Saturday, July 9, 2016

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya - Lari sambung atau lari estafet merupakan suatu olahraga lomba lari pada perlombaan atletik yang dilakukan secara bergantian atau beranting. Pada satu Tim lari estafet terdapat empat pelari, diantaranya adalah pelari pertama, pelari kedua, pelari ketiga, dan pelari keempat. Pada nomor lari estafet ada kekhususan yang tidak mungkin dijumpai pada nomor pelari yang lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari dengan cepat dari pelari sebelumnya kepada pelari berikutnya.

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya
Sumber gambar : Pikiran Rakyat

Nomor lari estafet yang banyak diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter sama dengan lari dengan jarak 400 meter dan nomor 4 x 400 meter sama dengan 1.600 meter. Ketika melakukan lari estafet bukan teknik saja yang diperlukan tetapi ada hal-hal lain yang harus diperhatikan yaitu pemberian dan kemahiran ketika menerima tongkat dengan cepat di tempat atau zona pergantian dan penyesuaian jarak serta kecepatan dari setiap atlet lari.

Teknik Lari Estafet
Latihan Teknik Lari Estafet, Nomor Latihan, Teknik Tatacara Penerimaan Tongkat
Cara Melihat - Dengan cara melihat atlet lari yang menerima tongkat harus melakukannya dengan cara berlari sambil melihat tongkat yang akan diberikan oleh atlet lari sebelumnya.
Tanpa Melihat - Dengan cara tidak menoleh atlet lari yang akan menerima tongkat berlari sambil mengulurkan tangannya kebelakang. Kemudian atlet lari sebelumnya menyimpan tongkat tersebut  ke tangan altet lari setelahnya. Perhatian lagi gambar di atas.

Teknik Pemberian Tongkat
Teknik memberikan bola bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama memberi tongkat dari bawah dan yang kedua memberikan tongkat dari arah  bawah.

a. Teknik memberikan tongkat dari bawah
Apabila pemberi memberikan tongkat dengan menggunakan tangan kanannya maka si penerima harus menggunakan tangan kiri untuk menerima tongkat tersebut. Ketiak akan memberi tongkat, ayunkanlah tongkat itu dari belakang ke arah depan melalui bawah. Sementara itu tangan si penerima harus sudah siap di belakang dengan telapak tangan menghadap bawah. Lebarkanlah ibu jari, dan rapatkan jari-jari yang lainnya. Posisi tangan sipenerima berada di bawah pinggangnya.

b. Teknik memberikan tongkat dari atas
Apabila si pemberi tongkat memberikan tongkat tersebut dengan menggunakan tangan kiri, maka si penerima harus menggunakan tangan kanan ketika menerima tongkat tersebut. Ketika akan memberi tongkat, ayunkanlah tongkat dari depan melalui atas.

Tantangan untuk kalian !!!
Perhatikan lagi gambar di atas. Sebutkan teknik memberikan tongkat pada gambar diatas ?? jawablah pada kotak komentar.

Teknik cara menerima tongkat estafet
Dengan Melihat : Dengan menoleh (visual) ke arah belakang. Cara ini hanya digunakan untuk lari Estafet yang berjarak 4×400 meter.

Tanpa Melihat : Cara ini digunakan dengan tanpa menoleh sediktipun ke belakang ataupun melihat ke belakang, dikarenakan jarak yang digunakan terlalu pendek yaitu 4×100 meter.

Daerah Pergantian Tongkat dan Cara Menempatkan Antara Pelari-Pelari
Atlet lari ke 1 berada di daerah start pertama dengan trek atau lintasan tikungan
Atlet lari ke 2 berada di area start kedua dengan lintasan lurus
Atlet lari ke 3 berada di daerah start ketiga dengan lintasan tikungan
Atlet lari ke 4 berada di zona atau daerah start keempat dengan lintasan lurus dan berakhir di garis finish.

Mungkin, sampai disini postingan saya yang berjudul pengertian lari estafet dan tekniknya. Jika ada kekurangan mohon ditambahkan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih sudah membaca.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:52:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya

0 komentar: