Sunday, July 3, 2016

Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya

Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya - Permainan Bola voli adalah sebuah olah raga dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit, bola voli banyak sekali jenisnya dan bisa juga di mainkan di pantai atau yang sering kita kenal dengan istilah voli pantai. Untuk bermain permainan bola voli ada beberapa teknik dasar yang harus di pelajari dan di praktekan. Jika kalian ingin menjadi atlet bola voli dan bergabung dalam sebuah klub , maka kalian dituntut harus menguasai teknik dasar sebagai bekal utama. 

Dalam postingan ini kita akan sama sama belajar tentang teknik dasar permainan bola voli lengkap beserta gambarnya.

1. Servis
Pukulan utama dalam bola voli adalah servis, pukulan ini sebut juga serangan awal, karena bisa jadi dengan hanya menggunakan servis yang baik bisa mencetak atau membuahkan gol. Macam-macam servis ada 3.

Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya

a. Servis dengan cara mengayunkan lengan dari bawah
Istilah untuk servis ini di sebut juga underhand service. cara melakukannya sangat mudah yaitu:

- Berdiri menghadap kelapangan bola voli, salahsatu kaki di depan dan satu tangan memegang bola voli tepat di sekitar dada dengan sikut agak ditekuk.

- Lambungkan bola voli yang dipegang setinggi pundak sambil tangan lurus ke belakang untuk bersiap siap melakukan servis.

- Ayunkan tangan mengenai bola voli sambil pergelanggan tangan agak di tegangkan.

Baca juga : Ukuran lapangan bola voli

b. Servis dengan cara mengayunkan lengan dari samping
Hampir sama dengan cara di atas, hanya saja perbedaannya adalah
- Berdiri menyamping dan usahakan kedua kaki sejajar, tangan memegang bola voli.

- Lambungkan bola setinggi bahu, ayunkan tangan untuk memukul dengan  gerak melingkar ke arah bola.

c. Servis dengan cara mengayunkan lengan dari atas
floating overhand serve adalah istilah untuk servis ini. cara melakukan servis ini adalah

- Berdiri dengan tegak ke arah bola voli, satu kaku berada didepan, bola di pegang sejajar dengan kaki depan, satu tangan lurus ke atas.

- Lambungkan tangan ke atas depan kepala kalian, tangan yang memukul bola dilecutkan dari bagian atas kepala. Bola dipukul pada bagian tengah-belakang bola. Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah bola dan segera masuk ke lapangan.

2. Passing
Teknik dasar bola voli ke dua adalah Passing, passing ini gunanya untuk mengoper kepada teman satu grup. Passing juga merupakan langkah pertama untuk menyusun serangan kepada pihak lawan. Teknik passing tergolong sangat mudah dan hanya dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah.


Cara melakukan passing atas
- Berdiri sambil menghadap kepada arah datang nya bola, kaki harus terbuka lebar selebar bahu, kaki agak kedepan dan di tekuk.
 - Kedua tangan diangkat di depan tepat berada atas dahi, jari-jari harus tangan menghadap ke atas membentuk cekungan.
- Pada saat bola tepat berada di depan atas dahi, lakukanlah suatu gerakan mendorong sampai sikut lurus. Perkenaan bola pada jari pertama dan kedua. Dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan untuk menghasilkan gerakan memantul.
- Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan sampai sikut agak lurus, pindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan, dan kembali dalam posisi siap.

Cara melakukan passing bawah
Passing bawah dilakukan ketika ingin mengoper bola dengan jarak dekat atau bola pendek, cara melakukannya adalah :
- Berdiri menghadap ke arah dimana bola akan datang, lutut agak di tekukan dan arahkan badan condong kedepan, Kedua tangan harus berpegangan, salahsatu punggung dari telapak tangan berada pada telapak tangan yang lain.
- Ketika bola voli menghampiri kalian, ayunkan kedua tangan dari bawah.

3. SMASH
Smash adalah salah satu teknik dasar bola voli yang harus dikuasai, smash dilakukan ketika ingin mencetak gol. pukulan yang keras memungkin pihak lawan akan kesulitan untuk memblock bola sehingga bisa terjadi gol.

 Cara melakukan smash
- Berdiri serong kurang lebih 45 derajat dengan jarak 3 meteran dari Net.
- Melangkahlah dua langkah kedepan
- Lakukan lah gerakan meloncar dan pukulah bola dengan keras ke arah area lawan.

Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya

4. Bloking
Memahan bola merupakan satu upaya untuk mencegah terjadinya gol. Keberhasilan ini tergantung kemampuan bloker membaca arah bola yang datang.

Baca juga: Jumlah pemain bola voli dalam satu regu

Cara membloking bola
- Berdiri tepat dihadapan net, kaki harus dibuka selebar baru dan lutut ditekuk, bersiaplah untuk menghadapi bola yang datang, lompat dan angkat tangan sambil melebarkan jari-jari.

Mungkin itu sebagian dari teknik dasar bola voli, semoga bisa membantu dan bermanfaat. sering berlatih adalah kunci utama menguasai teknik dasar ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:58:00 AM
Tags :

Related : Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Dengan Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment