Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya

Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya - Lompat Jauh atau long jumping merupakan salahsatu cabang olahraga atletis yang sangat popular dan sering dilombakan dalam Olimpiade. Olahraga yang sudah ada sejak abad ke 13 ini merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang jauh.

Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya


Teknik Dasar Lompat Jauh


Setelah memahami pengertian lompat jauh sekarang kita akan memperlajari teknik dasar lompat jauh. Untuk kalian yang ingin belajar olah raga lompat jauh, kalian harus mengetahui teknik dasar lompat jauh. Ada lima teknik dasar lompat jauh diantaranya adalah

1. pendekatan run,
2. dua langkah terakhir,
3. lepas landas,
4. aksi di udara, dan
5. mendarat.

Kecepatan dan lompatan tinggi dari papan adalah dasar-dasar keberhasilan. Karena kecepatan merupakan faktor yang penting dari pendekatan, tidaklah mengherankan bahwa banyak juga jumper lama bersaing dengan sukses di sprint. Sebuah contoh klasik dari lompat / lari penggandaan lama ini pertunjukan oleh Carl Lewis.

Baca Juga : Macam macam gaya lompat jauh dan penjelasannya

1. Teknik Dasar Lompat Jauh - Awalan/Pendekatan
Awalan lari dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari, namun masih terkendali untuk melakukan suatu tolakan. Ketika atlit mendekati papan tolakan, yaitu sekitar 3 sampai 5 langkah terakhir segeralah mempersiapkan untuk meninggikan kecepatan lari awalan (gerak horizontal) kapada kecepatan tolakan (vertikal) dengan langkah yang terakhir pendek.

2. Teknik Dasar Lompat Jauh - Tolakan
Tujuan tolakan adalah menghasilkan sebuah gerak mengangkat badan ke atas untuk melayang di udara. Ketika kalian akan melakukan tolakan, kaki tolak harus sedikit dibengkokkan, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Untuk melakukan tolakan, kalian memerlukan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakan kalain akan lebih efektif.

3. Teknik Lompat Jauh - Melayang di Udara
Gerakan kaki yang berjalan ketika kalian melayang di udara akan mempermudah kalian untuk mempersiapkan pendaratan yang benar dan baik. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada saat akan melakukan gerak melayang di udara.

a. Pertahankan keseimbangan badan ketika melayang di udara.
b. Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
c. Usahakan kalian melayang di udara selama mungkin.
d. Siapkanlah kaki untuk melakukan pendaratan.

4. Teknik Dasar Lompat Jauh - Pendaratan
Teknik dasar lompat jauh yang terakhir adalah melakukan pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara mempersiapkan menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan menarik pinggang ke depan. Dengan begitu, ketika melakukan pendaratan, anggota tubuh yang lain tidak akan menyentuh pasir lebih belakang dari pada kaki. Namun jika harus menyentuh pasir, perkenaan dengan pasir harus lebih depan dari kaki.

Cara agar kalian bisa meningkatkan kemampuan penguasaan teknik  lompat jauh seperti ini adalah; kaliann harus memperhatikan hal hal yang menentukan hasil lompatan seseorang, di antaranya sebagai berikut.

a. Menentukan jarak awalan yang pas.
b. Menentukan irama lari awalan.
c. Kemampuan untuk menolak dan lepas landas.
d. Kemampuan unutk gerak pendaratan.

Itulah pengertian lompat jauh dan cara melakukannya, semoga bermanfaat. Jangan lupa latihan, latihan latihan untuk menguasai teknik dasat lompat jauh.
Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar