Saturday, February 20, 2016

Gangguan Pencernaan Pada Manusia

Gangguan Pencernaan Pada Manusia - Kebiasaan yang kurang baik atau karena infeksi kuman penyakit dapat menyebabkan gangguan pada alat-alat pencernaan misalnya gigi berlubang mag diare atau sambelit.

1. Kerusakan Gigi
Kerusakan pada di gigi lubang dapat disebabkan oleh kebiasaan memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, adanya pembusukan sisa-sisa makanan juga menyebabkan gigi berlubang. 

Gigi yang berlubang sampai ke bagian dalam dan berisi Serabut saraf akan menimbulkan rasa nyerii. Tentu ini akan mengganggu pencernaan makanan dalam mulut tidak sempurna. Hal ini akan mengganggu alat alat pencernaan lainnya. baca juga Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Fungsinya


2. Gangguan Lambung
Gangguan lambung, misalnya luka pada dinding sebelah dalam lambung. Luka terjadi karena asam lambung yang dikeluarkan oleh Dinding lambung berlebihan atau karena infeksi kuman penyakit. Luka pada Dinding lambung menyebabkan penyakit tukak lambung atau mag.

Gangguan Pencernaan Pada Manusia

3. Gangguan Usus Buntu
Gangguan yang terjadi pada usus buntu adalah peradangan umbai cacing. Peradangan umbai cacing disebut dengan ependisitis. Cara terbaik untuk mengobati peradangan umbai cacing adalah dengan operasi pemotongan umbai cacing.

4. Gangguan Usus Besar
Gangguan yang terjadi pada usus besar antara lain berupa diare. Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun amuba pada usus besar. Akibat infeksi tersebut, penyerapan air di usus besar terganggu, sehingga feses menjadi encer. 

Konstipasi terjadi karena proses penyerapan air pada oleh usus besar berlebihan. Akibatnya feses menjadi padat atau keras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk mencegah sembelit, sebaiknya setiap hari mengkonsumsi makanan berserat antara lain sayuran dan buah-buahan.

Alat-alat pencernaan agar dapat disebabkan oleh cacing dan mikroorganisme. Jenis-jenis cacing yang masuk ke alat pencernaan manusia antara lain adalah cacing pita dan cacing perut. adapun jenis cacing yang masuk ke tubuh manusia untuk menyerap darah adalah cacing tambang. 

Mikroorganisme yang masuk ke saluran pencernaan manusia menimbulkan penyakit adalah amoeba disentri, bakteri tifus dan bakteri kolera. Baik caging maupun organisme pada umumnya masuk ke tubuh  manusia melewati makanan dan minuman.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:41:00 AM
Tags :

Related : Gangguan Pencernaan Pada Manusia

0 komentar:

Post a Comment