Friday, February 19, 2016

Rangka Manusia Beserta Fungsinya

Rangka Manusia Beserta Fungsinya - Rangka manusia terletak di dalam tubuh rangka itu tidak terlihat dari luar terselubung oleh kulit dan otot. Oleh karena itu, rangka tubuh manusia termasuk rangka dalam rangka manusia terdiri atas tulang-tulang yang saling berhubungan melalui sendi dengan jumlah kurang lebih 200 buah. 

Jumlah tulang bayi berbeda dengan jumlah tulang dewasa. Hal itu karena beberapa tulang akan menjadi satu seiring Pertumbuhan tubuh manusia. Rangka manusia tersusun atas berbagai macam tulang. Masing-masing dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk, jaringan penyusun dan berdasarkan letaknya. baca juga bagian-bagian mata dan fungsinya

1. Berdasarkan Bentuk
Berdasarkan bentuknya, ada tiga macam kelompok tulang, yaitu tulang pendek, tulang panjang dan tulang pipa. 

a. Tulang pendek berbentuk bulat pendek dan berisi sumsum merah. Contoh: ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki dan ruas-ruas tulang jari.

b. Tulang pipih berbentuk pipih, bagian dalamnya berongga-rongga seperti spon dan berisi sumsum merah. Sumsum merah berfungsi membentuk sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih. Contoh: tulang rusuk, tulang dada, tulang belikat dan tulang pelipis.

c. Tulang pipa berbentuk panjang dan bulat seperti pipa. Contoh: tulang lengan atas tulang hasta dan tulang paha.

2. Berdasarkan Jaringan Penyusun
Berdasarkan jaringan penyusunnya, tulang dapat dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras. 
a. Tulang rawan bersifat liat dan lentur karena zat zat antar sel tulang banyak mengandung zat perekat yang dan mengandung zat kapur. Zat perekat tulang adalah sejenis protein yang disebut dengan kolagen. Zat ini sangat berperan dalam proses penyambungan tulang. Apabila terjadi tulang retak atau patah. 

Contoh :telinga, hidung, dan ujung-ujung tulang keras, tempat Sambungan antar tulang.

b. Tulang keras bersifat keras dan kaku karena sebagian besar tersusun dari fosfor dan zat kapur. Semakin tua umur seseorang makin tinggi kadar kapur dalam tulang. Ya itulah penyebab tulang menjadi makin keras, tidak lentur dan mudah patah.
3. Berdasarkan Letaknya
Rangka tubuh manusia terdiri atas tulang-tulang yang saling berhubungan. Berdasarkan letaknya, tulang penyusun rangka manusia dapat dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang badan dan tulang gerak.

a. Tulang Tengkorak
Tulang penyusun tengkorak terdiri atas tulang pipih yang saling bersambungan. Pada Sambungan antar tulang tengkorak bayi yang baru lahir terdapat celah yang lebar disebut dengan fontanella. Tulang tengkorak berfungsi sebagai pelindung organ tubuh yang lunak dan penting. Contohnya untuk melindungi mata dan otak. Selain itu tulang tengkorak juga menentukan bentuk wajah.

rangka manusia dan fungsinya ppt rangka manusia dan fungsinya pdf rangka manusia dan fungsinya wikipedia rangka manusia dan fungsinya kelas 4 sd kerangka manusia dan fungsinya download rangka tubuh manusia dan fungsinya sistem rangka manusia dan fungsinya artikel rangka manusia dan jasa yang mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya

b. Tulang Badan
Tulang-tulang penyusun rangka badan menentukan bentuk badan dan berfungsi melindungi Alat tubuh yang penting. Contohnya seperti paru-paru dan jantung. Rangka badan terdiri atas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, gelang bahu serta gelang panggul.

1) Tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang berukuran pendek yang berhubungan dari tulang leher sampai tulang ekor.
2) Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang tulang. Tulang rusuk dibedakan menjadi rusuk sejati berjumlah tujuh pasang, rusuk palsu berjumlah 3 pasang dan rusuk melayang berjumlah 2 pasang.
3) Gelang bahu terdiri atas 2 buah tulang, yaitu tulang belikat dengan paruh gagak dan tulang kerangka yang menghubungkan gelang bahu dengan tulang dada.
4) Gelang panggul terdiri atas tiga macam tulang yang bergabung menjadi satu yaitu sepasang tulang duduk, sepasang tulang usus dan sepasang tulang kemaluan.

c. Tulang Anggota Gerak
Anggota gerak kita terdiri atas dua lengan dan dua kaki. Lengan disebut dengan anggota gerak atas dan kaki disebut dengan anggota gerak bawah. Tulang lengan atas berhubungan dengan gelang bahu pada ujung atasnya dan berhubungan dengan lengan bawah pada ujung lainnya.

Tulang lengan bawah terdiri atas ruang pengumpil dan tulang hasta. Ke dua macam tulang tersebut berhubungan dengan tulang tulang pergelangan tangan.

Tungkai bagian atas berupa tulang paha yang berhubungan dengan gelang panggul. Ujung bawah tulang paha berhubungan dengan tungkai bawah yang tersusun atas tulang kering dan tulang betis. Diantara kedua tulang tersebut dan tulang paha terdapat Tulang tempurung lutut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:23:00 AM
Tags :

Related : Rangka Manusia Beserta Fungsinya

0 komentar:

Post a Comment