Wednesday, June 24, 2015

Tata Cara Sholat Tahajud Niat dan Doa

Tata Cara Sholat Tahajud - Perlu diketahui, sholat tahajud itu artinya shalat malam. Tahajud aslinya bahasa Arab "tahajjud", dari kata dasar "hajada" yang berarti "tidur" dan juga berarti "shalat di malam hari". Orang yang melakukan salat malam disebut "haajid". Jadi bertahajud artinya melakukan sholat sunat di malam hari, setelah tidur. Semua shalat sunat yang dikerjakan di malam hari setelah tidur, dengan demikian, disebut salat tahajud atau salat malam (shalatullail). Menurut makna "tahajud" yang berarti shalat malam setelah bangun dari tidur, memang seakan-akan salat tahajud itu menyaratkan tidur lebih dulu. Kalau belum tidur maka salat itu tidak disebut salat tahajud, namun disebut shalat "qiyamullail" (shalat malam).
Sebagaimana keterang dalam kitab Nihayatuzain.

ومن النفل المطلق قيام الليل، وإذا كان بعد نوم ولو في وقت المغرب وبعد فعل العشاء تقديماً يسمى تهجداً
(نهاية الزين حاشية على فتح المعين)


Waktu Sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahjud adalah sebagai berikut :

  • Sepertiga pertama, kira-kira mulai dari jam 19.30 sampai jam 22.00, ini saat utama.
  • Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini saat yang lebih utama.
  • Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini saat yang paling utama.
 tata cara sholat tahajud yang benar, tata cara sholat tahajud dan witir, tata cara sholat tahajud dan bacaannya pdf tata cara sholat tahajud muhammadiyah tata cara sholat tahajud menurut sunnah rasul

Jumlah bilangan rakaat dalam sholat tahajud paling sedikit dua rakaat, dan maksimal tidak terbatas, namun jika anda ingin melaksanakan sholat tahajud 4 rakaat, maka harus dipisah oleh salam, maksudnya setiap dua rakaat harus salam, dan diteruskan lagi untuk dua rakaat berikutnya.
baca juga tata cara sholat dhuha
tata cara sholat hajat
tata cara sholat istikharah

Seperti yang telah dikemukakan diatas bahwa sholat tahajud itu dilaksanakan sesudah kita bangun tidur, baik sendiri ataupun berjamaah.
Hukum sholat tahajud berjamaah memang Hukumnya BOLEH tidak makruh dan tidak berpahala, tetapi kalau bertujuan memberi dorongan atau pelajaran untuk melakukannya maka berpahala yang demikian tersebut apabila pelaksanaan jamaah dalam sholat sunah tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang diharamkan seperti menyakiti atau memberi kesan bahwa shalat tahajjud tersebut disyariatkan dilakukan dengan cara berjamaah maka menjadi haram hukumnya.

Doa Sholat Tahajud

Mengenai pelaksanaan tata cara sholat tahajud sebenarnya sama dengan praktek sholat fardhu mengenai gerakan dan bacaanya, yang membedakan adalah pada niatnya saja.dan niatnya adalah seperti dibawah ini.

Ussholi Sunnata tahajudi rak’ataini lil lahi ta’alaa.
Artinya : Saya Sholat sunat tahajud dua rakaat ikhlas karena Alloh ta’alaa.Setelah Anda niat, selanjutnya Anda membaca Surat Al-Fatihah, dan surat surat lainnya, namun kebanyakan orang membaca Surah Al-Baqoroh dari Ayat 284-286.
Itu untuk rakaat yang pertama.
Untuk rakaat yang kedua, Pertama anda membaca surah Al-Fatihah, dan diteruskan dengan membaca surah Al-Imron Ayat 18 sampai dengan Ayat 27.

Catatan : Jika Anda belum hafal surat tersebut, Anda boleh membaca surat lain yang Anda hafal.
Setetah selesai melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan untuk membaca doa tahajud

Doa Sholat Tahajud


اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.


Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Mungkin itu dulu dari saya mengenai tata cara sholat tahajud, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:03:00 AM
Tags :

Related : Tata Cara Sholat Tahajud Niat dan Doa

0 komentar: