Monday, July 25, 2016

Tendangan Bebas Langsung Dan Tidak Langsung

Tendangan Bebas Langsung Dan Tidak Langsung - Dalam permainan sepak bola kita mengenal istilah Tendangan bebas langsung dan tendangan tidak langsung. Tendangan bebas langsung merupakan metode tendangan disertai dengan persiapan yang terjadi karena terjadinya pelanggaran. Sedangankan tendangan bebas tidak langsung merupakan metode tendangan yang bebas dilakukan oleh pemain mana saja dalam pertandingan sepak bola yang disebabkan oleh pelanggaran-penggaran tertentu dan offside.


Tendangan Bebas Langsung

Sebuah tendangan langsung mengarah kearah gawang dapat dilakukan dengan tendangan bebas langsung. Banyak cara untuk memanfaatkan peluang dari tendangan bebas langsung, seperti mengumpan lambung ke arah gawang, mengumpan jarak pendek disertai dengan tendangan langsung dan beberapa teknik mengelabui lawan pertandingan atau mengumpan kepada pemain yang berada pada posisi yang ideal untuk mencetak gol.

Tendangan Bebas Langsung Dan Tidak Langsung
Tendangan bebas langsung dapat dilakukan pada sebuah titik dimana pelanggaran tersebut terjadi. Berdasarkan jarak ke gawang, beberapa pemain lawan dapat membentuk "tembok pertahanan/pagar betis" untuk mencegah bola masuk ke gawang. Garis busa atau vanishing spray telah digunakan pada pertandingan kelas profesional dari tahun 2000 untuk menjaga keadaan "pagar betis" pada bola. Jarak antara titik penendang dengan tembok pemain lawan tidak lebih  9,15 m (10 yard).

Tendangan Bebas Tidak Langsung

Tidak seperti tendangan bebas langsung, cara ini tidak boleh dipakai untuk membuat gol secara langsung. Aturan seperti dinyatakan oleh Aturan dari Sheffield yang mana mereka menegaskan bahwa tidak di anggap sebuh gol yang dilakukan dari tendangan bebas tidak langsung.


Sebuah tendangan bebas tidak langsung bisa diberikan pada grup lawan ketika permainan diberhentikan sejenak karena terjadi pergantian pemain yang cedera bila tidak ada pelanggaran yang terjadi.

Terima kasih sudah membaca Tendangan Bebas Langsung Dan Tidak Langsung, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:20:00 AM
Tags :

Related : Tendangan Bebas Langsung Dan Tidak Langsung

0 komentar:

Post a Comment