Wednesday, February 24, 2016

Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler

Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler - Jaringan pembuluh darah yang kompleks, bersama-sama dengan darah dan jantung menyusun sistem sirkulasi. Disebut demikian karena darah mengalir dari jantung keseluruh sel dalam dalam jaringan dan organ tubuh, kemudian kembali ke jantung.

Jaringan pembuluh pembuluh darah dalam tubuh kalian memanjang sampi 90.000 mil atau 150 KM, 3 kali jarak mengelilingi bumi. Sebagian besar jaringan itu disusun oleh pembuluh darah kapiler halus. Dalam jaringan, kapiler menghubungkan pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena. Jadi, pembuluh darah dibedakan menjadi 3 macam, yaitu pembuluh darah arteri, pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler.


1. Pembuluh darah Arteri (Nadi)
Dinding pembuluh nadi tersusun dari tiga lapisan, yaitu lapisan luar yang bersifat elastis, lapisan Tengah yang berupa sel-sel otot polos dan lapisan dalam yang hanya disusun oleh selapis Sel berdinding tipis. pembuluh darah arteri memiliki dinding tebal kuat dan elastis yang membantu tenaga pemompaan jantung untuk menyalurkan darah keseluruh tubuh.

Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler
Pembuluh Darah

Pemompaan oleh jantung yang menyebabkan darah didorong untuk mengalir. Hal itu memberi tekanan di sepanjang dinding pembuluh yang dilaluinya dan menimbulkan denyutan dan akibatnya darah akan memancar keluar apabila pembuluh darah arteri terluka.
Umumnya, pembuluh nadi terletak di bagian dalam tubuh. Hanya di beberapa tempat pembuluh darah arteri berada di dekat permukaan tubuh sehingga terasa denyutan. Misalnya di Pangkal lengan dan pergelangan tangan.

Darah yang keluar dari jantung dengan melewati pembuluh darah arteri. Pembuluh darah arteri yang paling besar disebut dengan aorta.

Pembuluh ini berpangkal pada bilik kiri jantung dan bertugas membawa darah yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh. Pembuluh darah ini hanya memiliki sebuah katup yang terletak tepat di luar jantung. 

Selanjutnya, aorta bercabang dua, satu cabang menuju ke kepala dan satu cabang lagi menuju ke tubuh bagian bawah. kedua pembuluh darah arteri yang keluar dari jantung tersebut kemudian bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh darah arteri yang lebih kecil. Pembuluh  darah arteri nadi yang paling kecil disebut dengan arteriol. Arteriol berukuran lebih tipis dari Sehelai rambut. Arteriol akan bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh kapiler. 

2. Pembuluh Darah Vena (Balik)
Darah kapiler dalam jaringan tubuh kembali ke jantung melalui venula, Kemudian dari pembuluh vena, Pembuluh darah vena mempunyai dinding lebih tipis, tidak elastis dan berdiameter lebih lebar dari pada pembuluh darah Arteri. Hal itu karena darah dalam perjalanannya kembali ke jantung memiliki tekanan yang sangat rendah. Tekanan darah rendah tersebut menyebabkan daerah cenderung mengakir kembali meninggalkan jantung.

Untuk mencegah peristiwa itu,  pembuluh darah vena memiliki banyak katup yang memastikan darah mengalir ke satu arah menuju jantung tekanan darah rendah dalam pembuluh darah vena menyebabkan tidak terasa adanya dimakan sehingga daerah hanya menetes apabila pembuluh darah vena terluka dan pembuluh darah vena terletak dekat dengan permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan.

Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler
Pembuluh Darah Vena

Pembuluh darah vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung pembuluh ini dilalui darah yang banyak mengandung karbondioksida. Kecuali pembuluh balik dari paru-paru menuju ke jantung yang dilalui darah mengandung banyak oksigen.
Pembuluh darah vena yang besar ada dua macam, yaitu pembuluh darah vena besar atas dan pembuluh darah vena besar bawah. Pembuluh darah vena besar atas menerima darah dari tubuh bagian atas yaitu kepala dan lengan. Sedangkan pembuluh darah vena besar bawah menerima darah dari tubuh bagian bawah, yaitu badan dan kaki.

3. Pembuluh Darah Kapiler
Darah dari jantung, melalui pembuluh darah arteri, mengalir menuju jaringan tubuh. Dalam jaringan tubuh pembuluh darah arteri dan cabang-cabang menjadi pemlunuh-pembuluh yang sangat kecil, yaitu pembuluh kapiler. 

Pembuluh kapiler membentuk jalinan Yang rapat dan langsung berhubungan dengan sel-sel tubuh. Selain itu, dinding pembuluh kapiler tersusun dari salapis sel dan sangat sempit sehingga hanya dapat dilalui sel-sel darah satu per satu. Oleh karena itu, darah dari pembuluh kapiler dapat langsung memberikan oksigen dan zat makanan kepada sel tubuh. Baca juga :📣 Pengertian Sel Darah Merah dan Fungsinya

Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler
Pembuluh Darah Kapiler

Pada waktu yang sama, sel darah yang mengangkut zat-zat sisa metabolisme dari sel tubuh dibawa melalui pembuluh vena menuju jantung. Dengan demikian, jaringan pembuluh darah kapiler menghubungkan pembuluh arteri dan pembuluh vena terkecil.

Baca juga :  📣 Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Jadi, peredaran darah dari jantung menuju sel-sel tubuh melalui pembuluh darah arteri, pembuluh kapiler terus menuju pembuluh vena untuk kembali ke jantung merupakan sistem peredaran darah tertutup.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:17:00 AM
Tags :

Related : Pengertian dan Fungsi Pembuluh Darah Vena, Arteri dan Kapiler

0 komentar: