Sabtu, 02 Juli 2016

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Terbaru

;
Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Terbaru -  Dalam setiap olahraga termasuk sepakbola tentu ada beberapa peraturan yang harus di patuhi, baik itu olah para pemain, official bahkan penonton sekalipun harus mentaati peraturan tersebut. Sepak bola termasuk olah raga yang paling bergengsi dan banyak digemari oleh masyarakat seluruh dunia.

Tujuan utama dari sepak bola adalah untuk mencetak gol dengan bagian tubuh mana saja kecuali lengan dan tangan. Ada 17 Peraturan permainan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA demi menjaga ketertiban dan keadilan dalam permainan sepak bolaPeraturan ini dirumuskan oleh FIFA, sebagai badan tertinggi sepakbola di dunia.

1. Peraturan Permainan Sepak Bola Ukuran Lapangan
Ukuran lapangan sepak bola harus antara panjang 90 dan 120 meter dan lebar antara 45-90 meter. Dalam pertandingan internasional, dimensi lapangan sepak bola bisa mencapai 100-110 meter  dan 64-75 meter.

Berikut adalah bagian lapangan sepak bola harus ditandai: touchlines, tujuan garis & daerah tujuan, garis tengah, pusat lingkaran, daerah penalti, busur, dan sudut busur. Sebuah posting bendera harus ditanam di setiap sudut lapangan.

2. Peraturan Permainan Sepak Bola dari Ukuran Bola
Diameter bola sepakbola harus 8,6-9 inci (22-23 cm) dan berat harus 14 sampai 16 oz atau 400 hingga 450 gram.

3. Peraturan Permainan Sepak Bola dari Jumlah Pemain
Sebuah pertandingan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang tidak bolah lebih dari sebelas pemain dalam satu grup, dengan satu sebagai penjaga gawang. Minimum jumlah pemain dalam tim sepak bola adalah tujuh. Pertandingan sepakbola tidak akan dimulai atau dilanjutkan jika kurang dari tujuh pemain dalam sebuah tim.

Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Terbaru
4. Peraturan Permainan Sepak Bola dari Perlengkapan Pemain
Peralatan sepakbola diperlukan dari masing-masing pemain adalah: kaos team, celana pendek, kaus kaki, pelindung tulang kering, dan sepatu sepak bola. Kiper dari kedua belah pihak harus mengenakan kit yang akan membedakan mereka dari para pemain outfield dan wasit. Pemain tidak diperkenankan memakai perhiasan.

5. Peraturan Permainan Sepak Bola dari Wasit
Tugas dan tanggung jawab wasit dalam sepak bola meliputi: memastikan bahwa pemain memakai strip yang tepat dan peralatan, menandakan awal dan akhir pertandingan, menghukum sesuai dengan pelanggaran, berhenti bermain jika pemain membutuhkan perhatian medis, memutuskan apakah atau tidak melanjutkan permainan, dan pencatat waktu.

Wasit mengutip pelanggaran dan pelanggaran aturan dan mencegah berulang kejadian perilaku tidak sportif dengan memperingatkan pemain dengan kartu kuning atau memberi mereka dengan kartu merah. Dua kartu kuning dalam sepak bola adalah setara dengan satu kartu merah. Seorang pemain yang menerima kartu merah dalam sepak bola tidak bisa diganti dengan pemain cadangan. Terpaksa tim tersebut harus bermain kurang dari satu orang.

6. Peraturan Permainan Sepak Bola: Asisten Wasit
Peran asisten wasit dalam permainan sepak bola adalah untuk membantu wasit utama dengan sinyal untuk tendangan sudut, melempar kedalam, dan pelanggaran offside. Mereka juga dapat bemberi tahu wasit utama apabila  terjadi pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit utama.

7. Peraturan Sepakbola : Durasi Pertandingan
Lama pertandingan sepak bola adalah 90 menit, dengan 2 babak. Masing masing babak waktu nya 45 menit. Menit tambahan dalam pertandingan sepak bola dapat dimainkan pada akhir masing-masing babak untuk mengkompensasi waktu yang hilang selama pertandingan. Menit ditambahkan disebut "injury time".

8. Peraturan Permainan Sepak bola: Mulai / restart bermain
Sebuah kickoff menunjukan dimulainya pertandingan sepak bola dan restart di babak kedua atau setelah gol dicetak. Tim yang kicks off bola pada awal pertandingan ditentukan oleh lemparan koin.

Selama kickoff, hanya dua pemain yang diperbolehkan di dalam pusat lingkaran: satu menendang dan satu yang menerima bola.

9. Peraturan Permainan Sepak Bola: Bola masuk dan keluar dari lapangan.
Bola dianggap ke luar batas ketika telah melewati garis gawang atau garis touchline baik itu di tanah atau di udara.

10. Peraturan Permainan Sepak Bola: Metode Score
Jika bola melintasi garis gawang antara kedua tiang gawang dan di bawah mistar gawang, selama tidak ada melanggar aturan telah terjadi maka itu di kategorikan GOL. Jika kedua tim memiliki jumlah Gol yang sama pada akhir pertandingan, itu dianggap imbang keduanya tidak mencetak gol sama sekali (0-0).

Baca juga : Teknik dasar sepak bola beserta gambarnya

11. Peraturan Permainan Sepak Bola: Offside
Sebuah pelanggaran offside dalam sepak bola terjadi jika posisi dia berada di belakang bek dan ia menerima bola dari teman satu tim. Sebuah tendangan bebas diberikan jika pemain tertangkap offside.

12. Peraturan Permainan Sepak Bola: Pelanggaran dan kecuranganBerikut ini adalah pelanggaran yang paling umum di sepak bola: menendang lawan, tersandung, mendorong, atau mencolok atau mencoba untuk menyerang lawan baik  dengan pukulan, sundulan bahkan gigitan.

13. Peraturan Permainan Sepak Bola ke : Free Kick/ Tendangan Bebas
Sebuah tendangan bebas dalam permainan sepak bola dilakukan setelah terjadinya pelanggaran dan biasanya tendangan diambil dari tempat pelanggaran tersebut dilakukan. Sebuah tendangan bebas biasanya akan di halangi oleh pagar betis jika dilakukan di area lawan. Namun jika pelanggaran tersebut terjadi di area kita sendiri maka tidak bolah dihalangi oleh pagar betis.

14. Peraturan Permainan Sepak Bola: Tendangan Penalti
Sebuah tendangan penalti akan di hadiahi jika bek atau penjaga gawang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti sendiri. tendangan diambil dari titik penalti dan semua pemain (kecuali penendang dan penjaga gawang) harus berada di luar area penalti.
 
15. Peraturan Permainan Sepak Bola: Lemparan Kedalam
Sebuah lemparan ke dalam dalam sepak bola diberikan kepada tim jika bola berjalan di atas touchline. Hal ini diberikan kepada tim lawan yang menyentuh bola terakhir. lemparan diambil dari tempat bola keluar dari batas. Pemain haru melempar bola dengan kedua tangan, kedua kaki menempel ke tanah, dan menghadap ke lapangan permainan.

Baca Juga : Cara mengiring bola 

16. Peraturan Permainan Sepak Bola ke 16: Tendangan gawang
Sebuah tendangan gawang dalam sepak bola diberikan kepada tim membela jika tim lawan menyebabkan bola untuk pergi ke garis gawang. Setiap pemain diperbolehkan untuk mengambil tendangan gawang.

17. Peraturan Permainan Sepak Bola : Tendangan sudut
Sebuah tendangan sudut dalam sepak bola diberikan kepada tim penyerang jika pemain lawan adalah yang terakhir menyentuh bola sebelum keluar dari batas pada garis gawang.

Itulah 17 aturan dalam permainan sepak bola. semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 13.27.00
Tags :

Related : Peraturan Permainan Sepak Bola Lengkap Terbaru