Saturday, January 30, 2016

Reproduksi Vegetatif Pada Tumbuhan dan Hewan

Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan merupakan cara reproduksi tanpa didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan betina. Cara reproduksi ini hanya melibatkan satu induk dan menghasilkan keturunan yang secara genetik identik dengan induknya.

Pada kesempatan ini kita akan membahas Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan.

1. Reproduksi vegetatif pada tumbuhan
Reproduksi vegetatif pada tumbuhan melalui pertunasan, umbi, pembentukan spora dan tunas adventif.

a. Rhizoma atau rimpang
Rizoma merupakan batang yang tumbuh di dalam tanah. Oleh karena itu, rhizoma mempunyai ciri yang sama dengan batang. Yaitu berbuku dan bertunas. pada buku-buku rizoma terdapat kuncup yang dapat berkembang menjadi tunas. 

Tunas tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru di atas tanah. Akan tetapi, tumbuhan baru tetap bergabung dengan tumbuhan hidup sehingga membentuk rumpun. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan Rizoma adalah jahe, kunyit, Temulawak dan kencur.

Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan
Rhizoma atau rimpang


b. Umbi lapis atau bulbus
Umbi lapis merupakan batang yang tertutup lapisan daun berdaging. Lapisan daun berdaging merupakan cadangan makanan. Batangnya  berbuku-buku sangat rapat. Setiap buku dapat tumbuh daun. Karena buku-bukunya sangat rapat, maka daun-daunnya berimpit berlapis.

Daun terluar mengering dan berubah menjadi daun sisik yang melindungi dari sebelah dalam. Di ketiak daun terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi umbi lapis baru yang disebut Siung. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih dan bakung.

Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan
Umbi lapis


c. Umbi batang
Umbi batang merupakan bagian batang yang tumbuh di dalam tanah yang mengandung cadangan makanan, khusunya dalam bentuk amylum atau pati. Umbi batang mempunyai tunas yang dapat berkembang menjadi tumbuhan baru. Kentang dan ubi jalar merupakan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang.

Umbi Batang


d. Umbi akar
Umbi akar merupakan akar yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Singkong, bengkuang, ketela, pohon dan Dahlia merupakan contoh tanaman yang menghasilkan umbi akar.

e. Tunas
Tunas berasal dari ujung batang atau ketiak daun. Pisang dan tebu berkembang biak dengan tunas.

f. Tunas adventif
Tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh tidak pada ujung batang dan ketiak daun. Tunas ini dapat tumbuh pada akar atau tepi daun. Tunas adventif yang dipisahkan dari tumbuhan induk dapat tumbuh membentuk tumbuhan baru. 

Contohnya tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan tunas adventif pada daun adalah cocor bebek. Sedangkan tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif pada akar adalah Cemara, Sukun dan kesemek.

g. Geragih atau stolon
Stolon merupakan bagian yang tumbuh menjalar diatas tanah. Pada ruas-ruas batang terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Walaupun tumbuhan dalam berhubungan dengan tumbuhan induknya, tumbuhan baru tidak tergantung pada tumbuhan induknya. Apabila stolon yang dipotong maka tumbuhan baru dapat terus tumbuh. Contoh yang berkembangbiak dengan stolon adalah strawberry, Pegagan dan rumput.


2. Reproduksi vegetatif pada hewan
Reproduksi vegetatif pada hewan dapat melalui fragmentasi, partenogenesis dan pertunasan.

a. Fragmentasi
Fragmentasi berasal dari kata fragmen yang berarti bagian-bagian individu baru terbentuk dari bagian tubuh yang Terbagi bagi. 

Contoh hewan yang berkembang dengan berkembang biak dengan cara ini adalah cacing planaria. Ketika cacing planaria telah mencapai ukuran dewasa, tubuh cacing ini akan terbagi menjadi beberapa bagian. Dari bagian-bagian ini akan tumbuh dan berkembang membentuk individu baru.

Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan
Fragmentasi


b. Pembentukan tunas
Ubur-ubur, Hydra dan Obelia berkembang biak dengan cara bertunas. Dalam daur hidupnya, Obelia mengalami dua fase hidup atau polip dan Medusa. Polip hidup menetap di suatu tempat dan berkembang biak dengan membentuk tunas. Tunas tersebut membentuk Medusa yang akan terlepas dari polip. Medusa merupakan bentuk yang dapat bergerak bebas.

Reproduksi Vegetatif  Pada Tumbuhan dan Hewan
Pembentukan tunas

c. Partenogenesis
Pengertian partenogenesis merupakan peristiwa perkembangan sel kelamin betina menjadi individu baru tanpa melalui fertilisasi. Jadi, individu baru ini merupakan individu haploid yang tumbuh dari sel haploid. Contoh organisme yang melakukan partenogenesis adalah kecoa dan lebah. Pada kecoa hasil partenogenesis  adalah kecowa betina yang tak Bersayap. Sebaliknya pada lebah partenogenesis menghasilkan lebah jantan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:54:00 PM
Tags :

Related : Reproduksi Vegetatif Pada Tumbuhan dan Hewan

1 komentar:

Post a Comment