Friday, August 21, 2015

Kisah Nabi Luth Lengkap

Kisah Nabi Luth A.s - Nabi Luth adalah putra Nabi Harun, adik Nabi lbrahim. Luth dipilih Allah sebagai Nabi. Pada saat Nabi lbrahim masih hidup. Bahkan, Nabi Luth pernah menyertai Nabi lbrahim hijrah ke Palestina. Dengan demikian, Nabi Luth banyak mengenyam pendidikan serta ajaran suci dari pamannya.

Al-Quran menceritakan hal ini dalam Surah Al-Ankabuut (29):26, "Maka Luth membenarkn (kenabian)-nya. Dan berkatalah lbrahim, sesugguhnya aku akan berhijrah ke (tempat yang  diperintahkan) Tuhan kepadaku. Sesungguhnya Dialah Yang Maha perkasa lagi Mahabijaksana. baca selengkapya kisah nabi ibrahim

Nabi Luth bertempat tinggal jauh dari pamannya. Nabi lbrahim. Nabi ibrahim berada di Palestina sebelah barat. Sedangkan Nabi Luth tinggal di pamannya, tepatnya di Kota Sadom. ujung timur tanah Urdun. Kaum Nabi Luth di tanah ini mengingkari adanya Allah. Selain itu, mereka juga melakukan pekerjaan terkutuk. Mereka tidak mau mengawini harta-wanita. Mereka malah mencintai dan mengawini sesama jenis
laki-laki mengawini laki-laki) yang disebut homo. Perbuatan semacam itulah perbuatan yang terkutuk dan dilarang agama. Allah menjelaskan ini dalam Surah Asy-Syu'araa' (26):165-166.
“kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, dan kamu tinggalkan istri-istri yang  dijadikan oleh Tuhan untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas."

Dakwah Nabi Luth a.s.

Nabi Luth mengajak kaumnya untuk beriman kepada Allah. Ia mengancam perbuatan terkutuk mereka dengan siksa-Nya. Nabi Luth berkata, "Sesungguhnya aku adalah utusan Allah. Maka, takutlah kamu kepada Allah serta patuhlah kamu kepada perintah dan ajakanku. Aku tidak meminta upah darimu atas petunjuk dan kebenaran yang kuserukan kepadamu. Allah sendiri yang akan memberi balasan kepadaku."
Kaum Luth menolak ajakan Nabi Luth. Mereka berkata,jika engkau tidak berhenti menjelek-jelekkan kami, kami akan mengusirmu ini."
Nabi Luth menjawab, "Sungguh, aku tidak nyetujui dan aku membenci perbuatan (homoitu. Kalian tidak pantas melakukannya." Di samping melakukan homoseks, mereka juga melakukan kejahatan-kejahatan lain. Misalnya, merampok para musafir dan meperkosa mereka. Nabi Luth sering mengingatkan kaumnya.Namun, mereka malah terbalik mengejeknya. Bahkan, mereka menantang agar siksa Allah segera diturunkan.
"... Datangkanlah kepada kami azab Allah jika  kamu termasuk orang-orang yang benar."(QS Al-Ankabuut l29l:29).

Malaikat Mendatangi Nabi Luth a.s.

Karena pembangkangan  kaum Luth sudah demikian parah, Allah akan mengazab kaum tersebut.Sebelumnya, Allah mengutus beberapa malaikat ke rumah Nabi Luth untuk memberitahukan hal itu. Para malaikat datang dengan wujud laki-laki.Nabi Luth pun mempersilakan mereka duduk. Selanjutnya, Nabi Luth berkata, Saudara-saudara, sebenarnya aku senang menyambut tamu. Aku suka tamu bermalam dirumahku. Namun, keadaan kota ini tidak aman. Apalagi saudara bertiga masih muda dan berwajah tampan."

Al-Quran menceritakan kekhawatiran Nabi Luth ini, Ketika datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah karena (Luth merasa) tidak mempunyai kekuatan tuk melindungi mereka ...."(QS Al-Ankabuut [29]: 33).
Lalu, Nabi Luth menjelaskan persoalannya. Secara kebetulan, pertemuan mereka dilihat oleh salah seorang kaumnya. Tak berapa lama, Jatanglah kaum Luth. Mereka menginginkan tamu-tamu Nabi Luth itu. Nabi Luth benar-benar merasa malu kepada tamunya.

Allah menceritakan, "Dan tatkala datang utusan-utusan Kami para malaikat) itu kepada Luth,dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata,'lni adalah hari yang amat sulit.'Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji.Luth berkata,'Hai kaumku, inilah putri-putri (negeri)ku mereka lebih suci bagimu. Maka,bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku pada  tamuku ini. Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?".(QS Huud l11l:77-78).
Mereka menjawab, "Sesungguhnya kamu telah tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan terhadap putri-putrimu.Dan sesungguhnya kamu tentu mengetahui apa yang sebenarnya kami kehendaki."(QS Huud [11]: 79).
Karena sangat malu terhadap tamunya, Nabi Luth marah kepada kaumnya. Tak terpikir lagi oleh Nabi Luth bahwa kemarahannya tidak berguna. Dalam situasi genting tersebut, tamu-tamu Nabi Luth memberitahukan bahwa mereka adalah malaikat. Legalah hati Nabi Luth mendengarnya. Sebagaimana dalam firman Allah, Para malaikat berkata,"Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu. Oleh karena itu, pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir malam. Dan janganlah ada seorang pun di antara kamu yang tertinggal, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh, bukankah subuh itu sudah dekat? "Maka datang tatkala azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang diatas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhanmu. Dan siksaan itu tidaklah jauh dari orang-orang yang zalim."(QS Huud [1]: 8l-83).
Demikianlah, negeri Nabi Luth dimusnahkan oleh Allah.

Sebelumnya, Nabi Luth beserta orang-orang beriman cepat-cepat keluar meninggalkan daerah mereka. Setelah itu, Allah menurunkan gempa bumi yang sangat dahsyat disertai hujan batu bercampur api yang menyulut-nyulut. Sampai-sampai bumi terbolak-balik dan porak-poranda. Hanya Nabi Luth dan orang-orang beriman yang selamat. Nabi dan pengikutnya pun  meneruskan kehidupan mereka.
Demikianlah kisah nabi luth secara singkat, semoga bermanfaat





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:23:00 AM
Tags :

Related : Kisah Nabi Luth Lengkap

0 komentar: