Thursday, February 25, 2016

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya- Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah yang berfungsi sebagai alat pemompa darah keseluruh tubuh. Jantung terletak di rongga dada kiri. Besarnya lebih kurang satu kepalan tangan. Berat jantung orang dewasa sekitar 300 gram.

Jantung terdiri atas empat ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup dua daun. Katup itu menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi ketika bilik berkontraksi untuk mengangkat darah keluar jantung.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, jantung manusia  fungsi bagian jantung penjelasan tentang jantung, fungsi organ jantung, sebutkan bagian bagian jantung, fungsi bagian bagian jantung, fungsi aorta pada jantung, fungsi serambi kiri
Bagian Bagian Jantung



Pada perbatasan jantung dan pembuluh nadi terdapat katup dengan 3 Daun berbentuk bulat Sabit. Katup ini berfungsi menjaga agar darah dalam pembuluh nadi tidak kembali ke jantung. Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup tiga daun.

Dinding jantung terdiri atas otot jantung. Dinding bilik jantung, terutama bilik kiri, lebih tebal daripada dinding serambi jantung. Hal ini disebabkan bilik kiri terus memompa darah bersih ke seluruh tubuh.
Fungsi Jantung
Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Darah dapat mengalir sampai ke seluruh tubuh karena otot jantung berkontraksi dengan cara mengembangkan dan mengempiskan bagian-bagian jantung.

Keadaan pada waktu Otot bilik jantung berkontraksi disebut dengan sistole. Akibat kontraksi ini, ruangan bilik menyempit, tekanan bilik naik, dan darah mengalir ke pembuluh nadi. Tekanan tertinggi dalam ruangan jantung sebagai akibat kontraksi otot bilik jantung disebut dengan tekanan sistole.

Apabila otot dinding jantung relaksasi, volume rongga jantung membesar. Hal itu menyebabkan tekanan dalam jantung mengecil sehingga darah masuk ke jantung. Tekanan terendah didalam jantung ketika otot dinding jantung mengendur disebut dengan tekanan diastole. Alat untuk mengukur tekanan darah disebut dengan tensimeter.

Adanya kontraksi dan relaksasi otot jantung menimbulkan denyut jantung dan denyut nadi dapat kita rasakan dari bagian tubuh tertentu. misalnya, pergelangan tangan, lekukan tangan dan leher. Pada orang dewasa yang sedang beristirahat jantung berdenyut peraturan 70 kali setiap menit. Jantung berdenyut lebih cepat pada saat kita melakukan aktivitas jasmani dan olahraga. Bahkan denyut jantung bisa mencapai 100 kali setiap menit.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:09:00 PM
Tags :

Related : Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya

0 komentar: