Wednesday, February 17, 2016

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan - Pertumbuhan pada hewan tidak hanya terjadi di tempat tertentu seperti pada tumbuhan. semua jaringan dan organ pada tubuh hewan dapat mengalami proses tumbuh. Akan tetapi, tidak semua bagian tubuh memiliki kecepatan pertumbuhan yang sama. Bagian tubuh anggota gerak memiliki kecepatan pertumbuhan lebih besar dibandingkan dengan bagian kepala.

Pertumbuhan tubuh baik hewan maupun manusia Berjalan seiring dan ditunjang dengan pertumbuhan sistem kerangkanya. Bagian tulang yang mengalami pertumbuhan memanjang terjadi di daerah Cakra epifisis yang hanya berlangsung selama masa pertumbuhan. Akan tetapi, kerangka tubuh beberapa jenis ikan dan reptilia dapat terus-menerus mengalami pertumbuhan sepanjang hidupnya.

pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada hewan, pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan pada hewan kelas 8


Baca juga Klasifikasi Makhluk Hidup

Pada proses pertumbuhan beberapa jenis hewan, misalnya berbagai jenis serangga dan katak terjadi metamorfosis. Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan dari larva ke bentuk dewasa. Hewan serangga ada yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau tidak mengalami masa kepompong. contohnya belalang dan capung.

Adapun serangga yang mengalami metamorfosis sempurna contohnya, kupu-kupu, lalat dan tawon. Disamping itu ada jenis serangga yang dalam pertumbuhan dan perkembangan dari telur sampai dewasa tidak mengalami metamorfosis seperti kutu buku.

Peristiwa pembelahan sel pada makhluk hidup mempunyai beberapa fungsi, yaitu perkembangbiakan, pertumbuhan dan meregenerasi. Pembelahan sel untuk perkembangbiakan terjadi pada organisme bersel satu. Misalnya amoeba, paramecium dan euglena. Setiap kali sel pada organisme tersebut membelah akan dihasilkan dua sel baru yang merupakan organisme baru.

Pembelahan sel untuk proses pertumbuhan terjadi pada organisme yang berstruktur kompleks atau bersel banyak. Dengan bertambahnya jumlah sel, suatu makhluk hidup sedang melakukan proses pertumbuhan. Contohnya pada manusia, pada awalnya berasal dari satu sel yaitu zigot dan pada akhirnya jumlah sel pada tubuh manusia dewasa dan 6 X 10 13 sel. Proses pertumbuhan selain disebabkan oleh peningkatan jumlah sel, juga disebabkan oleh peningkatan ukuran sel.

Pembelahan sel untuk proses generasi berarti menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang atau rusak. Misalnya, lengan bintang laut ekor Kadal dan ekor cicak. Tumbuhnya kembali bagian tubuh hewan tersebut dapat menjadi melalui pembentukan sel baru. Terbentuknya sel baru melalui pembelahan mitosis. Contoh lain proses degenerasi terjadi pada waktu pemulihan atau penyembuhan luka pada tubuh kita. Sel-sel yang terdapat pada daerah luka akan membelah membentuk sel-sel baru sehingga luka bisa tertutup.

Pembelahan sel pada bagian tubuh makhluk hidup baik untuk pertumbuhan maupun untuk proses perkembangbiakan selalu melibatkan kromosom. Kromosom adalah materi berbentuk benang yang terdapat dalam inti sel. Sifat induk dari suatu individu dibawa oleh gen yang terdapat dalam kromosom. baca juga Pengertian kromosom dan pembelahan sel

Kromosom menebal dan membentuk duplikatnya Apabila sel akan membelah. Pada waktu sel tidak sedang dalam proses pembelahan, kromosom akan menipis kromosom. Dalam pengamatan di laboratorium hanya tampak apabila diberi zat pewarna.

Mitosis
Pembelahan sel yang menghasilkan sel-sel anak dengan sifat seperti sel induknya dinamakan pembelahan mitosis. Pembelahan mitosis menghasilkan dua sel anak dengan inti yang mengandung jumlah kromosom sama dengan induknya. Sel yang demikian dinamakan diploid. Jadi, dalam peristiwa mitosis tidak terjadi pengurangan jumlah kromosom. Proses pembelahan mitosis ini terjadi pada pembelahan sel-sel tubuh untuk menambah jumlah sel tetapi tidak terjadi pada sel kelamin atau sel gamet.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:12:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

0 komentar:

Post a Comment