Wednesday, December 16, 2015

Puasa Rajab : Niat, Keutamaan dan Hukumnya

Puasa Rajab : Niat, Keutamaan dan Hukumnya -  Bulan rajab adalah salah satu bulan yang dimulaikan umat islam atau bulan haram, dinamakan haram karena pada bulan rajab dilarang keras melakukan peperangan. Dan rajab juga disebut bulan ashamm artinya tuli, karena pada bulan ini tidak lagi terdengan suara gemuruh peperangan. Paa kesempatan ini kita akan sama sama memahami tentang puasa rajab, niat puasa rajab, keutamaan puasa rajab dan hukum puasa rajab.

Baca juga: pengertian puasa secara bahasa dan syar'i

Islam memiliki empat bulan yang dimulaikan diantaranya adalah: bulan Dzulqa'dah, bulan Dzulhijah, Muharram dan Rajab. senada dengan ini rosul bersabda "Bulan Rajab adalah bulan Alloh s.w.t. Bulan Sya'ban adalah bulanku, sedangkan bulan Muharram adalah bulan umatku"

Pada bulan Rajab, umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa, karena banyak sekali kuutamaan dan ganjaran yang dapat diperoleh. Dan dibulan Rajab terdapat hari Asyuro artinya hari ke 10, dan sebagian ulama berpendapat bahwa hari Asyuro adalah kesepuluhnya karomah Alloh yang mana Alloh memulaikan umat manusia dengannya.

niat puasa rajab, hadits shahih tentang puasa rajab, pahala puasa bulan rajab, manfaat puasa rajab, keutamaan puasa rajab, hukum puasa rajab, dalil puasa rajab

Bulan rajab diyakini sebagai bulan terjadinya peristiwa mulia Isra' Mi'raj nabi Muhammad s.a.w, dan di bulan ini juga diwajibkan nya sholat 5 waktu.

Hukum dan Keutamaan Puasa Rajab

Ulama empat madzab yakni Madzhab Malikiyah, Madzhab Hambali, Madzhab Syafi'i dan Madzab Hanafiyah menyatakan bahwa pada bulan rajab disunnahkan menjalakan puasa, mengingat banyak sekali keutamaan puasa rajab. seperti hadist yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas bin Malik bahwa rasululloh bersabda "barang siapa yang mengerjakan puasa rajab selama 1 hari, seolah-olah ia berpuasa selama 1 bulan, dan barang siapa puasa rajab selama 7 hari, maka ditutuplah baginya 7 pintu neraka jahim, dan barang siapa berpuasa rajab selama 8 hari, maka di bukalah baginya 8 pintu surga. barang siapa berpuasa di bulan rajab selama 10 hari, maka seluruh dosanya akan digantikan dengan kebaikan" 


Hadist Tentang Puasa Rajab

أفضل الصوم بعد رمضان شهر الله المحرم ثم رجب
من صام من رجب يوما كان كصيام شهر ومن صام منه سبعة أيام غلقت عنه أبواب الجحيم السبعة ومن صام منه ثمانية أيام فتحت له أبواب الجنة الثمانية ومن صام منه عشرة أيام بدلت سيئاته حسنات
عن أسامة بن زيد قال قلت : يا رسول الله لم أرك تصوم شهرا من الشهور ما تصوم من شعبان قال ذلك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان سنن النسائي

Niat Puasa Rajab

Setiap perbuatan harus dilandasi dengan niat dan jika anda ingin melaksanakan puasa rajab inilah niat puasa rajab yang harus diucapkan.
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبْ سُنَّةً لِلِه تَعَالَى

"Nawaitu Shauma Syahri Rajab Sunattan Lillahita'ala"
Artinya: Saya niat puasa bulan Rajab sunat karena Alloh taa'la.
Kesimpulan: Rajab merupakan bulan yang mulia, serta dianjurkan untuk melaksanakan puasa rajab selama 10 hari diiringi dengan niat puasa rajab. Insya Alloh akan mendapatkan pahala yang besar.
Sekian dari saya saya tentang seta hukumnya.

Demikian pengertian puasa rajab, niat puasa rajab, keutamaan puasa rajab dan hukum puasa rajab
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:40:00 AM
Tags :

Related : Puasa Rajab : Niat, Keutamaan dan Hukumnya

0 komentar: