Rabu, 10 Februari 2016

Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

;
Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom - Makhluk hidup yang ada disekitar kita sangat beraneka ragam. Secara spesifik keanekaragaman berarti perbedaan ciri-ciri dan sifat pada makhluk hidup yang berlainan jenis. Contoh terdapat bermacam-macam jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar Anda. 

Selain beraneka ragam dalam satu jenis makhluk hidup juga terdapat variasi. Variasi berarti perbedaan ciri-ciri dan sifat pada makhluk hidup yang sejenis. Misalnya, variasi warna pada bunga mawar, yaitu ada yang berwarna merah, putih dan kuning.

klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom,ppt, pdf 6 kingdom, kelas 7, powerpoint menurut whittaker, monera, beserta ciri-cirinya, dan gambarnya


Karena makhluk hidup sangat beraneka ragam, maka makhluk hidup itu perlu dikelompok-kelompokkan. kegiatan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan disebut Klasifikasi Makhluk Hidup. Cabang biologi yang khusus mempelajari klasifikasi adalah taksonomi.

Adapun tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah:
1. Mempermudah dalam belajar dan mengenal bagian berbagai macam makhluk hidup.
2. Dengan mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. 
3. Mengetahui manfaat makhluk hidup untuk kepentingan manusia.
4. Mengetahui adanya saling ketergantungan antar makhluk hidup.

Untuk melakukan klasifikasi, ada dua hal yang perlu dkuasai. Yaitu melakukan identifikasi dan memberikan nama.

1. Tata Nama Ilmiah
Untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan menyatukan persepsi secara internasional,. maka makhluk hidup diberi nama ilmiah Carolus Linnaeus sebagai peletak dasar klasifikasi mengetengahkan sistem kode internasional tatanama ilmiah yang disebut binomial nomenklatur, yang berarti tata nama ganda.

Aturan tata nama ilmiah sebagai berikut:
1. Nama ilmiah terdiri dari dua kata dalam bahasa Latin atau kata yang dilatinkan.
2. Kata pertama menunjukkan Marga (genus) yang ditulis dengan huruf pertama kapital 
3. Kata kedua menunjukkan jenis atau spesies yang ditulis dengan huruf kecil.
4. Nama ilmiah ditulis dengan huruf miring atau dengan garis bawah.

Contoh !!!
a. Jagung nama ilmiahnya Zea mays jenis 
b. Paramecium nama ilmiah Paramecium caudatum.
c. Anjing nama ilmiahnya Canis familiaris.

Sistem penamaan di atas tidak terlepas dari klasifikasi makhluk hidup. Yaitu klasifikasi yang dilakukan secara bertingkat. Setiap tingkatan disebut takson. semakin tinggi tingkat takson, semakin sedikit persamaan cirinya. Semakin rendah tingkat takson, semakin banyak persamaan cirinya.

Perhatikan urutan takson dari tingkat tinggi sampai rendah pada gambar berikut. 
klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom,ppt, pdf 6 kingdom, kelas 7, powerpoint menurut whittaker, monera, beserta ciri-cirinya, dan gambarnya

2. Sistem klasifikasi makhluk hidup
Para ahli juga berupaya mengelompokkan makhluk hidup secara umum. Berdasarkan kekerabatannya klasifikasi ini disebut klasifikasi sistem filogenetik. pengelompokan sistem ini terus menerus mengalami perkembangan. perhatikan Perkembangan klasifikasi filogenetik berikut ini.

a. Sistem dua kingdom
Sistem dua Kingdom pertama kali ditemukan oleh Aristoteles dari Yunani. dalam sistem ini makhluk hidup dibagi menjadi Kingdom Plantae dan animalia.

b. Sistem tiga Kingdom
Klasifikasi tig Kingdom membagi makhluk hidup menjadi Kingdom Monera, plantae dan animalia.
Baca juga Ciri-Ciri Kingdom Monera dan Protista

c. Sistem empat Kingdom
Sistem empat  Kingdom terdiri dari Kingdom Monera, fungi, plantae dan animalia.

d. Sistem lima kingdom 
Pencetus klasifikasi sistem lima kingdom adalah Robert H. Whittaker seorang ahli biologis Amerika Serikat usaha pada tahun 1969. Dalam klasifikasi ini, Whittaker pengelompokan makhluk hidup dalam kingdom monera, protista, fungi, plantae dan animalia. Kingdom baru yang ditambahkan, yaitu protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup uniseluler maupun multiseluler yang menyerupai jamur, tumbuhan dan hewan. namun tidak dapat dikelompokkan ke dalam kingdom plantae dan animalia.

e. Sistem empat kingdom
Pada tahun 1990, seorang ahli biologi molekuler Amerika Serikat bernama Carl Woese mengembangkan sistem klasifikasi enam kingdom. dalam sistem klasifikasi enam kingdom, makhluk hidup dikelompokkan menjadi Archaebacteria,Eubacteria, Protista, fungi, plantae dan animalia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10.53.00
Tags :

Related : Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

0 komentar:

Posting Komentar