 'Idil Adha dua raka'at karena Allah Ta'ala.''

4. Pada rakaat pertama : Sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunahkan membaca :
Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar.
Artinya :
Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar

Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai, dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la (Sabbihisma Rabbikal-a'laa).

5. Pada raka'at kedua, sesudah berdiri untuk raka'at kedua membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama.
Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al-Ghayiah. Bacaan itu dengan suara yang nyaring. Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-FATIHAH dan surat-surat lainnya, sedangkan makmum tidak nyaring.

6. Shalat ini dikerjakan dua raka'at dan dilakukan sebagaimana shalat-shalat lainnya.

7. Khutbah dilakukan sesudah shalat Idul fitri dua kali, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan pembacaannya harus berturut-turut.

8. Hendaknya dalam khutbah Idul Fitri berisi penerangan tentang zakat fitrah dan pada hari raya Haji / Qurban berisi penerangan tentang ibadah haji dan hukum kurban
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:13:00 AM
Tags :

Related : Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap Bacaan Niat dan Doanya

0 komentar: