Monday, July 4, 2016

Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya - Tenis meja atau Ping Pong adalah jenis olah raga yang menggunakan papayan kayu yang dilapisi karet (Bet) sebagai alat utamanya. Permainan ini di lakukan oleh 2 orang untuk tunggal dan 4 orang untuk pasangan. Jika kalian ingin bermain tenis meja, maka ada beberapa teknik dasar tenis meja yang wajib dipelajari dan dipraktekan. Maka dari itu, pada postingan ini kita akan belajar teknik dasar tenis meja lengkap beserta gambarnya.

Setidaknya ada 9 macam teknik dasar dalam permainan tenis meja, seperti Push, Drive, Chop, Topspin, Lob, Footwork, Grip, Sikap dasar dan servis.

1. Memegan Bet atau Grip
Grip atau memegang bet adalah salahsatu teknik dasar tenis meja yang wajib diketahui, karena dengan pegangan yang benar dapat memudahkan kalian dalam bermain sehingga jika terjadi kesalahan atau kebiasaan saat memegang bet akan sulit untuk dirubah. Ada 3 teknik dasar memegang bet, diataranya adalah:

a.  Shakehands Grip
Shakehands Grip merupakan pegangan yg paling populer di dunia karena trick ini memberikan peluang terhadap pemain utk main dgn baik ketika melakukan pukulan backhand. Shakehands Grip yaitu cara pegangan yg multiguna dan paling populer & pegangan ini juga banyak disarankan oleh para pelatih tenis meja baik didalam negara ataupun luar negara.

b. Penholder Grip
Cara memegang Bet (Grip) dgn Penholder Grip adalah cara memegang bet yang lumayan popular. Jenis pukulan andalan untuk pegangan ini yaitu pukulan Forehand, namun sulit untuk dipraktekan. Backhand.umumnya digunakan untuk pemain yang memiliki pergerakan kaki (Footwork) yg cepat yg membuat pemain bisa buat bermain banyak menggunakan pukulan forehand.

c. American Grips
Jika kalian sudah membaca postingan saya yang berjudul teknik dasar bulu tangkis, mungkin kalian mengetahui teknik pegangan ini, American grip adalah perkembangan dari shakehand grip. Untuk lebih jelasnya tentang cara memegang bet tenis meja di atas, silahkan lihat dengan seksama gambar dibawah ini.

Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya 

 
2. Sikap Dasar
Teknik dasar tenis meja yang kedua adalah sikap dasar, seperti posisi kaki, posisi badan, dan posisi tangan ketika siap untuk menerima bola. Untuk menguasai teknik diatas tak lepas dari latihan, latihan dan latihan serta membiasakan diri dalam posisi tersebut ketika bermain.

Sikapa dasar meliputi , Square Stance dan Side Stance.

Square Stance adalah posisi badan yang sepenuhnya menghadap ke depan meja tenis. Posisi inilah yang digunakan ketika kalian menerima bola dari lawan atau bersiap kembali setelah mengembalikan bola kepada lawan bermain.

Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya

Side Stance adalah posisi menyamping baik kekanan atau kekiri. Ketika kalian sedang dalam posisi ini maka posisi bahu harus lebih dekat dengan meja atau dengan net.

Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya

 
3. Teknik Gerakan Kaki (Footwork)
Teknik selanjutnya dalam tenis meja adalah teknik gerakan kaki, seperti kita ketahui bahwa untuk bermain tenis meja tidak lah cukup dengan mengandalkan pukulan saja, namun kecepatan pergerakan kaki harus lebih di optimalkan. Jenis teknik dalam tenis meja pada garis besar nya dibedakan untuk nomor tunggal & nomer ganda. Footwork yg dimanfaatkan dalam permainan tunggal telah otomatis dipakai dalam permainan ganda.

Apabila di lihat dari banyaknya langkah footwork, utk tunggal akan dibedakan: satu langkah, dua langkah & tiga langkah atau lebih. Arah pergerakannya bisa ke depan, ke belakang, ke samping kiri, samping kanan atau diagonal.

Pemain tenis meja mesti memanfaatkan gerakan kaki yg disesuaikan dgn jarak yg harus diantisipasi antara bola yg datang dgn posisi pemain. Apabila jaraknya sangat dekat, maka kalian tidak usah melangkahkan kaki atau hanya satu langkah saja. Seandainya jarak antara bola yg datang dgn posisi kalian agak jauh, maka lakukanlah dua langkah saja. Akan tapi, apabila jaraknya lumayan jauh dari meja, harus dicapai dgn tiga langkah atau lebih.

Metode gerak kaki yg tidak jarang kita pakai adalah two-step. Jenis ini kebanyakan digunakan oleh pemain dgn tipe menyerang. Untuk melakukan teknik ini pemain tenis meja mesti mengikuti langkah atau trik melakukan dgn urutan juga sebagai berikut :

Lutut sedikit ditekuk
Berat tubuh dibagi dengan cara rata di ke-2 kaki
Berat tubuh ditumpukan pada ujung kaki
Seandainya ingin melangkah ke kiri, kaki kiri digeser ke arah kiri & berat tubuh dibebankan ke arah kaki kiri. Jika butuh melakukan dua kali langkah, maka caranya sama
Kaki kanan mengikuti kaki kiri, jikalau mau lakukan pukulan forehand sehingga kaki kanan ditarik ke belakang maka sama seperti posisi awal jalankan pukulan forehand
Sesudah melakukan pukulan, mesti memperhatikan arah bola & kembali ke posisi awal. Jika mau bergerak ke kiri dorong dgn kaki kanan. Jika tidak dalam posisi siap, sehingga mesti bergerak ke arah belakang, namun seandainya lawan memukul bola kita janganlah bergerak.

4. Teknik Pukulan Atau Stroke
 
Pukulan Forehand
Pukulan forehand dilakukan ketika bola berada di sebelah kanan badan. Cara melakukan pukulan forehand adalah dengan merendahkan posisi badan, lalu gerakkan tangan yg memegang bet ke arah pinggang. Usahakan posisi siku kalian membentuk segi kira-kira 90 derajat. selanjutnya gerakanlah tangan kedepan tanpa mengganti sudut siku

Pukulan Backhand
Pukulan backhand dilakukan ketika bola berada di sebelah kiri tubuh. Cara melakukannya adalah:
- Rendahkan posisi badan, selnjutnya gerakkan tangan ke arah pinggang sebelah kiri. Posisi siku 90 derajat. 
- Gerakkanlah  tangan dan bet ke arah depan, jaga siku supaya tetap dalam 90 derajat dan bet tetap lurus.

5 Jenis Pukulan dalam Tenis Meja


1. Drive
Drive yaitu pukulan dgn ayunan panjang sehingga membuahkan pukulan yg datar & keras. Kategori pukulan ini keras & cepat. Ada dua tipe drive, adalah forehand drive and backhand drive.

a. Forehand drive.
Cara melakukan forehand drive, mula-mula gerakkan bet ke arah depan. Gerakan ini diikuti dgn perputaran tubuh kearah depan kira-kira tubuh berputar tiga puluh derajat.
Kesalahan & cara mengatasi dalam melakukan pukulan forehand drive yaitu terjadi perubahan kepada posisi bet akibat bergeraknya pergelangan tangan. Faktor ini menyulitkan ketika kontak dengan bola. Kuatkan pergelangan tangan disaat sikap permulaan, maka bet tidak akan mudah beralih posisi.

b. Backhand drive.
Cara melakukan backhand drive, mula-mula siku membentuk sisi sembilan puluh derajat. Pergerakan bet diikuti oleh gerak memutar tubuh. Usahakan kontak dgn bola ketika bet berada di depan tubuh agak kiri.
Kesalahan yg sering terjadi dalam pukulan drive & trik mengatasinya yakni gerakan kaki. Untuk mengatasi faktor ini ialah dgn memperbanyak latihan backhand.

2. Push
Push ialah pukulan backspin pasif yg dilakukan utk menghadapi backspin. Pukulan ini bisa menjaga supaya bola tidak melambung terlampaui tinggi dari net. Ada dua type push, adalah forehand push & backhand push.

a. Forehand push.
Perhatikan agar posisi bet sedikit terbuka Gerakan bet kedepan & sedikit kebawah. Usahakan bola mengenai bet bagian tengah.

b. Backhand push.
Perkenaan bolanya sama dgn forehand push. Bedanya ini memakai backhand. Usahakan kontak bola hanya terjadi gesekan tapi kuat maka menghasilkan bola backspin yg sempurna. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bagian depan badan

3. Chop
Chop yaitu pukulan backspin yg bersifat bertahan. Ada dua type chop, adalah forehand chop danbackhand chop.

a. Forehand chop.
Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand, tetapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan cenderung ke bawah. Usahkan kontak dengan bola terjadi di depan kanan tubuh. Perkenaan bola pada sudut bet depan agak bawah & perkenaan kepada bola pada sudut bawah bola.

b. Backhand chop.
Posisi awal sama dengan backhand, tapi posisi bet terbuka atau segi depan cenderung ke atas. Usahakan kontak bola pada sektor sudut bawah bet depan dengan sudut bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan badan.

4. Block
Block adalah salah satu upaya sederhana untuk mengembalikan pukulan yang datang dengan keras. Block harus dilakukan setelah bola memantul dari meja. Hal ini dilakukan supaya lawan tak bisa melakukan serangan dgn cepat, sebab bola yang tadi di block akan kembali dgn cepat. 

Ada dua jenis block, adalah forehand block dan backhand block.

a. Forehand block.
Cara melakukan forehand block adalah
- Gerakan bet ke depan, posisi bet tertutup (sudut depan bet menghadap ke bawah). Lihat arah datangnya bola, langsung melakukan block sesudah bola memantul dari meja, perkenaan bola dgn bet serasi kepada tengah bet.

b. Backhand block.
Bet berada di sebelah kiri badan. Gerakkan bet ke depan apabila mau melaksanakan blocking, posisi bet tertutup (segi depan bet menghadap ke bawah). Lihat arah datangnya bola, segera lakukan block sesudah bola memantul dari meja, perkenan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

5. Service / Servis
Servis adalah memukul bola utk menyajikan bola pertama. Ada sekian banyak teknik servis merupakan servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin.

a.backhand backspin.
Topspin yaitu arah putaran bola (di mana bola berputar searah jarum jam). Backspin adalah arah putaran bola pun (bola berputar berlawanan jarum jam).

b. Forehand Topspin.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
- Berdiri dgn sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap bagian kiri meja lawan. 
- Tangan kanan memegang bet berada di kanan tubuh dgn siku ditekuk se besar 90 derajat. 
- Telapak tangan kiri memegang bola. Bola dilambungkan setinggi enam belas senti meter, setelah itu dipukul dengan bet. Usahakan pantulan bola tak demikian tinggi dari net.

c. Backhand Topspin.
Cara melakukannya adalah
- Pemain berdiri di tengah meja dgn sikap persiapan. 
- Tangan kanan memegang bet dgn mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. 
- Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter, pukul dgn bet. Usahakan bola tak demikian tinggi dari net maka pantulan bola di meja lawan tak demikian tinggi.

d. Backhand Backspin.
Cara melakukannya adalah
- Pemain berdiri ditengah meja dgn sikap persiapan. 
- Tangan kanan memegang bet dgn mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. 
- Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas cm, pukul dgn bet. Utk lakukan pukulan Backhand Backspin hanya menggesek bagian belakang bola dgn bagian bawah bet. - Gerakan bet ke depan cenderung turun ke bawah. Usahakan bola tidak terlalu tinggi dari net maka pantulan bola di meja lawan tak demikian tinggi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:13:00 AM
Tags :

Related : Teknik Dasar Tenis Meja Lengkap Beserta Gambarnya