Sunday, July 31, 2016

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dari dulu sampai sekarang. Komputer memiliki sejarah panjang dari mulai ukuran yang besar sampai komputer kecil yang sering kita temukan sekarang. Secara umum, sejarah komputer dapat diklasifikasikan menjadi tiga generasi. Setiap generasi berlangsung untuk jangka waktu tertentu.

Sejarah Komputer Generasi Pertama 1937 - 1946

Pada tahun 1937 komputer dibuat untuk kebutuhan tertentu dan melakukan pekerjaan yang lebih spesifik. Komputer ini berukuran sangat besar, sulit untuk diprogram dan bekerja dengan sangat lamban. Jumlah vakum yang sangat banyak mengakibatkan komputer ini mempunyai ukuran sangat besar. Untuk menyimpan data, komputer ini menggunakan silinder magnetik.

Pada tahun 1946 komputer pertama digital elektronik dibangun oleh seorang fisikawan asal Amerika yang bekerja di Bell Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Komputer ini disebut Atanasoff Berry Computer (ABC). 

Sejarah Komputer dan Perkembangannya
ABC

Pada tahun 1943 nama komputer elektronik Colossus dibangun untuk kepentingan militer. Perkembangan lainnya berlanjut sampai tahun 1946 pertama tujuan umumnya adalah komputer digital, Electronic Numerical Integrator dan Computer (ENIAC). Dikatakan bahwa komputer ini beratnya 30 ton, dan memiliki 18.000 tabung vakum yang digunakan untuk pengolahan.

Saat ini komputer dinyalakan untuk lampu pertama kalinya redup di bagian Philadelphia. Komputer generasi ini hanya bisa melakukan tugas tunggal, dan mereka tidak memiliki sistem operasi.

Sejarah Komputer Generasi Kedua 1947 - 1962

Tahun ini, kembali fisikan asal Amerika Walter Houser Brattain, William brandford, Ia menemukan tansistor yang terbuat dari material semikundoktor. Transistor ini lah yang digunakan untuk menggantikan tabung vakum pada komputer. Dengan menggunakan transistor membawa perubahan yang sangat signifikan pada kinerja komputer dan ukuran komputer menjadi lebih kecil begitu juga daya yang dibutuhkan menjadi lebih kecil. Baca juga: Sejarah Internet Dunia
Sejarah Komputer dan Perkembangannya
Walter Houser Brattain adalah fisikawan Amerika Serikat yang menerima Hadiah Nobel Fisika 1956 untuk penemuan transistor bersama John Bardeen dan William Shockley
Pada tahun ini generasi komputer sudah menggunakan transistor dibandingkan tabung vakum yang lebih dapat diandalkan. Pada tahun 1951 komputer pertama untuk penggunaan komersial diperkenalkan kepada publik; Universal Automatic Computer (UNIVAC 1).

Pada tahun 1953 International Business Machine (IBM) 650 dan 700 komputer seri membuat tanda mereka di dunia komputer. Selama generasi ini komputer lebih dari 100 bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan, komputer memiliki memori dan sistem operasi. Media penyimpanan seperti tape dan disk sudah di gunakan termasuk printer untuk output.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga 1963

Penemuan sirkuit terpadu membawa kita generasi komputer ketiga. Dengan penemuan ini komputer menjadi lebih kecil, lebih kuat lebih dapat diandalkan dan mereka mampu menjalankan berbagai program yang berbeda pada saat yang sama.

Pada tahun 1980 Microsoft Disk Operating System (MS-Dos) lahir dan pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pribadi (PC) untuk rumah dan kantor. Tiga tahun kemudian Apple memberikan kami komputer Macintosh dengan antarmuka didorong icon dan 90-an memberi kami sistem operasi Windows.

Demikian Sejarah Komputer secara singkat, semoga dengan mempelajari sejarah komputer ini, kita lebih bisa termotivasi untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk perkembangan komputer di masa yang akan datang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:53:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Komputer dan Perkembangannya

0 komentar:

Post a Comment