Tuesday, February 23, 2016

Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit) dan Fungsinya

Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit) dan Fungsinya - Sel darah putih disebut juga leukosit. Sel ini memiliki inti, tetapi tidak memiliki bentuk sel yang tetap dan tidak berwarna. sel darah putih dalam setiap mm3 lebih kurang berjumlah 8000. Tempat pembentukan sel darah putih adalah pada sumsum merah tulang pipih, limpa dan kelenjar getah bening. Semua sel darah putih memiliki masalah hidup antara 6 hingga 8 hari.

Sel darah putih dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu limfosit, monosit, neutrofit, eosinofil dan basofil umumnya berukuran lebih besar daripada sel darah merah, bentuk ameboid teratur dan berinti sel bulat atau cekung.

pengertian sel darah putih dan fungsinya
Sel Darah Putih

Jenis sel darah putih yang terbaik adalah Neutrofit, sekitar 60%. Neutrofil berfungsi menyerang dan mematikan bakteri penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh, dengan cara menghubungi dan melepaskan suatu zat yang mematikan bakteri. baca juga Pengertian Sel Darah Merah dan Fungsinya

Jumlah limfosit di dalam sel darah putih sekitar 20% sampai 30%. Limfosit bertugas untuk membentuk antibodi, yaitu sejenis protein yang berfungsi mengurangi kuman penyakit. Jumlah eosinotil di dalam darah putih sekitar 5% sampai 10%. Seperti halnya dengan neutrofil, monosit berfungsi mematikan bakteri. Jumlah eosinofil dalam darah putih sebutan 5%.

Eosinofil berfungsi menyerang bakteri membuang sisa sel yang rusak dan mengatur pelepasan zat kimia pada saat penyerangan bakteri. Basofil dalam darah putih berjumlah sekitar 1%. Bassofil berfungsi mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah.

Sel darah putih memiliki sifat fagosit, Yaitu dapat mematikan kuman penyakit dengan cara memakan kuman. Untuk menghancurkan kuman penyakit, sel darah putih dapat menembus dinding pembuluh darah. Kemampuan itu disebut dengan diapedesis.

Peningkatan jumlah sel darah putih yang tidak terkendali dalam mengakibatkan sel-sel darah putih memakan sel darah merah yang bersifat abnormal. Hal itu terjadi pada penderita kanker darah.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit) dan Fungsinya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:42:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Sel Darah Putih (Leukosit) dan Fungsinya

0 komentar:

Post a Comment