Langsung ke konten utama

Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya

Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya - Lompat Jauh atau long jumping merupakan salahsatu cabang olahraga atletis yang sangat popular dan sering dilombakan dalam Olimpiade. Olahraga yang sudah ada sejak abad ke 13 ini merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang jauh.

Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya


Teknik Dasar Lompat Jauh


Setelah memahami pengertian lompat jauh sekarang kita akan memperlajari teknik dasar lompat jauh. Untuk kalian yang ingin belajar olah raga lompat jauh, kalian harus mengetahui teknik dasar lompat jauh. Ada lima teknik dasar lompat jauh diantaranya adalah

1. pendekatan run,
2. dua langkah terakhir,
3. lepas landas,
4. aksi di udara, dan
5. mendarat.

Kecepatan dan lompatan tinggi dari papan adalah dasar-dasar keberhasilan. Karena kecepatan merupakan faktor yang penting dari pendekatan, tidaklah mengherankan bahwa banyak juga jumper lama bersaing dengan sukses di sprint. Sebuah contoh klasik dari lompat / lari penggandaan lama ini pertunjukan oleh Carl Lewis.

Baca Juga : Macam macam gaya lompat jauh dan penjelasannya

1. Teknik Dasar Lompat Jauh - Awalan/Pendekatan
Awalan lari dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari, namun masih terkendali untuk melakukan suatu tolakan. Ketika atlit mendekati papan tolakan, yaitu sekitar 3 sampai 5 langkah terakhir segeralah mempersiapkan untuk meninggikan kecepatan lari awalan (gerak horizontal) kapada kecepatan tolakan (vertikal) dengan langkah yang terakhir pendek.

2. Teknik Dasar Lompat Jauh - Tolakan
Tujuan tolakan adalah menghasilkan sebuah gerak mengangkat badan ke atas untuk melayang di udara. Ketika kalian akan melakukan tolakan, kaki tolak harus sedikit dibengkokkan, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Untuk melakukan tolakan, kalian memerlukan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakan kalain akan lebih efektif.

3. Teknik Lompat Jauh - Melayang di Udara
Gerakan kaki yang berjalan ketika kalian melayang di udara akan mempermudah kalian untuk mempersiapkan pendaratan yang benar dan baik. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada saat akan melakukan gerak melayang di udara.

a. Pertahankan keseimbangan badan ketika melayang di udara.
b. Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
c. Usahakan kalian melayang di udara selama mungkin.
d. Siapkanlah kaki untuk melakukan pendaratan.

4. Teknik Dasar Lompat Jauh - Pendaratan
Teknik dasar lompat jauh yang terakhir adalah melakukan pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara mempersiapkan menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan menarik pinggang ke depan. Dengan begitu, ketika melakukan pendaratan, anggota tubuh yang lain tidak akan menyentuh pasir lebih belakang dari pada kaki. Namun jika harus menyentuh pasir, perkenaan dengan pasir harus lebih depan dari kaki.

Cara agar kalian bisa meningkatkan kemampuan penguasaan teknik  lompat jauh seperti ini adalah; kaliann harus memperhatikan hal hal yang menentukan hasil lompatan seseorang, di antaranya sebagai berikut.

a. Menentukan jarak awalan yang pas.
b. Menentukan irama lari awalan.
c. Kemampuan untuk menolak dan lepas landas.
d. Kemampuan unutk gerak pendaratan.

Itulah pengertian lompat jauh dan cara melakukannya, semoga bermanfaat. Jangan lupa latihan, latihan latihan untuk menguasai teknik dasat lompat jauh.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…