Saturday, July 9, 2016

Macam Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek

Macam Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek - Dalam olahraga atletis ada sebuah istilah start jongkok atau Crouching start. Start jongkok digunakan pada lari jarak pendek. Star jongkok terbagi menjadi 3 macam. Diantaranya ; Start pendek (bunch start), Start menengah (medium start), Start panjang (long start). Pada Kesempatan ini kita akan sama sama membahas, pengertian lari jarak pendek, pengertian start, teknik start, macam macam start jongkok dan teknik melakukan start jongkok.

Macam Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek


Pengertian Start
Start yaitu sebuah persiapan pertama seorang atlet lari untuk dapat malakukan aktivitas berlari. Untuk nomor lari jarak pendek start yg diperlukan yaitu start jongkok (crouch start) sedangkan untuk jarak menengah dan jarak jauh yamg dipakai adalah start berdiri (standing start).

Tujuan penting start dalam lari jarak pendek, lari estafet/sambung, dan lomba lari gawang yakni utk mengoptimalisasikan pola lari percepatan. Atlet lari harus dapat mengatasi kelembaman/inertia dgn mengaplikasikan daya maksimum pada start block secepat mungkin sesudah tembakan pistol start atau aba-aba dari starter dan bergerak menuju ke dalam suatu posisi optimum untuk step lari percepatan.

Pengertian Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek atau Sprint yaitu salah satu kategori lari yg dilombakan. Lari kategori ini dilakukan dgn kecepatan tinggi & menempuh jarak pendek ialah : lari jarak 100 meter,lari 200 meter,lari 400 meter, & lari estafet atau lari sambung. Pelari jarak pendek (sprinter) memakai segala kemampuannya supaya bisa secepatnya sampai garis finish.

Teknik atau Cara Melakukan Start Jongkok
a. Letakanlah lutut kaki belakang pada ujung kaki depan dgn jarak satu kepal tangan.
b. Luruskan kedua tangan sejajar dengan bahu, dan letakan telapak tangan (jari-jari) dibelakang garis start dgn telapak tangan membentuk "V" terbalik.
c. Fokuskan dan luruskan mata kalian pada lintasan
d. Berat tubuh berada dikedua tangan. Pada aba-aba "Siap", pindahkanlah berat tubuh kedepan. Pada Aba-aba "ya" atau bunyi pistol, larilah secepat mungkin.

Cara Finish
Ada 3 macam cara untuk masuk finish, yaitu:
Berlari terus tanpa mengurangi kecepatan sedikitpun.
Ketika menyentuh pita, dada harus dicondongkan ke arah depan dan ayunan tangan ke belakang.
Ketika menyentuh pita, dada agak diputar dengan ayunan tangan ke depan.

Mungkin itu dari saya mengenai macam macam start jongkok pada lari jarak pendek. Semoga dapat membantu. Jika ada yang kurang, mohon berkenan untuk menambahkannya pada kotak komentar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:03:00 AM
Tags :

Related : Macam Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek

0 komentar: