Friday, February 19, 2016

Macam-macam Sendi dan Contohnya

Macam-macam Sendi dan Contohnya - Sendi adalah terhubungnya antara ujung tulang yang satu dengan tulang yang lain di dalam tubuh. macam-macam sendi dapat kita pelajari di bawah ini.  Menurut sifatnya, sendi dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu sendi mati, sendi kaku dan sendi gerak.

Sendi mati adalah hubungan antara tulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contohnya persendian pada tulang tengkorak. Sendi kaku adalah hubungan antara tulang yang hanya sedikit memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh sendi kaku adalah persendian tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang-tulang pergelangan kaki dan persendian ruas-ruas tulang belakang. Sendi gerak adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerak, baik satu arah, maupun ke segala arah. 


macam macam sendi dan gambarnya, macam macam sendi dan letaknya, macam macam sendi dan fungsinya manusia, pengertian macam macam sendi dan fungsinya, macam macam sendi gerak, berdasarkan sifat geraknya, sebutkan macam macam sendi, satu persatu macam macam sendi berdasarkan sifat


Menurut arah gerakannya, sendi gerak dapat dibedakan menjadi sendi engsel, sendi peluru, sendi puta,r sendi geser dan sendi pelana.

1. Sendi engsel adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur. Contohnya sendi engsel adalah persendian pada siku, lutut dan persendian antar ruas jari tangan. 

2. Sendi peluru adalah hubungan antara tulang yang memungkinkan terjadinya gerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.

3. Sendi putar atau sendi guling ialah Hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya suatu gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros. Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang Atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpil.

4. Sendiri geser adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antara tulang karpal.

5. Sendi pelana adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling gerak lurus seperti gerakan orang naik kuda. contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:10:00 AM
Tags :

Related : Macam-macam Sendi dan Contohnya

0 komentar:

Post a Comment