Thursday, March 3, 2016

Struktur Bunga dan Fungsinya Lengkap

Struktur Bunga dan Fungsinya Lengkap - Bungan merupakan organ yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan secara generatif. Berdasarkan struktur susunan bunganya, terdapat bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal adalah bunga yang dalam satu tangkai terdapat 1 Kuntum bunga, misalnya bunga sepatu dan bunga cokelat.

Bunga majemuk adalah bunga yang dalam satu tangkai terdapat banyak Kuntum bunga, Contohnya seperti bunga matahari dan bunga putri malu. Bunga yang lengkap memiliki tangkai bunga dasar, bunga hiasan bunga dan alat perkembangbiakan.

bagian bunga dan fungsinya lengkap, struktur bunga dan fungsinya lengkap, bagian bunga sepatu, bagian bunga sempurna dan tidak sempurna
Struktur Bunga

a. Tangkai bunga
Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang bersifat seperti batang untuk mendukung kedudukan bunga pada batang.
b. Dasar Bunga
Dasar bunga merupakan tempat kedudukan bagian-bagian bunga. Yaitu mahkota dan alat-alat perkembangbiakan bunga.
c. Perhiasan Bunga 
Perhiasan bunga merupakan bagian bunga yang berbentuk lingkaran, terdiri atas kelopak dan mahkota.
d. Alat alat perkembangbiakan bunga
Alat alat perkembangbiakan bunga terdiri atas alat kelamin jantan atau yang disebut dengan benang sari dan alat kelamin jantan atau putik.

Baca juga 📣 struktur daun dan fungsinya.

Kelopak dan mahkota bunga pada tumbuhan berbiji tertutup memiliki susunan bentuk, ukuran, msupun warna yang sangat bervariasi. Mahkota bunga memiliki bermacam-macam warna sesuai dengan zat warna (pigmen) yang terkandung didalamnya; antara lain merah, kuning, dan ungu.

Mahkota yang beraneka warna berfungsi untuk menarik perhatian serangga dan burung membantu penyerbukan. Selain itu, mahkota mahkota terdapat benang sari yang berfungsi melindungi dengan benang sari dan putik kelopak bunga berfungsi untuk melindungi bagian-bagian bunga saat masih kuncup.

Pada umumnya, kelopak bunga berwarna hijau karena mengandung klorofil. Beberapa bunga memiliki kelopak yang berwarna selain hijau, misalnya seperti kelopak bunga nusa indah. Helaian daun kelopak dan mahkota bunga yang tidak dapat dibedakan bentuk dan warna minyak disebut dengan tenda bunga contohnya adalah bunga kantil dan Cempaka.

Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang menghasilkan sel kelamin jantan atau serbuk sari. Benang sari terdiri atas tagkai sari dan kepala Sari. Tangkai sari mendukung kepala sari yang mempunyai 4 kantong serbuk sari. Lapisan sel dipermukaan dalam dinding kantong  disebut dengan tapelam, menyediakan zat makanan untuk pertumbuhan serbuk sari. Serbuk sari telah masak dikeluarkan dari kantong melalui stomium, lapisan pemisah kantong.

Baca juga : 📣 Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Serbuk sari dikelilingi oleh sebuah dinding selulosa tipis yang disebut dengan intin. pernyataan serbuk sari paling bunga yang disebut dengan ektrin, disusun oleh substansi gabungan kutin dan suberin.

Putik merupakan alat kelamin betina yang menghasilkan sel kelamin betina. Putik merupakan bagian bunga yang terletak paling tengah atau pada sumbu bunga. Putik terdiri atas bakal buah, tangkai putik dan kepala putik. Bakal putik terletak diatas dasar bunga. didalambakal buah terdapat bakal biji yang berisi sel telur.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:38:00 PM
Tags :

Related : Struktur Bunga dan Fungsinya Lengkap

0 komentar:

Post a Comment