Minggu, 06 Maret 2016

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

;
Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan penyakit pada tanaman dapat menyerang akar batang daun bunga dan buah. Hama adalah hewan yang aktivitas hidupnya merusak tanaman dan hasilnya nama tanaman dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Kelompok serangga, misalnya belalang, kutu daun dan ulat, menyerang daun tanaman Walangsangit menyerang biji terutama pada padi yang masih muda.
2. Kelompok mamalia, Contohnya seperti babi dan tikus menyerang umbi, tupai dan kelelawar menyerang buah.
3. Kelompok burung, Contohnya seperti burung pipit, burung gelatik yang menyerang biji terutama padi.

Baca Juga : Pengertian Fotosintesis Pada Tumbuhan

penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus, penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh bakteri, penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh hama
Tumbuhan Terserang Hama

Penyakit pada tanaman dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan bahkan mematikan tanaman. Penyakit adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh faktor lingkungan, mikro organisme, nematoda maupun cendawan. Adapun penyebab penyakit pada tanaman antara lain meliputi berikut:

1. Bakteri
Masuknya bakteri ke dalam tumbuhan dapat melalui lubang kecil atau melalui stomata. Dalam tumbuhan, bakteri merusak sel-sel yang dapat menyebar ke seluruh bagian tumbuhan tanda-tanda tumbuhan yang terserang oleh bakteri antara lain tumbuhannya bercak-bercak lubang pada buah atau daun. Pada tumbuhan mentimun, seranganan bakteri dapat menyebabkan layu yang mengakibatkan mati. Contoh bakteri lain yang menyebabkan penyakit pada tanaman adalah Pseudomonas Cattlayae, yaitu bakteri yang menyerang tanaman anggrek.
Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan ke dua adalah Virus. tanaman yang diserang oleh virus menunjukkan tanda berupa bercak berwarna kuning pada daunnya. Penyakit dengan jenis tersebut dikenal dengan  mosaik. Jenis penyakit yang menyebabkan penyakit tersebut antara lain potato mosaic virus yang menyerang tanaman kentang. Cucumber mosaik virus menyerang tanaman mentimun. dan tomato bushy strent virus yang menyerang tanaman tomat.

Selain menyerang daun, ada juga virus yang menyerang jaringan pengangkut pada tumbuhan virus CVPD adalah jenis virus yang menyerang Pembuluh tapis tanaman jeruk. Tanda-tandanya berupa daun menjadi kuning dan pertumbuhan kuncup semakin melambat. Stadium selanjutnya daun-daun gugur sehingga tanaman kurang produktif.

3. Jamur
Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh jamur dapat cepat menular ke tanaman lain karena spora jamur mudah disebarkan oleh angin. Beberapa macam jamur yang menyebabkan penyakit pada tanaman antara lain penyakit Pyricularia oryzae, Phytophtora infestans, Pythium debaryanum. 

Pyracularia oryzae  merupakan jamur yang menyerang ruas-ruas batang dan biji padi akibat Serangan jamur kimia produktivitas tanaman pada padi menjadi berkurang..

Phytophtora infestans Adalah jamur yang menyerang tanaman kentang. Daun tanaman kentang diserang menjadi rusak sehingga produktivitas tanaman akan menurun. 

Pythium debaryanum adalah jamur yang menyerang kecambah atau bibit tanaman sehingga menjadi busuk akar dan menyebabkan kecambah atau bibit tanaman mengubah dan kecambah kecambah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 14.25.00
Tags :

Related : Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan