Wednesday, February 10, 2016

Pengertian Sel, Struktur Sel dan Gambarnya

Pengertian Sel, Struktur Sel dan Gambarnya - Sel merupakan satuan unit kehidupan terkecil dari makhluk hidup. Satuan terkecil itu meliputi satuan struktural dan fungsional. Makhluk hidup yang tersusun oleh satu sel disebut makhluk hidup uniseluler. Yang termasuk makhluk hidup bersel satu antara lain bakteri, amoeba, paramecium, euglena dan ganggang hijau biru.

Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Prokariotik yaitu sel yang tidak memiliki membran inti. Contohnya sel bakteri dan Alga biru. Eukariotik adalah sel yang memiliki membran pelindung dan material inti.

Setiap sel tersusun atas membran sel, protoplasma dan inti sel. protoplasma merupakan cairan sel yang di dalamnya terlarut berbagai bahan organik dan anorganik. Pada protoplasma terdapat organel-organel dan inti sel.
1. Membran sel
Membran sel atau membran plasma merupakan batas antara bagian luar dan bagian dalam, berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya zat dan pelindung sitoplasma.

2. Protoplasma
Protoplasma dibedakan atas nukleoplasma dan sitoplasma. Nukleoplasma adalah cairan yang ada pada inti sel, sedangkan sitoplasma berada diantara membran sel dan membran inti. kKomponen sitoplasma terbesar adalah air yang bahan-bahan terlarut seperti karbohidrat, protein, lemak dan garam-garam mineral.

3. Inti Sel atau Nukleus
Inti sel umumnya terletak di tengah-tengah sel, berbentuk oval dan bulat. Fungsinya sebagai pengatur seluruh kegiatan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom yang berperan dalam menentukan sifat keturunan atau hereditas.

struktur sel dan fungsinya,  struktur sel hewan dan sel tumbuhan,  struktur sel manusia  struktur sel tumbuhan  struktur sel tumbuhan dan fungsinya  struktur sel hewan dan fungsinya,  struktur sel hewan,  struktur sel prokariotik,


Untuk melangsungkan proses proses kehidupan, Sel memiliki organel-organel sel yang berada pada sitoplasma dan masing-masing menjalankan fungsi yang berbeda-beda. Organel-organel selsebagai berikut:

a. Mitokondria berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel yaitu untuk menghasilkan energi.
b. Retikulum endoplasma merupakan sistem membran sel yang menghubungkan membran inti dengan membran sel. Berfungsi untuk menyusun dan mengeluarkan atau menyalurkan zat-zat ke bagian-bagian sel endoplasma.
c. Ribosom berfungsi sebagai tempat pembentukan protein.
d. Plastida tidak merupakan organel yang mengandung pigmen warna tertentu, Biasanya hanya terdapat pada sel tumbuhan. plastida yang memiliki zat warna hijau dan klorofil disebut dengan kloroplas, fungsinya untuk fotosintesis.
e. Vakuola pada sel tumbuhan ukurannya besar. Fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan. Pada protozoa terdapat vakuola makanan untuk mencerna makanan dan vakuola kontraktil untuk mengatur konsentrasi cairan dalam sel.
f. Badan golgi berfungsi untuk alat sekresi protein pada lendir. Pada tumbuhan Organel ini disebut dengan diktiosom.
g. Lisosom berfungsi untuk mencerna bagian sel yang rusak atau zat-zat asing yang masuk dalam sel karena Organel ini berisi enzim pencernaan.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Antara sel hewan dan sel tumbuhan terdapat beberapa perbedaan sebagai berikut:

a. Sel tumbuhan terlindung oleh dinding sel yang kuat. Sedangkan pada sel hewan tidak ditemukan dinding sel.
b. Pada sel tumbuhan terdapat kloroplas. Sedangkan pada sel hewan tidak terdapat kloroplas.
c. Vakuola pada sel tumbuhan besar. Sedangkan pada sel hewan kecil.
d. Pada sel hewan terdapat sentriol sedangkan pada sel tumbuhan tidak terdapat sentriol.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:52:00 PM
Tags :

Related : Pengertian Sel, Struktur Sel dan Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment