Langsung ke konten utama

Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Contohnya

Ciri-ciri makhluk hidup - Makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan benda tak hidup. Berikut ini beberapa ciri yang dimiliki makhluk hidup.

1. Bergerak
Pergerakan adalah perpindahan posisi seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan perpindahan seluruh bagian tubuh terjadi pada manusia dan sebagian besar hewan misalnya manusia berjalan berlari burung terbang dan ikan berenang Bagaimana cara tumbuhan bergerak. gerak tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu. misalnya gerak tumbuh batang kearah cahaya sesuai dengan arah gravitasi bumi.

2. Memerlukan makanan atau nutrisi
Apakah hewan dan tumbuhan juga memerlukan makanan?? ya tentu, setiap Makhluk hidup memerlukan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan hidupnya. Makanan diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses proses kehidupan. Cara mendapatkan makanan maupun cara makan setiap makhluk hidup berbeda-beda. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan proses fotosintesis. Sedangkan hewan dan manusia mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain.

ciri ciri makhluk hidup beserta gambarnya, ciri ciri makhluk hidup kelas 7, ciri ciri makhluk hidup hewan, ciri ciri makhluk hidup wikipedia, ciri ciri makhluk hidup ppt, ciri ciri khusus makhluk hidup, ciri makhluk hidup bergerak,


3. Respirasi atau bernapas
Bernapas adalah menghirup oksigen dari udara dan mengeluarkan karbondioksida. Oksigen berperan penting dalam proses oksidasi makanan dan dari proses oksidasi tersebut akan menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Udara yang kita keluarkan saat bernafas mengandung karbondioksida dan uap air. Makhluk hidup mempunyai cara dan alat bernafas yang berbeda-beda. manusia, mamalia dan reptilia bernapas dengan paru-paru, sedangkan ikan bernapas dengan insang.

4. Reproduksi atau berkembang biak
Berkembang biak adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Cara berkembang biak makhluk hidup adalah sebagai berikut:
a. Cara kawin atau generatif yaitu perkembangbiakan yang melibatkan sel telur dan sel sperma.
b. Cara tak kawin atau vegetatif yaitu perkembanganbiakan yang tidak melibatkan sel telur dan sel sperma, melainkan melibatkan sel tubuh. 

baca juga pengertian sel

Contoh kunyit dan jahe berkembang biak dengan akar tinggal, kentang berkembang biak dengan umbi batang, pisang berkembang biak dengan tunas, dan bunga tulip berkembang biak dengan umbi lapis.

5. Tumbuh dan berkembang
Tumbuh adalah bertambahnya Volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible akibat dari proses pertumbuhan adalah bertambah tinggi dan berat badan contoh bertambah panjangnya ukuran batang pada tumbuhan sedangkan berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon nutrisi dan lingkungan

6. Adaptasi
Adaptasi adalah Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan untuk mempertahankan diri. Terdapat tiga macam adaptasi:

a. Adaptasi morfologi yaitu penyesuaian diri terhadap alat-alat tubuhnya. Contoh burung elang mempunyai kuku yang tajam untuk menangkap menerkam mangsa.
b. Adaptasi fisiologi yaitu penyesuaian fungsi alat-alat tubuh terhadap lingkungan. Contoh manusia menambah jumlah sel darah merah bila berada di pegunungan.
c. Adaptasi tingkah laku yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya. Contoh Bunglon mengubah warna tubuh sesuai tempat hidupnya.

7. Iritabilitas atau peka terhadap rangsangan 
Iritabilitas merupakan Kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan.

8. Ekskresi atau pengeluaran zat sisa
Ekskresi adalah Proses pengeluaran zat sisa hasil metabolisme sel yang sudah tidak digunakan oleh tubuh dan dikeluarkan bersama urine keringat atau pernapasan paru-paru dan insang mengeluarkan CO2 dan uap air kulit mengeluarkan keringat ginjal mengeluarkan urine.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…