Bagian-Bagian Telinga Gambar dan Fungsinya

Bagian-Bagian Telinga Gambar dan Fungsinya - Telinga adalah indra pendengaran yang peka terhadap getaran Bunyi atau suara Getaran getaran suara. Getaran suara ditangkap dan diubah menjadi impuls oleh telinga. Dari impuls akan diteruskan oleh saraf pendengaran ke otak yang kemudian diolah sehingga kita dapat mendengar bunyi.

Bagian-bagian Telinga Manusia
Susunan telinga terdiri atas: telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

bagian bagian telinga dan fungsinya masing masing, bagia bagian telingan dan fungsinya, bagian bagian telingan manusia secara lengkap, bagian bagian telinga dan fungsinya masing masing, fungsi gendang telinga, , fungsi koklea


a. Telinga luar
Telinga luar terdiri atas daun telinga dan Saluran telinga. Pada dinding saluran tersebut terdapat kelenjar seruminus yang mensekresikan serumen (kotoran telinga). Telinga telinga luar berfungsi untuk menangkap gelombang suara.

Baca juga bagian-bagian mata dan fungsinya

b. Telinga Tengah
Telinga tengah terdiri atas lubang-lubang pendengaran (osikula auditori) yaitu Tulang martil, landasan, sanggurdi, membran timpani, gendang telinga dan saluran eustachius. Membran timpani berfungsi untuk meneruskan gelombang suara ke tulang-tulang pendengaran. Saluran eustachius berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan udara sehingga tekanan udara didalam dan diluar rongga telinga sama besar. Tulang pendengaran berfungsi untuk meneruskan gelombang suara ke jendela oval.

c. Telinga dalam
Telinga dalam terdiri atas jendela bulat, jendela oval, tiga Saluran setengah lingkaran (saluran semisirkuler) sakula, utrikula, dan koklea. Jendela oval menerima gelombang suara dan meneruskannya ke dalam rumah siput (koklea). Koklea berisi cairan limpa. di dalam koklea terdapat sel-sel rambut yang sangat peka terhadap suara dan berhubungan dengan saraf pendengaran yang menuju ke otak. 

Tiga Saluran setengah lingkaran berperan dalam keseimbangan tubuh yang dipengaruhi oleh gerakan melingkar. Alat keseimbangan lainnya adalah utrikulus dan sakulus yang merupakan alat keseimbangan gravitasi dipengaruhi oleh gerakan mendatar oleh gerakan lurus vertikal.

Proses Mendengar Pada Manusia
Gelombang bunyi ditangkap dan dikumpulkan oleh daun telinga. Kemudian, masuk ke dalam Saluran telinga dan menyentuh gendang telinga sehingga menimbulkan getaran (vibrasi). Getaran ini Diteruskan oleh Tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi ke jendela oval. Getaran ini menyebabkan bergetarnya cairan di dalam rumah siput. Cairan limfa yang bergetar merangsang sel-sel rambut. Kemudian implus bunyi diteruskan oleh saraf pendengaran menuju Pusat pendengaran di otak. Sehingga kita dapat mendengar.

Cara singkat proses pendengaran dapat dibuat skema sebagai berikut.
bunyi - daun telinga - saluran telinga - gendang telinga - tulang martil - tulang landasan - tulang sanggundi - jendela oval - rumah siput - ujung saraf pendengaran - otak - mendengar.

Sahabat, untuk lebih jelas dan menambah pengetahuan tentang bagian-bagian telinga dan fungsinya, coba lihat video berikut ini.


Sakula dan utrikula berada di saluran kemih dan koklea. Di dalamnya terdapat cairan endolimfe dan sel-sel rambut khusus yang berderet pada dindingnya. Sel-sel ini memiliki benang-benang syarat yang tertanam pada suatu masa seperti jelly yang disebut makula. Pada makula terdapat butir-butir kalsium karbonat. Makula mengirim informasi ke otak tentang arah depan belakang dan samping dari pergerakan kepala.

Masing-masing saluran semisirkular mengandung cairan Endolimfe dan badan sensoris khusus yang dapat yang terdapat pada daerah basal lambang dari saluran. badan sensori memiliki fungsi mirip makula yang didalamnya terdapat massa seperti jelly dan sel-sel rambut. kupula mengirim mengirim informasi ke otak mengenai putaran kepala.
Bagian-Bagian Telinga Gambar dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar