Sunday, February 7, 2016

Pengertian Bioteknologi dan Contohnya

Pengertian Bioteknologi dan Contohnya - Bioteknologi merupakan pemanfaatan organisme atau bahan yang dihasilkan oleh organisme untuk menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Dengan menggunakan bioteknologi, diharapan masalah kebutuhan pangan dapat diatasi.

Bagaimana peranan bioteknologi dalam meningkatkan produktivitas pangan?? anda akan mengetahuinya dalam artikel ini.

bioteknologi makanan,  makalah bioteknologi,  pengertian bioteknologi  bioteknologi modern  bioteknologi konvensional,  artikel bioteknologi,  bioteknologi pertanian,  bioteknologi ppt

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup baik itu bakteri, virus dan lain-lain. Maupun produk dari makhluk hidup seperti, enzim dan alkohol dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bioteknologi digunakan untuk memanfaatkan organisme atau bahan yang diperoleh dari organisme agar menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kepentingan manusia, Bioteknologi merupakan gabungan dari beberapa  ilmu, diantaranya adalah, biokimia, mikrobiologi, mikologi, fisiologi, biologi molekuler dan kimia.
Pernahkah anda makan tempe, tape, oncom dan roti?? Tentu semua orang pernah rumah merasakan makanan tersebut, dan makanan itu merupakan salah satu contoh bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme dalam proses pembuatannya. Tempe dan tapai merupakan contoh bioteknologi konvensional. Bioteknologi konvensional biasanya dilakukan hanya berdasarkan pengalaman yang didapat secara turun-temurun tanpa memahami bagaimana prinsip pembuatannya.

Sebaliknya, pada bioteknologi modern para ahli telah melakukan penelitian yang meliputi proses yang terjadi pada organisme yang digunakan. Bagaimana prosesnya? faktor apa yang menghambat dan bagaimana cara mengaplikasikannya sehingga dapat menghasilkan produk dan jasa dalam jumlah yang sangat besar?

Disini kita akan membahasnya dalam peranan bioteknologi dalam meningkatkan produktivitas pangan yang meliputi bioteknologi pertanian, bioteknologi peternakan dan penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan pangan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:58:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Bioteknologi dan Contohnya

0 komentar: