Langsung ke konten utama

Pengertian Sistem Saraf Manusia

Pengertian Sistem Saraf Manusia - Tahukah kenapa kita dapat mencium bau makanan? Mengapa mata kita berkedip ketika terkena debu? Hal-hal ini dapat terjadi karena di dalam tubuh kita terdapat sebuah sel sistem yang mengatur dan mengendalikan organ tubuh. Sistem ini disebut sistem koordinasi.

Sistem koordinasi kita terdiri atas sistem saraf, Indra dan hormon. sistem saraf memiliki tiga fungsi utama yaitu:
Fungsi Sistem Saraf
a. Menerima informasi dalam bentuk rangsangan yang berupa perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan kita melalui alat penerima atau reseptor yang terdapat pada alat indra. 
b. Memproses informasi yang diterima dan 
c. Memberi tanggapan atau reaksi terhadap rangsangan.


Kita ambil satu contoh. misalnya, kita sedang berada di dapur dan melihat Ibu sedang memasak. Bau sedap yang dikeluarkan makanan merupakan rangsangan yang diterima oleh reseptor yang terdapat di alat indra kita (hidung). 

Rangsangan itu dipindahkan dari reseptor ke sel saraf. kemudian sel saraf membawa rangsangan tersebut menuju sistem saraf pusat yaitu otak. Rangsangan tersebut diproses menjadi sebuah rangsangan respon sehingga kita dapat menentukan bau Makanan apa yang kita rasakan.

Rangsangan dapat dibedakan berdasarkan jenisnya yaitu rangsangan mekanis, kimiawi dan fisis.  Contoh rangsangan mekanis adalah sentuhan dan tekanan. Contoh rangsangan kimiawi adalah rasa manis, asin, pahit, asam dan bau. Contoh rangsangan fisis adalah cahaya dan gravitasi.

Menurut asalnya, rangsangan dibedakan menjadi dua. Yaitu rangsangan dari luar tubuh. misalnya, suara, cahaya, bau, panas, tekanan. Dan rangsangan dari dalam tubuh bisanya lapar haus dan nyeri.

Pengertian Sel Saraf
Unit terkecil penyusun sistem saraf adalah sel saraf atau neuron. Satu neuron terdiri atas badan sel, saraf dendrit dan akson. lihat gambar dibawah ini:

Pengertian sistem saraf pada manusia, fungsi sistem saraf, struktur saraf, sel saraf, sistem saraf pada manusia  sistem saraf pdf  makalah sistem saraf  sistem saraf ppt,  sistem saraf manusia,  pengertian sistem saraf  sistem saraf pusat


Badan sel saraf mengandung inti sel dan sitoplasma. Dendrit merupakan serabut-serabut pendek yang berupa tonjolan sitoplasma yang bercabang dari badan sel saraf. Pada umumnya neuron memiliki lebih dari satu dendrit yang bercabang-cabang seperti akar dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Dendrit berfungsi untuk menerima rangsangan implus yang datang dari ujung akson neuron lain, kemudian infus dibawa menuju ke badan sel saraf.

Akson merupakan serabut yang panjang dan umumnya tidak bercabang. Akson berfungsi untuk meneruskan impuls dari badan sel saraf menuju neuron lain. Akson mengandung benang-benang halus yang disebut neurofibil. 

Neurofibil dibungkus oleh selaput berwarna putih kekuningan yang disebut selubung mielin tersusun atas rangkaian sel Schwann dan berfungsi untuk mempercepat jalannya impuls. sel Schwann membentuk jaringan yang berfungsi untuk menyediakan nutrisi bagi akson membantu regenrasi Akson.

Pada pertemuan antara selubung meilin yang satu dengan lainnya terdapat bagian akson yang tidak terselubungi. Bagian ini disebut nodus ranvier yang berfungsi mempercepat pengiriman infus saraf.

Rangsangan yang dibawa oleh neuron disebut inpuls. Inpuls berjalan sepanjang neuron dalam satu arah. Dendrit membawa impuls menuju badan sel saraf.  Akson membawa impuls menjauhi badan sel saraf akson dari suatu neuron dapat terhubung dengan dendrit dari neuron yang lain. hubungan antara akson dari suatu neuron dengan dendrit dari neuron yang lain disebut sinapsis.

sel saraf dan fungsinya  bagian-bagian sel saraf  sel saraf pada manusia  fungsi akson  fungsi sel saraf  macam macam sel saraf  sel saraf neuron  sel saraf penghubung


Suatu zat kimia yang disebut neorotransmiter dilepaskan oleh akson Galileo bahan utama ke dalam celah sinapsis dan dibawa untuk menyebrangi telah sinopsis menuju ke dendrit neuron berikutnya. Demikianlah terjadi hantaran impuls dari satu neuron ke neuron lain di dalam tubuh kita sampai mencapai tempat tujuan. contoh zat adalah asetilkolin, transmitter, noradrenalin dan seratonin.

Fungsi Sel Saraf
Berdasarkan fungsinya, sel saraf mempunyai fungsi sebagai berikut:
Di dalam tubuh kita Terdapat 4 macam sel saraf, yaitu sel saraf sensori, sel saraf motor dan sel saraf penghubung atau konektor dan sel saraf adjustor.

Baca juga: Pengertian Sel Darah Merah

a. Sel saraf sensori merupakan neuron yang berfungsi menghantarkan rangsangan dari reseptor ke saraf pusat. 
b. Sel saraf motor dan fungsi berfungsi untuk menghantarkan rangsangan dari saraf pusat ke efektor.
c. Sel saraf penghubung neuron konektor merupakan penghubung antar neuron yang satu dengan yang lainnya.
d. Sel saraf adjustor merupakan neuron yang menghubungkan neuron sensori dan neuron motor di sumsum tulang belakang.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…