Sabtu, 19 Desember 2015

Rukun Iman dan Penjelasannya

;
Rukun Iman dan Penjelasannya- Iman adalah membenarkan kepada semua hal yang diberitakan oleh Nabi Muhammad s.a.w. Keimanan dapat bertambah dan berkurang, jika seseorang bertambah keimanannya maka ia akan senantiasa taat kepada Allah, tapi sebaliknya jika keimanannya berkurang ia akan jauh dari perintah Allah dan selalu melakukan hal yang dilarang Allah, itulah ciri bertambah dan berkurangnya keimanan.

Tapi ini hanya berlaku untuk manusia (Selain Nabi) dan jin. Adapun para nabi, keimanan mereka tidak akan turun walau sedikit, imannya akan terus bertambah, sedangkan keimanan malaikat tidak bertambah dan tidak juga berkurang.

Tingkatan Iman / Martabat Iman
Para ulama menjelaskan, Iman memiliki 6 Tingkatan.
1.Iman Taklid, adalah iman yang bersumber dari perkataan seorang guru tanpa didasari dengan dalil, contohnya, sang guru menjelaskan tentang sifat wajib bagi Allah, kita mendengarkan dan mempercayainya meskipun tidak tahu dalilnya.

2.Iman Ilmu adalah ma’rifat kepada Allah sertai dengan dalil, baik itu dalil aqli (dalil Akal) dan dalil naqli ( Al-qur’an dan Hadist) sebagai contoh, para santri belajar kepada sang kyai tentang sifat wajib allah, santri menyakininya, serta mereka tahu akan dalil-dalilnya.

3.Iman 'Ayan adalah iman dengan perjalan muroqobatul qolbi, mereka ini merasa dilihat dan diperhatikan Allah. hanya Orang-orang pilihan Allah yang memiliki iman ini.

4.Iman Haq : Adalah Seseorang yang senantiasa melihat Allah dengan hatinya sepanjang waktu dan tidak ada lagi yang ia lihat selain Allah.

5.Iman Hakikat/Iman Fana bagi seseorang yng tergila-gila mencintai Allah, dan ia tidak melihat sesuatu selain Allah, layaknya orang yang ternggelam didasar lautan.

6.Iman Hakikotul Hakikat Iman ini dikhususkan untuk para nabi Allah, Iman yang paling tinggi, tidak ada manusia yang bisa menjelaskan tentang keimanan para Nabi.

Rukun Iman
Rukun Iman ada 6 , dan Iman adalah pondasi dari ibadah-ibadah yang lain. Jika kita ibaratkan, iman seperti akar yang tertanam di dalam tanah, jika akar tersebut kuat maka pohonnya akan kokoh berdiri meskipun angin berhembus kencang. Begitu juga keimanan, iman yang kuat tidak akan mudah tergoyah meskipun berbagai godaan datang menghampiri. Iman dan Islam adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. kita tidak bisa hanya iman Allah tanpa Iman kepada Rosul begitu juga sebaliknya.

rukun iman ada 6, rukun iman dan penjelasannya 

1. Iman kepada Allah
Iman kepada Allah mempunyai arti bahwa kita harus menyakini bahwa Allah itu ada, dan memiliki sifat 20, yakni Wujud, Qidam, Baqo dst. Oleh karena itu kita dituntut  untuk mempelajari ilmu tauhid yang menjadi dasar semua ilmu.

2. Iman kepada Malaikat
Malaikat adalah Makhluk ciptaan Allah yang dibuat dari cahaya, tidak ada yng mengetahui seluruh jumlah malaikat kecuali Allah s.w.t, mereka tidak diberi nafsu, mereka tidak minum, tidak makan, tidak nikah, tidak dihisab, tidak ditulis amal perbuatannya, mereka senantiasa ibadah kepada Allah, baik siang atau malam. Sebagaimana Allah s.w.t berfirman dalam surah Al-albiya ayat 19-20

ََلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚوَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ  وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya: Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.

Jumlah malaikat yang wajib diketahui semuanya ada 10. kita harus mengetahui nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya:
1  Malaikat Jibril tugas nya menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rasul.
2. Malaikat Mikail yang diberi tugas memberi rizki / rejeki pada manusia.
3. Malaikat Israfil yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
4. Malaikat Izrail yang bertanggungjawab untuk mencabut nyawa, sehingga nyawanya sendiri
5. Malikat Munkar yang bertugas menanyakan dan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
6. Malaikat Nakir yang bertugas menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
7. Malaikat Raqib / Rokib yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
8. Malaikat Atid / Atit yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup.
9. Malaikat Malik diberi tugas untuk menjaga pintu neraka.
10. Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu sorga / surga.
Sebagai makhluk, tentu malaikat juga akan mati, dan seluruh malaikat akan mati ketika tiupan yang pertama, kecuali malaikat Hamlatul Arsy, dan pemimpin para malaikat, yakni malaikat zibril, mikail, isrofil, dan Ijroil, mereka akan mati sesudah tiupan yang pertama.

3. Iman Kepada Kitab
Kita harus meyakini dengan sepenuh hati, bahwa kitab-kitab Alloh adalah kalam Alloh yang diturunkan kepada Para Nabi, semua hal yang  terkandung didalamnya adalah benar,  selain itu kita dituntun untuk mengetahui dan meyakini bahwa Alloh menurunkan kitab kepada para Nabi. Kitab Taurat di turunkan kepada Nabi Musa, kitab Zabur kepada nabi Daud, kitab Injil kepada Nabi Isa dan terakhir kitab suci Al-quran kepada Nabi Muhammad s.a.w.

Baca juga : Tata cara sholat tahajud

4. Iman Kepada Rasul
Rasul adalah Manusia yang diberi wahyu serta diperintahkan untuk menyampaikannya. Rasul adalah hamba Allah yang paling mulia dibandingkan dengan Makhluk lainnya. Rasul adalah manusia tapi bukan manusia biasa, maksudnya rasul memiliki sifat yang terpuji, berakhlakul karimah, selalu ibadah kepada Allah, dan rasul memiliki sifat wajib yakni Shidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Sifat ini tidak akan pernah lepas dari jiwa rasul. 

Pengertian iman kepada Rasul adalah meyakini bahwa rasul adalah manusia utusan Allah, apa yang dikatakannya adalah benar, serta mengakui akan kenabian dan kerasulannya, disamping itu menerima ajaran-ajaran yang disampaikan Nabi.

Tidak ada yang mengetahui jumlah rasul dan nabi kecuali Allah, namun kita hanya diperintahkan untuk mengetahui yang nama-nama nabi 25 saja. 


Nabi Adam AS
Nabi Ya’qub AS
Nabi  Ilyas AS
Nabi Idris AS
Nabi Yusuf AS
Nabi  Ilyasa AS
Nabi Nuh AS
Nabi  Ayub AS
Nabi  Yunus AS.
Nabi Hud AS
Nabi  Sueb AS
Nabi  Zakaria AS
Nabi Sholeh AS
Nabi  Musa AS
Nabi  Yahya AS
Nabi Ibrahim AS
Nabi  Harun AS
Nabi  Isa AS
Nabi Luth AS
Nabi  Zulkifli AS
Nabi  Muhammad SAW
Nabi Ismail AS
Nabi  Daud AS

Nabi Ishaq AS
Nabi  Sulaiman AS
 

Dari 25 Nabi diatas, Nabi Muhammad adalah nabi paling unggul dan termasuk penutup para Nabi.

Iman Kepada Hari Kiamat / Akhir
Rukun iman yang ke lima adalah iman kepada hari kiamat, dinamakan hari Akhir karena tidak ada lagi hari (kehidupan dunia) sesudah hari tersebut, hari akhir meliputi mahsyar, ba'ats, hisab, pembalasan surga dan neraka. dan dinamakan juga hari kiamat, karena dibangkitkannya seluruh makhluk yang yang sudah mati dari kubur, mulai dari umat nabi Adam sampai umat nabi Muhammad S.a.w

Iman Kepada Qadha dan Qodhar
Iman kepada Qadha dan Qadhar termasuk dari rukun iman yang ke 6, dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan sebutan takdir, iman kepada qadha dan qahdar memiliki makna bahwa Alloh mempunyai kehendak, ketetapan akan segala sesuatu yang meliputi kejadian seluruh makhluk, baik manusia hewan dll. ketetapan tersebut bisa berupa mati dan hidup, kaya dan miskin, jadi penguasa atau jadi rakyat biasa.

baca juga : Tata cara sholat hajat

Mungkin itu dari saya mengenai rukun iman dan penjelasan singkatnya, maaf bila ada kekurangan,. Terimakasih sudah menyimak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 06.23.00
Tags :

Related : Rukun Iman dan Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar