Langsung ke konten utama

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dari dulu sampai sekarang. Komputer memiliki sejarah panjang dari mulai ukuran yang besar sampai komputer kecil yang sering kita temukan sekarang. Secara umum, sejarah komputer dapat diklasifikasikan menjadi tiga generasi. Setiap generasi berlangsung untuk jangka waktu tertentu.

Sejarah Komputer Generasi Pertama 1937 - 1946

Pada tahun 1937 komputer dibuat untuk kebutuhan tertentu dan melakukan pekerjaan yang lebih spesifik. Komputer ini berukuran sangat besar, sulit untuk diprogram dan bekerja dengan sangat lamban. Jumlah vakum yang sangat banyak mengakibatkan komputer ini mempunyai ukuran sangat besar. Untuk menyimpan data, komputer ini menggunakan silinder magnetik.

Pada tahun 1946 komputer pertama digital elektronik dibangun oleh seorang fisikawan asal Amerika yang bekerja di Bell Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Komputer ini disebut Atanasoff Berry Computer (ABC). 

Sejarah Komputer dan Perkembangannya
ABC

Pada tahun 1943 nama komputer elektronik Colossus dibangun untuk kepentingan militer. Perkembangan lainnya berlanjut sampai tahun 1946 pertama tujuan umumnya adalah komputer digital, Electronic Numerical Integrator dan Computer (ENIAC). Dikatakan bahwa komputer ini beratnya 30 ton, dan memiliki 18.000 tabung vakum yang digunakan untuk pengolahan.

Saat ini komputer dinyalakan untuk lampu pertama kalinya redup di bagian Philadelphia. Komputer generasi ini hanya bisa melakukan tugas tunggal, dan mereka tidak memiliki sistem operasi.

Sejarah Komputer Generasi Kedua 1947 - 1962

Tahun ini, kembali fisikan asal Amerika Walter Houser Brattain, William brandford, Ia menemukan tansistor yang terbuat dari material semikundoktor. Transistor ini lah yang digunakan untuk menggantikan tabung vakum pada komputer. Dengan menggunakan transistor membawa perubahan yang sangat signifikan pada kinerja komputer dan ukuran komputer menjadi lebih kecil begitu juga daya yang dibutuhkan menjadi lebih kecil. Baca juga: Sejarah Internet Dunia
Sejarah Komputer dan Perkembangannya
Walter Houser Brattain adalah fisikawan Amerika Serikat yang menerima Hadiah Nobel Fisika 1956 untuk penemuan transistor bersama John Bardeen dan William Shockley
Pada tahun ini generasi komputer sudah menggunakan transistor dibandingkan tabung vakum yang lebih dapat diandalkan. Pada tahun 1951 komputer pertama untuk penggunaan komersial diperkenalkan kepada publik; Universal Automatic Computer (UNIVAC 1).

Pada tahun 1953 International Business Machine (IBM) 650 dan 700 komputer seri membuat tanda mereka di dunia komputer. Selama generasi ini komputer lebih dari 100 bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan, komputer memiliki memori dan sistem operasi. Media penyimpanan seperti tape dan disk sudah di gunakan termasuk printer untuk output.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga 1963

Penemuan sirkuit terpadu membawa kita generasi komputer ketiga. Dengan penemuan ini komputer menjadi lebih kecil, lebih kuat lebih dapat diandalkan dan mereka mampu menjalankan berbagai program yang berbeda pada saat yang sama.

Pada tahun 1980 Microsoft Disk Operating System (MS-Dos) lahir dan pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pribadi (PC) untuk rumah dan kantor. Tiga tahun kemudian Apple memberikan kami komputer Macintosh dengan antarmuka didorong icon dan 90-an memberi kami sistem operasi Windows.

Demikian Sejarah Komputer secara singkat, semoga dengan mempelajari sejarah komputer ini, kita lebih bisa termotivasi untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk perkembangan komputer di masa yang akan datang.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…