Wednesday, February 3, 2016

Model Atom Dalton Kelebihan Dan Kelemahan

Model Atom Dalton Kelebihan Dan Kelemahan - Model atom dibuat untuk memudahkan mempelajari sifat atam. Model atom selalu mengalami pembaharuan, hal ini terjadi karena ilmu pengetahuan mengenai atom selalu berkembang. Dengan kata lain model atom tidak muncul seketika. tetapi selalu ada penyempurnaan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, perkembangan model atom sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Orang pertama yang membuat model atom adalah John Dalton. Sehingga model ini disebut model atom Dalton. selanjutnya, model atom Dalton disempurnakan oleh Thomson Rutherford Bohr dan Erwin Schrodinger. baca juga teori model atom niels bohr
 
Istilah atam sebenarnya telah dikemukakan oleh filsafat Yunani yang bernama democritus. menurut dia, materi tidak dapat dibelah secara terus-terusan. Maksudnya, pembelahan materi akan sampai pada satu tingkat yang tidak dapat dibagi lagi. Bagian yang tidak dapat dibagi lagi disebut dengan atom.

model atom dalton thomson rutherford bohr model atom dalton dan gambarnya

Selama beberapa abad, konsep mengenai atom democritus dilupakan orang. pada tahun 1803, Jhon Dalton mengemukakan postulat mengenai atom. John Dalton tidak menyalahkan konsep atom yang dikemukakan oleh democritus, bahkan membenarkannya karena teori democritus tidak bertentangan dengan hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap.

Dalton merumuskan teori atomnya berdasarkan pemikiran-pemikirannya yaitu:

a. Materi tersusun dari partikel-partikel kecil yang disebut dengan atom.
b. Unsur adalah materi yang tersusun dari atom-atom sejenis dengan massa yang sifat yang sama.
c. Unsur memiliki sifat yang berbeda terdiri dari atom-atom dengan massa dan sifat yang berbeda pula.
d. Senyawa adalah materi yang tersusun dari atom-atom yang berbeda dan memiliki perbandingan tertentu dan bersifat tetap. Ikatan-ikatan atom di dalam senyawa disebut ikatan antar atom.
e. Selama Terjadi reaksi kimia atom tidak dapat dimusnahkan dan diciptakan tetapi reaksi kimia hanya menata ulang atom-atom yang bereaksi.

Postulat Dalton yang pertama mempertegas Pendapat demokritus yang menyatakan jika suatu materi harus dibagi, suatu saat akan sampai pada suatu partikel yang dapat tidak dapat dibagi lagi yang disebut dengan atom.

Postulat kedua merupakan gagasan baru dari Dalton. menurut Dalton, Atom merupakan unsur terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu.

Postulat yang ketiga didasarkan pada hukum konversi massa dari lavoisier, yaitu dalam reaksi kimia massa zat tidak berubah. Maksudnya, masa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama. Oleh karena itu, tidak ada atau yang hilang atau tercipta dalam suatu reaksi kimia. Dengan kata lain, perubahan yang terjadi hanyalah perubahan pemisahan dan penggabungan antaraatom.

Teori atom terus berkembang dan senantiasa mengalami perbaikan. Ternyata atom masih bisa dibagi menjadi partikel yang lebih kecil lagi, yaitu partikel subatomik. Para ilmuwan memikirkan kembali tentang model atom yang sesungguhnya untuk mencari kebenaran partikel subatomik tersebut di dalam atom. Partikel tersebut ditemukan setelah penemuan metode elektrolisis metode ini dapat mengurangi senyawa serta menjadi atom atom bermuatan listrik dengan bantuan arus listrik.

Keunikan teori atom Dalton
a. Dia merupakan orang pertama yang melibatkan kejadian kimiawi seperti kejadian fisis di dalam merumuskan teorinya.
b. Dalam Teorinya tidak menggunakan pengamatan kualitatif atau untung-untungan. Melainkan berdasarkan asumsinya pada data kuantitatif.

Kelebihan teori atom Dalton
a. Dapat menjelaskan hukum kekekalan massa, yaitu jika unsur terdiri dari atom-atom tidak dapat dimusnahkan, maka massa unsur tersebut sebelum dan sesudah reaksi harus sama, sehingga keseluruhan dari partikel dan hasil reaksi adalah sama.

b. Dapat menjelaskan hukum perbandingan tetap, yaitu jika atom-atom dari sebuah unsur memiliki massa yang sama dan satuan Satuan atau memiliki perbandingan tetap maka presentasi susunan senyawa harus memiliki nilai tertentu dengan mengabaikan ukuran contoh yang dianalisis atau keadaan semula.

 model atom dalton thomson rutherford model atom dalton kelebihan dan kelemahan model atom dalton dan penjelasannya model atom dalton fisika model atom dalton adalah model atom dalton dan kelemahan model atom dalton wiki


Kelemahan teori atom Dalton
a. Atom-atom dari suatu unsur memiliki massa dan sifat yang sama merupakan suatu pernyataan yang salah ditemukannya isotop oleh Mc. Coy. Pada tahun 1907 isotop merupakan atom dengan susunan elektron yang sama dan nomor atom yang sama tetapi mempunyai massa yang berbeda.

b. Dalam teori tersebut disebutkan bahwa tidak terjadi perubahan sama sekali pada saat reaksi berlangsung. pernyataan ini dirasa kurang tepat, karena pada saat mengadakan ikatan dengan atom sejenis maupun tidak sejenis terjadi sedikit perubahan yaitu ada sedikit perubahan energi listrik pada bagian luar atau sehingga atom dapat mengadakan ikatan satu sama lain.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:53:00 AM
Tags :

Related : Model Atom Dalton Kelebihan Dan Kelemahan

0 komentar: