Wednesday, February 3, 2016

Perkembangan Sistem Periodik Unsur

Perkembangan Sistem Periodik Unsur - Sistem dengan kemajuan ilmu pengetahuan, sistem periodik unsur mengalami perkembangan. Banyak ahli menyusun sistem periodik unsur. Namun, hanya ada tiga sistem periodik unsur yang terkenal sistem periodik unsur itu adalah:

1. Sistem Periodik Unsur Dobereiner
Pada tahun 1829, Dobereiner mencoba menyusun penggolongan unsur berdasarkan kenaikan massa atom. Hal itu dilakukan karena Dobereiner yakin bahwa ada hubungan antara massa atom dan sifatnya. Menurut Dalton, massa atom merupakan sifat unsur yang membedakan dengan unsur lain. baca juga Model Atom Thomson Roti Kismis

Untuk itu, dia menyusun kelompok unsur-unsur yang sifatnya mirip. Berdasarkan kenaikan massa tiap kelompok yang disusun itu terdiri atas tiga unsur. Oleh karena itu Susunan atom yang disusun oleh Dobereiner disebut dengan prinsip hukum triade adalah jika 3 atom yang memiliki sifat mirip disusun berdasarkan kenaikan massa atom, maka unsur yang kedua selalu mendekati rata-rata massa atom yang pertama dan ketiga.

2. Sistem Periodik Unsur John Newlands
Setelah hukum triade dipublikasikan, John Newlands mencoba mencari hubungan antara sifat unsur dan nomor massa dengan cara yang lain. Untuk itu, dia mendapatkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan nomor massanya. Ternyata unsur yang berselisih 8 memiliki sifat yang mirip. Oleh karena itu, deret itu dinamakan hukum Oktaf
H
Li
Be
B
C
N
O
1
2
3
4
5
6
7
F
Na
Mg
Al
Si
P
S
8
9
10
11
12
13
14
Cl
K
Ca
Cr
Ti
Mn
Fe
15
16
17
18
19
20
21

Pada waktu hukum oktaf ditemukan, gas mulia belum ditemukan. Dalam perkembangan selanjutnya diketahui hukum Oktaf tidak berlaku untuk semua unsur. Hukum Oktaf hanya berlaku untuk unsur bermasak rendah.

3. Sistem Periodik Mendeleev
Pada tahun 1867, Mendeleev dan lothar Meyer bekerja secara terpisah menyusun tabel periodik dari 63 unsur yang sudah dikenal saat itu. Mendeleev menyusun tabel periodik unsur berdasarkan nomor massa dan sifat-sifatnya.

perkembangan sistem periodik unsur menurut newlands perkembangan sistem periodik unsur (spu) perkembangan sistem periodik unsur menurut hukum oktaf newlands perkembangan sistem periodik unsur secara singkat
Unsur yang mempunyai sifat mirip ditempatkan dalam suatu alat yang disebut dengan golongan. Adapun Meyer menyusun kabel tabel periodik unsur berdasarkan massa jenis. Walaupun tujuannya berbeda, hasil dari keduanya tidak jauh berbeda.

Karena unsur-unsur yang mirip harus ditempatkan dalam satu golongan, tabel periodik Mendeleev banyak meninggalkan tempat kosong. tempat kosong itu akan diisi oleh unsur-unsur yang belum ditemukan pada saat itu. Unsur yang akan ditemukan itu telah diramalkan sifat-sifatnya oleh Mendeleev.

Ketika banyak unsur baru ditemukan dan sifatnya sangat mirip dengan sifat yang diramalkan oleh Mendeleyev. Hal itu menyebabkan dia terkenal. Pembuatan tabel yang menempatkan unsur-unsur dalam kolom dan baris dan mempunyai pengulangan sifat secara periodik disebut tabel periodik unsur atau sistem periodik unsur.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:27:00 AM
Tags :

Related : Perkembangan Sistem Periodik Unsur

0 komentar: