Tuesday, March 8, 2016

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Pengertian Fotosintesis Pada Tumbuhan - Apa itu Fotosintesis? Fotosintesis berasal dari kata fotos yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya pembentukan. 📌 "Fotosintesis merupakan proses pembentukan zat makanan dengan menggunakan cahaya". Proses penyusun makanan melalui fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh organisme autotrof karena memiliki klorofil yang berfungsi sebagai penangkap cahaya.

Proses fotosintesis dapat berlangsung apabila terdapat cahaya. Selain itu, proses fotosintesis memerlukan air dan mineral yang diserap dari tanah serta karbondioksida yang diambil dari udara.
Baca Juga : Reproduksi Vegetatif pada Tumbuhan dan Hewan

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan
Proses Fotosintesis
Proses fotosintesis pada tumbuhan berlangsung di daun karena daun merupakan bagian tumbuhan yang mengandung klorofil. Bagian lain tumbuhan yang tidak berklorofil tidak dapat melakukan fotosintesis, bagian itu hanya mendapatkan zat makanan dari daun melalui pembuluh floem. Zat makanan itu dialirkan keseluruh tubuh dalam bentuk zat gula dan disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk zat tepung.

Pembatas Fotosintesis
Dari definisi fotosintesis dapat diketahui bahwa proses fotosintesis membutuhkan cahaya, klorofil, karbon dioksida dan air. Berikut merupakan faktor yang menentukan berlangsungnya fotosintesis.

Klorofil
Klorofil merupakan zat warna hijau Daun Di dalam kloroplas. Klorofil banyak ditemukan di bagian tumbuhan yang berwarna hijau. Selain terdapat di Daun, klorofil juga terdapat pada batang, akar dan buah yang berwarna hijau. Bagian daun yang paling banyak mengandung klorofil adalah pada jaringan palisade.

Energi Cahaya
sumber energi utama dalam proses fotosintesis adalah cahaya matahari. Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik yaitu kumpulan berbagai cahaya spekrum.

Air
Air merupakan faktor utama dari proses fotosintesis. Kekurangan air akan mengakibatkan disintegrasi klorofil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gas oksigen hasil fotosintesis berasal dari air. Selain itu, air berfungsi sebagai pelarut unsur-unsur didalam tanah. Misalnya unsur Mn, Cu, Zn yang berperan membentukan klorofil.

Karbondioksida
Karbondioksida yang diperlukan untuk proses fotosintesis diambil dari udara. Karbondioksida berfungsi sebagai penyumbang unsur karbon. Unsur karbon tidak berasal dari dalam tanah, tetapi selalu diambil dari udara yang diserap melalui stomata.
Oleh karena itu, kadar karbondioksida di udara berpengaruh terhadap kecepatan fotosintesis tumbuhan hijau. namun kadar karbondioksida yang terlalu tinggi dapat mengganggu proses fotosintesis karena bersifat racun bagi tumbuhan. karbondioksida adalah gas yang dapat larut dalam air membentuk asam karbonat karbondioksida.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:18:00 PM
Tags :

Related : Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan