Monday, February 1, 2016

Pengertian Kromosom dan Pembelahan Sel

Pengertian Kromosom dan Pembelahan Sel - Kromosom merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yg terdiri dari satu molekul DNA. Kromosom mengandung bahan genetik yang menentukan sifat-sifat yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pertumbuhan dan perkembangan organisme hasil reproduksi aseksual diawali dengan terbentuknya zigot. Bentuk zigot seluruh organisme sama. Contoh, zigot kucing tidak dapat dibedakan dengan zigot monyet. Tapi kenapa kucing dapat tumbuh dan berkembang menjadi kucing bukan menjadi monyet?

pembelahan sel, perbedaan mitosis dan meiosis, kromosom adalah, fungsi kromosom, pengertian kromosom, struktur kromosom,
Pengertian Kromosom dan Pembelahan Sel
Di dalam sel setiap organisme terdapat sejumlah kromosom. Kromosom mengandung bahan genetik yang menentukan sifat-sifat suatu organisme. Karena susunan genetik kucing berbeda dengan susunan genetik monyet, maka zigot kuncing tumbuh dan berkembang menjadi kucing. Baca juga: Pengertian Sel dan Struktur Sel

Setiap organisme memiliki dua set kromosom (diploid). Hanya gamet jantan dan betina memiliki satu set kromosom atau yang disebut dengan haploid. Walaupun setiap organisme memiliki dua set kromosom, jumlah total kromosom pada setiap organisme berbeda-beda.

No.
Organisme
Jumlah Kromosom
1
Manusia
46
2
Simpanse
48
3
Kuda
64
4
Anjing
78
5
Kucing
38
6
Monyet
40
7
Ayam
78
8
Katak
25
9
Ulat sutra
56
10
Lalat
12
11
Nyamuk
6
12
Pinus
24
13
Kubis
18
14
Kacang ercis
14
15
Kapas
52
16
Kentang
48
17
Gandum
42
18
Padi
24
19
Kacang merah
22
20
Ganggang Hijau
20

Kromosom manusia berjumlah 46 kromosom. Karena manusia berkembang biak secara seksual, maka  46 kromosom tersebut terdiri atas 23 kromosom yang berasal dari gamet jantan dan 23 berasal dari gamet betina.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pertumbuhan dan perkembangan organisme hasil reproduksi seksual dengan terbentuknya Zigot. Selanjutnya, Zigot akan membelah menjadi beribu-ribu bahkan berjuta-juta sel. Perkembangan zigot hingga sampai menjadi berjuta  karena sel tersebut terus membelah. 

Secara garis besar, pembelahan sel dapat terjadi melalui dua cara, yaitu pembelahan sel mitosis dan pembelahan sel meiosis.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis
Mitosis merupakan pembelahan sel menjadi dua sel baru dengan jumlah kromosom sel anak sama dengan jumlah kromosom sel induknya. jadi, bila sel induknya memiliki 16 kromosom, maka sel anak yang memiliki 16 kromosom. Pertumbuhan organisme dari kecil sampai menjadi besar disebabkan adanya pembelahan sel secara mitosis.

Meiosis merupakan pembelahan sel menjadi empat sel baru dengan 10 anak memiliki jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induknya. pembelahan meiosis terjadi ketika organisme membentuk sel kelamin

Contoh, manusia memiliki 46 kromosom, ketika manusia membentuk gamet maka jumlah kromosom sel gamet adalah setengah dari jumlah kromosom manusia. Jadi, gamet betina atau jantan manusia memiliki 23 kromosom.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:41:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Kromosom dan Pembelahan Sel

0 komentar: