Monday, February 29, 2016

Pengertian Struktur Batang Tumbuhan dan Fungsinya

Pengertian Struktur Batang Tumbuhan dan Fungsinya - Batang adalah bagian utama yang tumbuh yang ada di atas tanah dan mendukung bagian-bagian lain dari tumbuhan, yaitu daun, bunga dan buah. Oleh karena itu batang memiliki struktur batang yang lebih kompleks dari pada akar. 

Pada batang terdapat ruas dan antar ruas. Pada luas akan muncul bunga dan Tunas daun. letak cabang-cabang pada batang berfungsi untuk menempatkan daun-daun posisi yang memungkinkan bangun mendapatkan cahaya matahari untuk bisa beroperasi fotosintesis.

pengertian struktur batang, fungsi batang,
Batang Pohon Bambu

Secara umum, bentuk penampakan melintang batang dibedakan menjadi tiga yaitu bulat, persegi dan pipih.
a. Batang tumbuhan yang berbentuk bulat contohnya pada tumbuhan bambu dan kelapa.
b. Batang berbentuk segi empat contohnya pada tumbuhan iler dan markisa.
c. Batang yang bersegi tiga contohnya pada tumbuhan rumput teki.
d. Batang berbentuk pipih contohnya pada tumbuhan kaktus.

baca juga Bagian-bagian Akar dan Fungsinya
Fungsi batang
Sebagai bagian utama, batang berfungsi untuk mendukung bagian-bagian tumbuhan yaitu bunga, buah dan daun. Selain itu fungsi batang adalah sebagai jalur transportasi air dan zat makanan hasil fotosintesis.

Sifat batang
Batang tumbuhan bersifat autotrof, yaitu memiliki arah pertumbuhan ke atas atau menuju cahaya. Pertumbuhan batang umumnya tidak terbatas, batang tumbuhan monokotil memiliki ruas-ruas yang jelas, sedangkan ruas-ruas batang dikotil tidak terlihat dan jelas. Masing-masing ruas pada batang dibatasi oleh buku, dan pada buku terdapat daun.

Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki batang yang tampak jelas, dapat dibedakan dengan beberapa bagian. Contohnya batang pohon kelapa. Akan tetapi, jenis tumbuhan lain memiliki batang tertutup oleh pelepah daunnya, sehingga tidak tampak lebih jelas. Contohnya adalah batang tanaman jagung.

Tumbuhan gymnospermae atau tumbuhan berbiji terbuka, hanya terdiri atas tumbuhan berkayu. Tumbuhan angiospermae atau tumbuhan berbiji tertutup terdiri atas tumbuhan yang mempunyai batang basah, batang rumput dan batang mendong serta batang berkayu.

a. Batang basah adalah batang yang lemah serta berair. Contohnya adalah batang pada tumbuhan bayam dan krokot.
b. Batang rumput adalah batang yang tidak keras dan tampak beruas-ruas. Seringkali bagian dalam batang berongga. Misalnya padi.
c. Batang Mendong mempunyai batang seperti rumput, tetapi luasnya lebih panjang, misalnya batang pada tumbuhan mendong dan wlingi.
d. Batang berkayu adalah batang yang berkayu keras dan sangat kuat, baik berupa pohon maupun semua batang berkayu berupa pohon. Contohnya tumbuhan jati, batang kayu berupa semak contohnya adalah Sidoguri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:16:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Struktur Batang Tumbuhan dan Fungsinya

0 komentar:

Post a Comment