Monday, February 22, 2016

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Peredaran Darah Manusia - Darah beredar di dalam tubuh dengan bantuan alat peredaran darah yang terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung merupakan alat utama pada sistem peredaran darah manusia yang berfungsi sebagai pemompa darah. Pembuluh  darah merupakan saluran yang dilalui oleh darah.

Getah bening adalah cairan yang memiliki susunan seperti plasma darah dengan kadar protein rendah. Getah bening berasal dari plasma darah yang terdapat di sel-sel dan jaringan-jaringan Getah bening itu dikumpulkan kembali dan masuk ke cabang-cabang halus membuluh limpa. Keseluruhan proses peredaran darah dan Peredaran limfa merupakan sistem sirkulasi atau transportasi.

baca juga : Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Fungsinya

Pada kondisi normal tensi darah dalam tubuh lebih kurang 8% berat badan. Hal itu berarti pada orang dewasa rata-rata terdapat lebih kurang 5 liter darah. Komposisi darah terdiri atas dua komponen utama yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah merupakan bagian yang cair yang terdiri atas serum dan fibrinogen. Sel darah merupakan bagian yang padat, terdiri atas sel darah merah, sel darah putih dan keping keping darah.

sistem peredaran darah manusia

Plasma darah merupakan saluran yang berwarna kuning jernih, karena darah mengandung 90% air dan larutan bermacam-macam zat sejumlah 7% sampai 10%. Zat-zat yang terkandung di dalam plasma darah antaralain, sari makanan, hormon, enzim, mineral, antibodi dan zat-zat sisa.

Sari-sari makanan tersebut diserap dari usus halus. Mineral-mineral di dalam plasma darah terdapat dalam bentuk garam mineral. Fungsi garam mineral dalam mengatur tekanan osmotik dan PH darah. Protein yang terdapat dalam darah terdiri atas albumin, globulin dan fibrinogen. Albumin berperan dalam pengaturan tekanan darah. globulin biasanya dikenal sebagai imunoglobulin untuk melawan bibit penyakit. Fibrinogen adalah protein darah yang berfungsi membentuk benang-benang fibrin.

Benang-benang fibrin berperan penting dalam proses pembekuan darah saat tubuh terluka. Apabila larutan protein dalam plasma darah dilakukan dengan alat pemutar, maka akan tertinggal cairan berwarna kuning bening yang disebut dengan serum.

Serum mengandung antibodi yang dapat melawan zat-zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Zat yang masuk ke dalam tubuh disebut dengan antigen. Antibodi yang dapat menggumpalkan antigen disebut dengan presifitin; yang dapat menguraikan antigen disebut dengan lisin; yang dapat menawarkan racun tersebut dengan antitoksin.

Terimakasih anda sudah membaca artikel sistem peradaran darah manusia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:17:00 PM
Tags :

Related : Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

0 komentar: