Langsung ke konten utama

Pengertian Senam Lantai dan Contohnya

Pengertian Senam Lantai dan Contohnya - Senam lantai atau floor exercise merupakan salahsatu olahraga bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan bahasanya, senam lantai adalah suatu gerakan-gerakan senam yang dilakukan diatas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga dinamakan dengan senam bebas, karena ketika melakukan gerakan tersebut tanpa membawa alat apapun atau tidak menggunakan alat.
 
Pengertian Senam Lantai dan Contohnya

Tempat Untuk Senam Lantai
Senam lantai menggunakan tempat yang hanya berukuran 12 X 12 m. demi menjaga keamanan pesenam sekeliling area dan bisa ditambahkan permadani selebar 1 meter.
 
Gerakan Senam Lantai
Gerakan-gerakan yang ada pada senam lantai terdiri dari beberapa gerakan, diantaranya adalah;
Gerakan mengguling baik kedapan atau kebelakang, gerakana meloncat, gerakan melompat harimau, gerakan berputar di udara, lompat jongkok, menumpu dengan tangan, menumpu dengan kaki untuk mempertahankan keseimbangan atau pada waktu meloncat ke arah belakang atau juga meloncat ke depan.
 
Bentuk gerakannya ialah gerakan dasar pada senam perkakas, bagi putra ataupun putri bentuk latihan dasarnya adalah sama, hanya saja bagi puteri dimasukkan beberapa unsur-unsur gerakan bale.

 Untuk lebih jelasnya silahkan lihat daftar gerakan pada senam lantai dibawah ini;

a. Guling ke depan (forward roll)
b. Guling ke belakang (backward roll)
c. Lompat harimau (tiger sprong)
d. Lenting tangan (hands stand overslag)
e. Meroda
g. Lompat jongkok
h. Lenting tangan putar (round off)
i. Lenting tangan ke belakang (flik flak)
j. Keseimbangan lutut berguling (squat roll)
k. Lompat kangkang
l. Berdiri dengan menggunakan kepala (kopstand)
m. Kayang (brug),
n. Sikap lilin
o. Salto ke depan (Summer vault)
p. Salto ke belakang (Back Summer vault )
q. Guling lenting (roll kiep)
r. Lompat ikan (snuck)


Hal-hal yang wajib diperhatikan ketika akan melakukan senam lantai :
a. Gunakanlah matras atau permadani ketika melakukan senam lantai
b. Pakailah baju senam yang nyaman  untuk digunakan.
c. Letakkan matras atau permadani di atas lantai atau tanah yang rata.
d. Letakkan matras atau permadani jauh dari dinding ataupun benda benda yang mungkin bisa menyebabkan benturan dan cidera.
e. Lakukan pergerakan ringan terlebih dahulu dan selanjutnya bertahap pada gerakan yang sulit
f. Lakukan sedikit gerakan pemanasan sebelum kalian melakukan gerakan senam lantai
g. Pengawasan guru atau pelatih harus bisa mengawasi kalian saat melakukan senam lantai.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…