Langsung ke konten utama

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan penyakit pada tanaman dapat menyerang akar batang daun bunga dan buah. Hama adalah hewan yang aktivitas hidupnya merusak tanaman dan hasilnya nama tanaman dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Kelompok serangga, misalnya belalang, kutu daun dan ulat, menyerang daun tanaman Walangsangit menyerang biji terutama pada padi yang masih muda.
2. Kelompok mamalia, Contohnya seperti babi dan tikus menyerang umbi, tupai dan kelelawar menyerang buah.
3. Kelompok burung, Contohnya seperti burung pipit, burung gelatik yang menyerang biji terutama padi.

Baca Juga : Pengertian Fotosintesis Pada Tumbuhan

penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus, penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh bakteri, penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh hama
Tumbuhan Terserang Hama

Penyakit pada tanaman dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan bahkan mematikan tanaman. Penyakit adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh faktor lingkungan, mikro organisme, nematoda maupun cendawan. Adapun penyebab penyakit pada tanaman antara lain meliputi berikut:

1. Bakteri
Masuknya bakteri ke dalam tumbuhan dapat melalui lubang kecil atau melalui stomata. Dalam tumbuhan, bakteri merusak sel-sel yang dapat menyebar ke seluruh bagian tumbuhan tanda-tanda tumbuhan yang terserang oleh bakteri antara lain tumbuhannya bercak-bercak lubang pada buah atau daun. Pada tumbuhan mentimun, seranganan bakteri dapat menyebabkan layu yang mengakibatkan mati. Contoh bakteri lain yang menyebabkan penyakit pada tanaman adalah Pseudomonas Cattlayae, yaitu bakteri yang menyerang tanaman anggrek.
Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan ke dua adalah Virus. tanaman yang diserang oleh virus menunjukkan tanda berupa bercak berwarna kuning pada daunnya. Penyakit dengan jenis tersebut dikenal dengan  mosaik. Jenis penyakit yang menyebabkan penyakit tersebut antara lain potato mosaic virus yang menyerang tanaman kentang. Cucumber mosaik virus menyerang tanaman mentimun. dan tomato bushy strent virus yang menyerang tanaman tomat.

Selain menyerang daun, ada juga virus yang menyerang jaringan pengangkut pada tumbuhan virus CVPD adalah jenis virus yang menyerang Pembuluh tapis tanaman jeruk. Tanda-tandanya berupa daun menjadi kuning dan pertumbuhan kuncup semakin melambat. Stadium selanjutnya daun-daun gugur sehingga tanaman kurang produktif.

3. Jamur
Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh jamur dapat cepat menular ke tanaman lain karena spora jamur mudah disebarkan oleh angin. Beberapa macam jamur yang menyebabkan penyakit pada tanaman antara lain penyakit Pyricularia oryzae, Phytophtora infestans, Pythium debaryanum. 

Pyracularia oryzae  merupakan jamur yang menyerang ruas-ruas batang dan biji padi akibat Serangan jamur kimia produktivitas tanaman pada padi menjadi berkurang..

Phytophtora infestans Adalah jamur yang menyerang tanaman kentang. Daun tanaman kentang diserang menjadi rusak sehingga produktivitas tanaman akan menurun. 

Pythium debaryanum adalah jamur yang menyerang kecambah atau bibit tanaman sehingga menjadi busuk akar dan menyebabkan kecambah atau bibit tanaman mengubah dan kecambah kecambah.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…