Langsung ke konten utama

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya - Pengamatan menggunakan mikroskop mikroskop merupakan alat bantu penglihatan untuk mengamati objek berukuran sangat kecil, sehingga objek kelihatan lebih besar dan jelas mikroskop mula-mula dikembangkan oleh Anthony tahun 1632 720.
Pada postingan kali ini, kita akan sama-sama membahas macam-macam mikroskop,Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya.

Macam-macam mikroskop
Berikut berikut beberapa macam mikroskop yang dapat digunakan dalam pengamatan suatu objek. 
a. Mikroskop cahaya dibagi menjadi dua yaitu:
1. mikroskop cahaya monokuler, memiliki satu lensa pengintip dengan pembesaran tetap dan tidak dapat diubah, namun dapat memberikan bayangan tiga dimensi 
2. Mikroskop cahaya lensa ganda binokuler memiliki dua lensa pengintip, yaitu okuler dan lensa objektif. kedua lensa tersebut dapat diganti dengan perbesaran yang berbeda-beda.

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya
Mikroskop Cahaya

b. Mikroskop stereo, digunakan untuk mempelajari spesimen besar. komponen nya hampir sama dengan mikroskop cahaya Perbedaannya terletak pada ruang ketajaman lensa mikroskop stereo lebih tinggi dibanding dengan mikroskop cahaya sehingga memberi kesan tiga dimensi dari permukaan spesimen.

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya
Mikroskop Stereo

c. Mikroskop fase, digunakan untuk mengamati struktur mineral.
d.  Mikroskop ultraviolet digunakan untuk sumber cahaya ultraviolet.
e. Mikroskop fotografi dilengkapi dengan kamera untuk memotret.
f. Mikroskop elektron digunakan menggunakan berkas elektron sebagai pembawa Citra gambar, perbesaran tepat dapat mencapai 1000000 kali. ada dua tipe mikroskop elektron yaitu mikroskop elektron mikroskop tranmisi.
Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya
Mikroskop Fotografi


Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Gambarnya
Mikroskop Elektron


2. Bagian-bagian mikroskop
Pada umumnya jenis mikroskop yang digunakan di sekolah adalah mikroskop cahaya berikut ini bagian-bagian dari mikroskop cahaya.

a. Bagian mekanik terdiri atas 
1. Kaki mikroskop berfungsi untuk menyangga mikroskop.
2. Pilar atau sendi inklinasi sebagai penghubung antara kaki dengan lengan mikroskop.
3. Mikroskop pengatur kondensor berfungsi untuk menarik turunkan kondensor.
4. Kondensor berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke benda yang sedang diamati.
5. Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan mikroskop 
6. Lengan engsel penggerak berfungsi sebagai penghubung lengan dengan kaki mikroskop.
7. Meja preparat berfungsi untuk meletakkan preparat yang akan diamati.
8. Penjepit reparasi atau pemegang sediaan berfungsi untuk menjepit preparat yang akan diamati agar tidak bergeser.
9. Tabung berfungsi menghubungkan antara lensa objektif dan lensa okuler. 
10. Revolver berfungsi untuk menempatkan lensa objektif. 
11. Sekrup pemutar kasar berfungsi untuk menggerakkan tabung mikroskop cara tepat dari atas ke bawah 
12. Pemutar halus berfungsi untuk menggerakan tabung ke arah atas dan bawah secara lambat alat ini dipakai juga objek dengan memutar pemutar kasar.

b. Bagian optik 
Pada bagian optik terdiri atas 
1. Dua buah cermin yaitu Sebuah cermin datar dan sebuah cermin cekung. Fungsi cermin adalah untuk mencari, mengumpulkan dan mengarahkan sinar pada objek yang diamati. Cermin datar untuk sumber cahaya yang cukup terang dan cermin cekung untuk sumber cahaya yang kurang terang.
2. Diafragma berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya sinar yang dipantulkan oleh cermin menuju ke mata. 
3. Lensa objektif berfungsi untuk memperbesar bayangan objek terletak pada revolver. 
4. Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar bayangan objek terletak pada bagian atas tabung.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…