Langsung ke konten utama

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya - Lari sambung atau lari estafet merupakan suatu olahraga lomba lari pada perlombaan atletik yang dilakukan secara bergantian atau beranting. Pada satu Tim lari estafet terdapat empat pelari, diantaranya adalah pelari pertama, pelari kedua, pelari ketiga, dan pelari keempat. Pada nomor lari estafet ada kekhususan yang tidak mungkin dijumpai pada nomor pelari yang lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari dengan cepat dari pelari sebelumnya kepada pelari berikutnya.

Pengertian Lari Estafet dan Tekniknya
Sumber gambar : Pikiran Rakyat

Nomor lari estafet yang banyak diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter sama dengan lari dengan jarak 400 meter dan nomor 4 x 400 meter sama dengan 1.600 meter. Ketika melakukan lari estafet bukan teknik saja yang diperlukan tetapi ada hal-hal lain yang harus diperhatikan yaitu pemberian dan kemahiran ketika menerima tongkat dengan cepat di tempat atau zona pergantian dan penyesuaian jarak serta kecepatan dari setiap atlet lari.

Teknik Lari Estafet
Latihan Teknik Lari Estafet, Nomor Latihan, Teknik Tatacara Penerimaan Tongkat
Cara Melihat - Dengan cara melihat atlet lari yang menerima tongkat harus melakukannya dengan cara berlari sambil melihat tongkat yang akan diberikan oleh atlet lari sebelumnya.
Tanpa Melihat - Dengan cara tidak menoleh atlet lari yang akan menerima tongkat berlari sambil mengulurkan tangannya kebelakang. Kemudian atlet lari sebelumnya menyimpan tongkat tersebut  ke tangan altet lari setelahnya. Perhatian lagi gambar di atas.

Teknik Pemberian Tongkat
Teknik memberikan bola bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama memberi tongkat dari bawah dan yang kedua memberikan tongkat dari arah  bawah.

a. Teknik memberikan tongkat dari bawah
Apabila pemberi memberikan tongkat dengan menggunakan tangan kanannya maka si penerima harus menggunakan tangan kiri untuk menerima tongkat tersebut. Ketiak akan memberi tongkat, ayunkanlah tongkat itu dari belakang ke arah depan melalui bawah. Sementara itu tangan si penerima harus sudah siap di belakang dengan telapak tangan menghadap bawah. Lebarkanlah ibu jari, dan rapatkan jari-jari yang lainnya. Posisi tangan sipenerima berada di bawah pinggangnya.

b. Teknik memberikan tongkat dari atas
Apabila si pemberi tongkat memberikan tongkat tersebut dengan menggunakan tangan kiri, maka si penerima harus menggunakan tangan kanan ketika menerima tongkat tersebut. Ketika akan memberi tongkat, ayunkanlah tongkat dari depan melalui atas.

Tantangan untuk kalian !!!
Perhatikan lagi gambar di atas. Sebutkan teknik memberikan tongkat pada gambar diatas ?? jawablah pada kotak komentar.

Teknik cara menerima tongkat estafet
Dengan Melihat : Dengan menoleh (visual) ke arah belakang. Cara ini hanya digunakan untuk lari Estafet yang berjarak 4×400 meter.

Tanpa Melihat : Cara ini digunakan dengan tanpa menoleh sediktipun ke belakang ataupun melihat ke belakang, dikarenakan jarak yang digunakan terlalu pendek yaitu 4×100 meter.

Daerah Pergantian Tongkat dan Cara Menempatkan Antara Pelari-Pelari
Atlet lari ke 1 berada di daerah start pertama dengan trek atau lintasan tikungan
Atlet lari ke 2 berada di area start kedua dengan lintasan lurus
Atlet lari ke 3 berada di daerah start ketiga dengan lintasan tikungan
Atlet lari ke 4 berada di zona atau daerah start keempat dengan lintasan lurus dan berakhir di garis finish.

Mungkin, sampai disini postingan saya yang berjudul pengertian lari estafet dan tekniknya. Jika ada kekurangan mohon ditambahkan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih sudah membaca.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…