Monday, February 8, 2016

Pengertian Kultur Jaringan Tumbuhan dan Contohnya

Pengertian Kultur Jaringan Tumbuhan dan Contohnya - kultur  adalah budidaya, jaringan adalah Sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Dengan demikian, pengertian Kultur jaringan adalah cara membudidayakan suatu jaringan makhluk hidup menjadi individu baru yang mempunyai sifat sama seperti induknya.
Pelaksanaan teknik kultur jaringan tumbuhan dilakukan berdasarkan teori sel. seperti dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann, yaitu sel tumbuhan mempunyai kemampuan totipotensi. Totipotensi adalah kemampuan setiap sel tumbuhan yang jika diletakkan dalam lingkungan yang sesuai akan tumbuh menjadi tumbuhan sempurna.

Pengertian Bioteknologi dan Contohnya

Kultur jaringan akan lebih besar keberhasilannya apabila menggunakan jaringan meristem. Jaringan meristem merupakan jaringan yang terdiri atas sel-sel yang selalu membelah, dindingnya tipis, belum mempunyai penebalan dari zat pektin, plasma nya penuh dan vakuola hanya kecil.

Teknik kultur jaringan sebenarnya sangat sederhana yaitu suatu sel atau irisan jaringan tanaman yang disebut eksplan diletakan dan dipelihara dalam meduim  telah padat atau cair yang telah bertisi nutrisi. Nutrisi dapat berupa larutan yang mengandung unsur makromolekul molekul asam amino vitamin hormon dan gula.

pengertian kultur jaringan, manfaat kultur jaringan, contoh kultur jaringan

Dengan pemberian nutrisi, sebagian sel pada permukaan irisan tersebut akan membentuk sesuatu gumpalan sel yang disebut dengan kalus. Kalus dapat dipisah-pisahkan, kemudian dapat dipindahkan ke dalam medium khusus sehingga tumbuh membentuk tanaman kecil yang berakar, berbatang dan berdaun. Dengan teknik kultur seperti ini hanya dari satu irisan kecil suatu jaringan tanaman dapat dihasilkan dalam jumlah besar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:45:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Kultur Jaringan Tumbuhan dan Contohnya

0 komentar: