Saturday, February 6, 2016

Pengertian Isotop Isobar dan Isoton

Pengertian Isotop Isobar dan Isoton - isotop adalah atom atom yang memiliki nomor atom yang sama tetapi memiliki nomor massa yang berbeda. Dengan kata lain, atom-atom tersebut memiliki jumlah proton yang sama. pencetus keberadaan isotop adalah Francis William Aston, seorang ilmuwan kebangsaan Inggris yang menyatakan bahwa semua unsur yang berada di alam ini tidak lain merupakan campuran dari isotop. Dalam percobaannya dia mengukur massa beberapa atom dengan menggunakan spektrometer massa dan perbedaan muncul pada massa atom tersebut.

Baca juga perkembangan sistem priodik unsur
Isotop
Lambang
Z
A
Proton
Neutron
Elektron
Hidrogen 1
H
1
1
1
0
1
Hidrogen 2
H
1
2
1
1
1
Hidrogen 3
H
1
3
1
2
1
Karbon
C
6
12
6
6
6
Karbon
C
6
13
6
7
6
Karbon
C
6
14
6
8
6
Klorin
Cl
17
35
17
18
17
Klorin
Cl
17
37
17
20
17

Pengertian Isotop Isobar dan Isoton


Pengertian isobar
Isobar adalah atom-atom yang mempunyai nomor massa yang sama, tetapi mempunyai nomor atom yang berbeda.  yaitu atom unsur hidrogen dan atom unsur helium. Isobar dapat didefinisikan sebagai atom atom dengan jumlah proton dan neutron yang berbeda tetapi jumlah dari keduanya sama sehingga membentuk nomor massa yang sama.

Pengertian isoton
Isoton adalah unsur yang mempunyai nomor atom berbeda, tetapi memiliki jumlah neutron yang sama. contohnya seperti hidrogen dan helium yang memiliki 2 Neutron. Isoton dapat didefinisikan sebagai atom-atom yang memiliki jumlah proton berbeda tetapi memiliki jumlah neutron yang sama.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:44:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Isotop Isobar dan Isoton

0 komentar: