Tuesday, July 26, 2016

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM - Ram dan ROM adalah perangkat keras memori komputer yang keduanya tertanam dalam PC, Notebook dan Laptop. Meskipun keduanya merupakan memori, namun RAM dan ROM memiliki perbedaan dan banyak orang yang belum mengetahui tentang perbedaan tersebut sehingga mereka salah mengartikan RAM dan ROM. RAM dan ROM memang berbeda sehingga perbedaan inilah yang membuat RAM dan ROM mempunyai tugasnya masing-masing. Maka untuk memudahkan kalian memahami RAM dan ROM, pada kesempatan ini kita akan sama sama membahas tentang perbedaan RAM dan ROM.



Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM - RAM atau random access memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan informasi sebelum dan sesudah informasi tersebut di proses oleh sebuah perangkat keras yang bernama processor. RAM sebagai penyimpanan ternyata memiliki ruang-ruang penyimpanan dan ruang tersebut memiliki alamat masing-masing berupa nomor yang menunjukan lokasi memori tsb.

Baca Juga : Cara Menginstal Modem di Laptop

Dilihat dari fungsinya, RAM berfungsi untuk meyimpan perintah dan data secara sementara, data dan perintah tersebut mencakup data yang nantinya akan dibaca oleh perangkat keras hardisk. RAM diukur dalam megabyte dan kecepatan diukur dalam nanodetik dan chip RAM dapat membaca data lebih cepat dari ROM.

Pengertian ROM - atau read only memory adalah perangkat keras komputer untuk penyimpanan data di komputer dan perangkat elektronik lainnya yang tidak dapat dengan mudah diubah atau di program. RAM sebagai volatile dan hilang ketika listrik dimatikan sedangkan ROM non-volatile dan isinya dipertahankan bahkan setelah daya dimatikan.

Perbedaan RAM dan ROM di Lihat dari Penggunaannya
RAM memungkinkan komputer untuk membaca data dengan cepat dan efisien untuk dapat menjalankan aplikasi secara efisien, sedangkan ROM dibutuhkan untuk booting komputer dan melakukan diagnosa. RAM adalah jenis umum dari memori yang dapat kalian temukan di komputer dan printer, dan bisa ditambah untuk beberapa gigabyte. Sedangkan ukuran ROM biasanya hanya beberapa ribu byte.

Perbedaan RAM dan ROM dari Jenisnya
Jenis utama dari RAM adalah RAM statis yang disebut SRAM dan ada juga RAM dinamis yang disebut DRAM. Harga SRAM lebih mahal karena memiliki kapasitas lebih untuk penyimpanan dari RAM dinamis yang harus sering disegarkan dan berjalan agak lambat. Ini yang menyebabkan harga RAM dinamis lebih murah dari pada RAM Statis.

Ada beberapa jenis yang dapat dimodifikasi yang meliputi:
a. ROM yang dapat diprogram yang disebut PROM.
b. Erasable programmable ROM yang disebut EPROM. 
c. Elektrik bisa dihapus Programmable ROM yang disebur EEPROM.
PROM adalah jenis ROM yang dapat diprogram hanya sekali oleh perangkat khusus dan menggunakan tegangan tinggi. EPROM dapat ditulis ulang dengan menggunakan radiasi UV, sedangkan EEPROM dapat ditulis ulang elektrik dan perangkat tersebut tidak perlu dihapus dari komputer. Sedangakn Flash drive adalah versi terberu dari EEPROM dan memiliki kecepatan untuk menghapus dan menulis ulang. Beberapa jenis umum lain dari ROM adalah CD-ROM, CD -R dan CD-RW yang digunakan untuk menyimpan media dan file musik.

Mungkin, sekian dulu dari saya mengenai perbedaan RAM dan ROM. semoga dengan mengetahui perbedaan tersebut kita tidak keliru memahami tentang RAM dan ROM.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:01:00 PM

Related : Perbedaan RAM dan ROM

0 komentar: