Wednesday, July 6, 2016

Ukuran Lapangan Futsal Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Nasional dan Internasional -Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh 5 orang per regu, tujuannya adalah memasukan bola ke gawang lawan. Permainan ini sama dengan permainan sepak bola, namun ukuran lapangan futsal cendrung lebih kecil. Olah raga yang pertama kali dimainkan di negara uruguay ini menjadi salahsatu alternarif untuk kalian yang suka bermain sepakbola ketika cuaca sedang hujan atau panas. Lalu berapakah ukuran lapangan futsal untuk nasional dan internasional?


Pada postingan ini kita akan sama-sama mengulas ukuran lapangan futsal. Lapangan futsal berbentuk persegi panjang dan dilapisi dengan rumput sintetis, namun ada juga lapangan futsal yang mainkan dilantai kayu. Ukuran lapangan futsal lebih kecil dari pada langan sepak bola, begitu juga gawang futsal yang memiliki ukuran lebih kecil. 

Ukuran Lapangan Futsal Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran : Panjang lapangan futsal adalah 25-43 m dan lebar 15-25 m
Garis batas: garis selebar 8 cm, yaitu garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang di tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
Area penalti: busur pada wilayah penalti berukuran 6 m dari tiang gawang.
Titik penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
Titik penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
Zona pergantian: daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif.


Batas Lapangan
Arena Lapang ditandai dgn garis pembatas lapangan. Garis yg berukuran lebih panjang dinamakan garis samping (touch line), sedang garis yg lebih pendek yaitu garis gawang (goal line).
Lebar garis pembatas 8 senti meter.
Lapangan dibagi jadi dua sektor yg sama luas & diberi garis. Garis ini dinamakan garis tengah.
Titik tengah ditandai dgn titik tepat di tengah arena lapang, lalu garis melingkar dibuat dgn titik pusat di titik tengah tersebut dgn jari-jari lingkaran 3 m.

Area Penalti
Daerah di depan gawang yg ditandai dgn garis setengah lingkaran dinamakan daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah :

Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dgn titik pusat tiap-tiap tiang gawang.

Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yg yang lain tepat berada di depan tiap-tiap tiang gawang. Kedua ujung yg berada di depan ke-2 tiang gawang dihubungkan bersama garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dgn garis gawang. Kenapa mesti 3,16 m? Sebab 3,16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang & diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yg masing-masing diameternya 8 senti meter.

Titik Penalti Pertama :
Posisinya berjarak 6 meter dari titik tengah antara ke-2 tiang gawang.

Titik Penalti Ke-2 :
Posisinya berjarak 10 meter dari titik tengah antara ke-2 tiang gawang.

Daerah Tendangan Sisi
Di tiap-tiap masing-masing sisi arena lapangan dibuat seperempat lingkaran dgn jari-jari 25 senti meter.

Daerah Bebas
Daerah bebas ini terletak di lima meter sekeliling garis tengah arena lapang. Sektor ini harus bebas pandangan ke lapang, sebab di sudut luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga & pencatat waktu. Jarak meja wasit ke-3 ini minimal dua meter dari garis pinggir arena lapang.
 

Sektor Pergantian Pemain
Lima meter setelah garis daerah bebas ialah daerah pergantian pemain. Daerah ini ditandai dengan garis yg memotong garis samping. Lebar garis ini sekitar 8 senti meter, & panjangnya 80 centi meter (40 centi meter di dalam arena lapang, 40 centi meter diluar arena lapang).

Gawang
Gawang mesti ditempatkan di sektor tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang yakni 3 m diukur dari sektor dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang ialah 2 m diukur dari sektor dalam tiang palang atas gawang ke lantai.

Bentuk penampang tiang yg diperbolehkan yaitu kotak & lingkaran, tapi bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman bila berjalan benturan pun pantulan bola dgn tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yg akurat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 4:10:00 PM
Tags :

Related : Ukuran Lapangan Futsal Nasional dan Internasional

0 komentar: