Langsung ke konten utama

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya - Renang merupakan suatu jenis olah raga yang mengutamakan kecepatan atlet dalam berenang. Olah raga ini mempunya gaya bermacam-macam, macam macam gaya renang yang dilombakan adalah gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya dada.

Dalam postingan ini kita akan sama sama mengetahui teknik dari macam-macam gaya renang tersebut.

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya


1. Gaya Bebas
Gaya bebas atau gaya rimau dalam bahas inggris front crawl adalah gaya renang yang sering dilombakan, gaya bebas adalah ketika berenang dada berada di permukaan air. Gaya ini seperti hewan bunglon, buaya dan anjing yang sedang berenang di air.

Cara Renang Gaya Bebas
- Kedua tangan digerakan megayuh, sementara itu kedua kaki digerakan seperti menggunting di naik turun ke atas dan kebawah. Ketika kalian melakukan gaya bebas maka posisi wajah kalian berada di permukaan air.

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya 

- Pernapasan dilakukan ketika lengan digerakkan ke luar dari air, disaat badan menjadi miring & kepala berpaling ke samping. Tatkala mengambil napas, perenang dapat pilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Di Bandingkan gaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yg dapat membuat badan melaju lebih cepat di air. 

Berbeda dengan gaya dada, gaya punggung, & gaya kupu-kupu, FINA atau Federasi Renang Internasional tak mengatur teknik yg dipakai dalam lomba renang jenis gaya bebas. Perenang bisa berenang dgn gaya apa saja, kecuali gaya punggung, gaya dada, atau gaya kupu-kupu.

2. Gaya Dada
Gaya dada seperti gaya katak ketika berenang, Posisi dada ketika melakukan gaya ini menghadap ke permukaan air, berbeda dengan gaya bebas, batang badan selalu dalam kondisi tetap. Kedua kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Dua tangan di buka ke samping seperti gerakan membelah air supaya tubuh maju lebih cepat melaju. Gerakan badan meniru Pernapasan dilakukan disaat mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya

Gaya dada yakni gaya berenang paling terkenal untuk renang rekreasi. Posisi badan stabil & kepala akan berada di luar air jangka waktu yg lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas.

3. Gaya Punggung
Gaya renang yang ketiga adalah gaya punggung. Gaya punggung merupakan berenang dgn posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gaya ini hampir sama denga gaya bebas, namun punggung yang menghadap ke air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut beserta hidung berada diluar air, sehingga  memudahkan perenang mengambil atau membuang napas dengan mulut ataupun hidung.

Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya

Selama kalian menggunakan gaya ini, posisi wajah berada di atas air dan kalian hanya melihat keatas tanpa melihat ke depan. Selama berlomba, kalian harus memperkirakan dinding pinggir kolam dgn menghitung jumlah gerakan.

4. Gaya Kupu Kupu
Gaya yang terakhir dari macam macam gaya renang adalah gaya kupu kupu, gaya ini sering di perlombakan ketika olimpiade, gerakan yang seperti lumba lumba membuat gaya ini disebut juga gaya lumba-lumba. Teknik cara melakukan gaya kupu kupu adalah; 

Dada kalian harus menghadapa kebawah, Dua tangn dengan cara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, & digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan diatas permukaan air. Ketika tarikan tangan ke belakang, Tekanlah kedua kaki dengan cara bersamaan menekan ke bawah. Gerakan kaki & tangan ini dilakukan supaya mendorong tubuh bergerak ke depan, ke atas permukaan air utk mengambil nafas.

Mungkin sekian dari saya tentang macam macam gaya renang, silahkan kalian praktekan sendiri,,, berlatih dengan rutan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…