Sunday, February 28, 2016

Struktur Akar Primer dan Sekunder

Struktur Akar Primer dan Sekunder - Seiring dengan pertumbuhan akar struktur akar pada tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan dikotil dapat dibedakan menjadi struktur primer dan struktur sekunder. Struktur primer dijumpai pada awal pertumbuhan, sedangkan struktur sekunder terjadi pada akar yang sudah mengalami pertumbuhan sebagai akibat dari Aktivitas kambium.

Pada kesempatan ini kami akan share sedikit tentang pengertian struktur akar primer dan sekunder. 

a. Struktur Primer
Pada kecambah yang masih muda terdapat akar primer atau yang disebut dengan radikula, hipokotil dan daun pertama. Selanjutnya, akan tumbuh rambut-rambut akar dan cabang-cabang akar. Lihat gambar dibawah ini:

Struktur Akar Primer dan Sekunder, arti akar primer  kata akar primer  maksud akar primer  akar primer artinya  contoh akar primer,  jaringan penyusun akar primer,  struktur primer,
Stuktur akar

Bagian-bagian akar primer dari luar ke dalam terdiri atas beberapa jaringan epidermis, korteks, endodermis dan silinder pusat.

1. Epidermis
Epidermis atau kulit luar merupakan lapisan akar paling luar yang tersusun dari selapis sel hidup berdinding tipis. Sel-sel nya berkutikula dan tidak berstoma. Sel-sel epidermis akan membentuk rambut akar yang berupa tonjolan tonjolan untuk memperluas bidang Penyerapan air dan garam mineral dari dalam tanah.

2. Korteks
Korteks atau kulit pertama tersusun dari jaringan Parenkim yang terdiri atas beberapa lapis sel. Sel-selnya yang berperan relatif besar berbentuk silinder memanjang dengan posisi sejajar sumbu akar dan memiliki banyak ruang antar sel. Ruang antar sel merupakan ruang udara untuk saluran pertukaran gas. 

Pada umumnya sel penyusun jaringan parenkim tidak berkloroplas kecuali pada beberapa jenis tumbuhan air dan tumbuhan epifit. Sel penyusun jaringan parenkim memungkinan untuk menyimpan cadangan makanan.

3. Endodermis
Endodermis terletak diantara korteks dan silinder pusat. Bagian itu tersusun dari sel-sel yang berfungsi sebagai pengatur masuknya air dan garam-garam mineral ke pembuluh kayu atau xilem. Xilem. Dalam dinding masing-masing sel endodermis terdapat pita kaspari. Pita kaspari itulah yang menyeleksi boleh tidaknya suatu mineral masuk ke pembuluh akar.

4. Silinder Pusat
Silinder pusat meliputi seluruh jaringan yang terletak di sebelah dalam endodermis. Terutama terdiri atas jaringan berkas pembuluh, pengangkut dan jaringan lain. Melalui proses pengangkutan air dan garam-garam mineral dari tanah menuju ke Batam berlangsung melalui berkas pembuluh kayu. Proses pengangkutan zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan berlangsung melalui berkas pembuluh tapis.

b. Struktur Sekunder
Akar dan batang tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan dikotil memiliki kambium. Kambium kayu merupakan jaringan meristem yang tersusun dari sel-sel aktif membelah. Jaringan itu terletak diantara xilem dan floem.

Pembelahan sel meristem kambium kearah luar membentuk floem dan kearah dalam membentuk xilem. Pembentukan floem dan xilem yang baru itu menyebabkan akar maupun batang tumbuh membesar. Pertumbuhan ini dinamakan dengan pertumbuhan sekunder.

Baca Juga : Pengertian Ekosistem dan Contohnya
Kambium mula-mula terbentuk dari jaringan parenkim di sebelah dalam floem. Bersamaan dengan hal itu, sel perisikel juga membelah. Pertumbuhan sekunder dari pembelahan kedua kelompok sel meristem tersebut membentuk kambium lengkap sehingga irisan melintang akar terlihat berbelok-belok. Kambium menjadi berbentuk seperti bintang dengan floem di bagian luar dan xilem di bagian dalam. Floem dan xilem yang pertama kali terbentuk dinamakan dengan floem dan xilem primer.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:52:00 AM
Tags :

Related : Struktur Akar Primer dan Sekunder

0 komentar: