Thursday, February 11, 2016

Jaringan Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Jaringan Tumbuhan, Hewan dan Manusia- jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan hanya dimiliki oleh makhluk hidup bersel bersel banyak. Pada hewan dan manusia terdapat beberapa jaringan yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf.

1. Jaringan Epitel 
Jaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh atau organ baik permukaan dalam maupun permukaan luar. Bentuk jaringan ini pipih, kubus dan silinder. Jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung jaringan dibawahnya dari kerusakan karena gesekan mekanis, radiasi UltraViolet, maupun serangan bakteri. Fungsi lain dari jaringan epitel adalah sebagai penyerap pada lapisan dinding usus halus dan pengeluaran atau ekskresi pada kelenjar kulit.

Baca juga : Ciri-ciri Makhluk Hidup

2. Jaringan Ikat 
Berdasarkan fungsi jaringan ikat dibedakan menjadi 4. 
a. Jaringan ikat yang berfungsi untuk memberi kekuatan dan perlindungan organ tubuh yang lemah. Contohnya adalah tulang rawan dan tulang.
b. Jaringan ikat penghubung, jaringan ini berfungsi menghubungkan bagian-bagian tubuh. Contoh jaringan ikat adalah tendon dan ligamen.
c. Jaringan ikat berserat, jaringan ikat berserat berfungsi sebagai bantalan bagi organ tubuh dan tempat melintas pembuluh darah dan saraf. Contohnya adalah jaringan lemak.
d. Jaringan Darah berfungsi sebagai sumber segala hal dalam darah. Contohnya adalah jaringan darah sumsum tulang.

3. Jaringan Otot
Otot dapat berkontraksi, kontraksi beberapa otot dapat menggerakkan tulang sehingga menghasilkan gerak. Oleh karena itu, otot disebut sebagai alat gerak aktif, sedangkan rangka disebut alat gerak pasif. Otot dapat dibedakan menjadi otot rangka, polos dan juga otot jantung.

4. Jaringan saraf
Jaringan ini tersusun oleh sel-sel saraf yang disebut dengan neuron. Jaringan saraf fungsinya adalah menerima dan menghantarkan rangsangan. Terdapat tiga macam neuron yaitu sebagai berikut:
a. Neuron sensorik berfungsi untuk menghantarkan impuls dari penerima rangsang atau reseptor ke saraf pusat otak atau sumsum tulang belakang. 
b. Neuron motorik berfungsi untuk menghantarkan impuls dari saraf pusat efektor yaitu organ yang memberi tanggapan terhadap rangsang yaitu otot dan kelenjar 
c. Neuron asosiasi berfungsi untuk menghubungkan sel saraf satu dengan sel saraf lainnya sehingga penghantar impuls dapat berjalan baik.

Jaringan Pada Tumbuhan
Menurut sifatnya, jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen.

1. Jaringan meristem
Jaringan meristem adalah jaringan yang tersusun atas Kumpulan sel muda yang terus membelah menghasilkan jaringan yang lain. Jaringan meristem terdapat pada titik tumbuh seperti Lembaga ujung batang, kuncup, ujung akar dan kambium.

2. Jaringan Permanen
Jaringan permanen merupakan jaringan yang sudah tidak mengalami diferensiasi lagi. Jaringan permanen terdiri atas empat macam:

Jaringan Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Jaringan Epidermis
Jaringan epidermis merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh tumbuhan baik pada akar, batang ataupun pada daun. Jaringan ini tersusun rapat berfungsi sebagai jaringan pelindung.

Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim adalah jaringan dasar yang terdapat di antara jaringan-jaringan lainnya yang gunanya untuk tempat menyimpan makanan. Jaringan parenkim pada daun mengandung kloroplas dan fotosintesis dan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan spons dan jaringan pagar. jaringan Parenkim yang tidak mengandung kloroplas berfungsi sebagai tempat menyimpan zat makanan.

Jaringan penyokong
Jaringan penyokong yaitu jaringan yang berfungsi sebagai penunjang berdirinya tumbuhan. Ada dua macam jaringan penyokong antara lain adalah jaringan kolenkim dan skelenkim.

Jaringan pengangkut
Jaringan pengangkut terdiri atas dari jaringan pembuluh kayu atau xilem dan jaringan pembuluh tapis atau floem.
a. Jaringan xilem, berfungsi mengangkut air dan mineral, mineral dari akar ke daun terdiri dari beberapa tipe sel yang utama adalah pembuluh xilem dan terdiri dari sel-sel berdindingtebal dan mengandung zat kayu.

b. Jaringan floem, berfungsi mengangkat zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan terdiri dari beberapa tipe sel diantaranya sel pengiring atau tetangga dan sel Pembuluh tapis berlubang-lubang sehingga membentuk seperti ayakan. Melalui pori inilah sitoplasma saling berhubungan antara satu sel dengan sel yang lain.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:13:00 AM
Tags :

Related : Jaringan Tumbuhan, Hewan dan Manusia

0 komentar: