Langsung ke konten utama

Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap Bacaan Niat dan Doa

Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap Bacaan Niat dan Doa - Dalam hidup kita tidak jarang dihapakan pada sekian banyak pilihan yg tidak jarang membuat kita bingung bahkan ragu - ragu buat pilih & memutuskan. Misalanya diwaktu kita mesti pilih siapa yg lebih serasi utk jodoh kita, pilih kemana menambahkan sekolah, atau juga perusahaan mana utk bekerja.

Bersama Kasih Sangat Disayangkan Tuhan Kita Adalah Allah SWT lewat Rasulullah SAW memberikan solusi pada kita adalah dengan melakukan Shalat Istikharah.


Shalat Istikharah yaitu shalat sunnat yg dikerjakan utk meminta anjuran Allah oleh mereka yg berada di antara sekian banyak pilihan & merasa ragu-ragu utk memilih atau disaat akan memutuskan sesuatu elemen. Dengan Cara logika kita dapat memastikan mana yg baik, & bagus aspek yg akan kita pilih & kita putuskan. Tetapi kita juga sebagai makhluk selau mengharapkan yg paling baik, sehingga telah selayaknya kita lebih-lebih dulu meminta petunjuk pada Al Hadii ( Yg Maha Pemberi pedoman).

Dalam faktor ini spektrum masalah tak dibatasi. Sesudah shalat istikharah, sehingga dgn izin Allah kita dapat dikasih kemantapan hati dalam memilih. Dgn pengertian di atas, apa pun yg terjadi sesudah kita melaksanakan shalat istikharah, itu yaitu yg paling baik buat kita, walau boleh menjadi tak serasi dgn kemauan kita. Di situ terkandung sikap menerima apa pula yg ditakdirkan oleh Allah buat kita.

Dasar hukum disunnahkannya shalat istikharah ialah hadis Nabi saw. Di Mana dirinya bersabda, “Jika salah satu orang dari anda bermaksud (berkeinginan kuat utk) melaksanakan sesuatu, hendaknya dirinya melaksanakan shalat dua rakaat bukan shalat fardu, setelah itu mengucap doa :

Allâhumma innî astakhîruka bi‘ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as’aluka min fadhlika al-‘azhîm. Fa ’innaka taqdiru wa lâ aqdir, wa ta‘lamu wa lâ a‘lam wa anta ‘allâm al-ghuyûb. Allâhumma in kunta ta‘lamu anna hâdza al-amr khairun lî fî dînî wa ma‘âsyî wa ‘âqibati amrî (atau fî ‘âjilî wa âjilî), fa uqdurhu lî wa yassirhu tsumma bârik lî fîh. Wa in kunta ta‘lam anna hâdza al-amr syarrun lî fî dînî wa ma‘âsyî wa ‘âqibati amrî (atau fî ‘âjilî wa âjilî) fa ishrifhu ‘annî wa ishrifnî ‘anhu wa uqdur lî al-khaira haitsu kâna tsumma ardhinî bih.

Artinya : Ya Allah. Sesungguhnya saya memohon pilihan pada Engkau bersama Pengetahuan-Mu, memohon takdir dgn Kemahakuasaan-Mu, & memohon Kelebihan-Mu yg teramat agung. Ya Allah, seandainya menurut Pengetahuan-Mu sesuatu yg bakal saya kerjakan ini baik untukku –dari sudut agama, kehidupan [dunia], & akibatnya kelak(di akhirat)– takdirkanlah beliau untukku, mudahkanlah dirinya untukku. & kalau dalam Pengetahuan-Mu apa yg bakal saya jalankan ini yakni tidak baik –baik dari sudut agama, kehidupan dunia, ataupun akibatnya nanti di akhirat– sehingga palingkanlah dirinya dariku, & palingkanlah saya darinya. Setelah Itu tentukanlah yg paling baik untukku di mana serta kebaikan itu berada, dulu berilah saya keridhaan utk menerimanya.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Mâlik, Bukhârî, Abû Dâwûd, At-Tirmidzî, & An-Nasâ’î).

Waktu yg baik buat Shalat Istikharah
Kepada dasarnya shalat istikharah bisa dilaksanakan kapan saja, terkecuali terhadap waktu-waktu yg terlarang buat shalat. Tetapi dianjurkan kepada ketika sepertiga tengah malam terakhir seperti Shalat Tahajud lantaran jika sholat istikharah dilakukan pada keheningan tengah malam dapat berpotensi mendatangkan kekhusyukan.

Niat Shalat Istikharoh

Lafadz atau bacaan niat shalat Istikharoh ialah sebagi berikut.

"Ushalli sunatan istikharati rok,ataini lillahi ta'alaa"
Artinya : Niat aku shalat sunat istikharah dua raka'at sebab Alloh Ta'alaa

anjuran Shalat Istikharah

Shalat istikharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau sampai dua belas rakaat (enam salam).Tata trick atau kaifiyatnya sama bersama shalat fardhu,yg membedakan cuma terhadap niatnya saja.

Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yg pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun (1 kali). Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yg ke-2, diutamakan membaca 1 Surah Al-Ikhlas (1 kali). tetapi utk surah yg lain masihlah diperbolehkan dibaca selepas membaca surah Al-Fatihah, baik pada rokaat pertama dan ke-2.
baca juga : tata cara sholat dhuha
tata cara sholat hajat
tata cara sholat tahajud

Sesudah salam dilanjutkan do'a shalat istikharah setelah itu memohon panduan & mengutarakan masalah yg dihadapi. Satu Buah hadits menyangkut do'a sesudah salat istikharah dari Jabir r.a menyampaikan bahwa do'a tersebut berbunyi :

"Ya Allah, saya memohon tata cara kebaikan Kepada-Mu bersama Ilmu-Mu. Saya memohon kebolehan dgn Kekuatan-Mu. Ya Allah, bila Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku & jalan hidupku, jadikanlah untukku & mudahkanlah bagiku & berkahilah saya di dalam masalah ini. Tapi seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini tidak baik untukku, agamaku & jalan hidupku, jauhkan saya darinya & jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana juga kebaikan itu berada & ridhailah saya dgn kebaikan itu". (HR Al Bukhari)

Doa Shalat Istikharah


اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya : “Ya Allah hamba memohon supaya Tuhan memilihkan mana yg baik menurut Engkau Ya Allah. & hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dgn Ketentuan-Mu & hamba memohon kemurahan Tuhan yg Besar lagi Agung sebab sesungguhnya Tuhan yg Berkuasa sedang hamba tak tahu & Tuhanlah yg teramat mengetahui segala sesuatu yg masihlah tersembunyi. Ya Allah, jikalau Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini (sebutkan permasalahan yg kamu hadapi) baik bagi hamba, & baik juga akibatnya bagi hamba, sehingga berilah perkara ini pada hamba, & mudahkanlah dia bagi hamba, seterusnya berikanlah keberkahan bagi hamba, & penghidupan hamba, & apabila buruk akibatnya bagi hamba, sehingga jauhkanlah ini dari hamba & jauhkanlah hamba dari padanya. & berilah hamba orang yg rela atas Anugrah-Mu.”

Demikian Tata cara sholat istikharah lengkap niat dan doa nya... semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…