Saturday, February 20, 2016

Pengertian, Jenis dan Fungsi Otot

Pengertian, Jenis dan Fungsi Otot - Otot merupakan kumpulan berkas-berkas yang dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai dengan daging. Berkas otot terdiri atas serabut otot. Serabut otot sebenarnya adalah sel otot. Tulang tidak akan digerakkan tanpa adanya otot. Oleh karena itu, otot disebut juga sebagai alat gerak aktif, sedangkan tulang disebut dengan alat gerak pasif.

Jenis-Jenis Otot
Otot yang terdapat pada tubuh manusia dan hewan vertebrata dapat dibedakan menjadi tiga jenis menurut bentuk dan strukturnya, yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung.

pengertian otot  cara kerja otot  sistem otot  fungsi otot  sendi  otot lurik  otot polos  macam


1. Otot Polos
Bentuk otot polos seperti gelondong, kedua ujungnya meruncing dan bagian tengahnya menggelembung. Setiap sel otot polos memiliki satu inti sel yang terletak di tengah. Otot polos membentuk lapisan pada alat-alat dalam tubuh. Misalnya dinding usus, pembuluh darah, saluran kelamin dan dinding rahim. baca juga Macam-macam Sendi dan Contohnya

Oleh karena itu, otot polos disebut juga sebagai otot alat-alat dalam. Cara kerja otot polos tidak menurut perintah otak, tetapi terjadi diluar kesadaran otak. Itulah sebabnya otot polos disebut juga sebagai otot tak sadar atau otonom.

2. Otot Lurik
Otot lurik berbentuk silindris, panjang dan mempunyai banyak inti. Apabila diamati dengan mikroskop, otot lurik menunjukkan bagian yang gelap dan terang silih berganti sehingga menimbulkan kesan lurik. 

Pada umumnya otot lurik melekat pada rangka. Itulah sebabnya otot lurik disebut dengan otot rangka. Cara kerja otot lurik di bawah kesadaran kita atau menurut perintah otak. Sehingga disebut juga dengan otot sadar.

3. Otot Jantung
Otot jantung ialah otot penyusun dinding jantung. Otot ini memiliki ciri-ciri dan sifat kerja yang merupakan peralihan dari otot polos menjadi otot lurik. Menurut strukturnya yang otot jantung memiliki daerah gelap dan terang seperti otot lurik yang memiliki banyak inti yang terletak di bagian tengah. Akan tetapi cara bekerjanya di luar kesadaran atau otonom, cepat dan tahan lama.

Cara Kerja Otot
Semua Gerakan tubuh manusia dan hewan vertebrata terjadi karena kerja otot. Otot bekerja dengan cara berkontraksi. Tanda-tanda otot sedang berkontraksi adalah memendek, mengeras dan bagian tengahnya menggembung. Sebaiknya, jika otot dalam keadaan istirahat atau relaksasi akan mengendur. Otot bekerja Apabila mendapat rangsangan dari saraf, baik saraf sadar maupun saraf tak sadar.  Kerja Otot mengalami gangguan jika saraf terganggu.

Untuk menggerakkan suatu bagian tubuh, diperlukan beberapa otot yang bekerja sama atau sinergis atau beberapa otot yang bekerjanya saling berlawanan atau antagonis. Contoh otot sinergis adalah otot pronator kuadrat dan otot peranan pronator bulat yang terdapat pada lengan bawah. Kedua otot pronator tersebut bekerja bersama-sama dalam menggerakan telapak tangan, mengenadah atau menelungkup. Contoh otot sinergis lainnya adalah otot otot antar tulang rusuk yang bekerja bersama-sama pada waktu menarik napas.

Contoh otot antagonis adalah otot trisep atau otot bisep yang terdapat pada lengan atas. Untuk mengangkat tangan lengan bawah ke atas, otot bisep kontraksi berkontraksi dan otot trisep relaksasi. Sebaliknya, untuk menggerakan lengan bawah agar lurus seperti semula otot trisep berkontraksi dan otot otot bisep relaksasi. Jadi, otot bisep dan otot trisep merupakan pasangan otot antagonis. Dalam hal ini otot bisep sebagainya membengkokkan dan otot trisep sebagai meluruskan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:43:00 AM
Tags :

Related : Pengertian, Jenis dan Fungsi Otot