Monday, July 25, 2016

Ukuran Lapangan Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya

Ukuran Lapangan Takraw - Sepak takraw merupakan salahsatu olahraga kolaborasi antara sepakbola dan voli yang dimainkan di lapangan bulu tangkis. Olahraga yang pertama dimainkan pada abad ke 15 ini cukup digemari oleh masyarakat indonesia dan dunia. Sebab peraturan takraw sangat unik sekali yaitu para pemain dilarang menyentuh bola takraw dengan tangan.

Perlombaan dan Kejuaraan bergengsi dalam cabang takraw adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diselenggarakan dinegara Bangkok dan Thailand. Permainan takraw berasal dari zaman Kesultanan Melayu dan dulu olahraga takraw dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola yang digunakan untuk bermain sepak takraw terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.

Catatan sejarah pertama tentang sepak takraw terdapat dalam sejarah Melayu. pada saat pemerintah yang di pimpin oleh Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah, Seorang putra Sultan yang bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana karena membunuh anak seorang Bendahara akibat perkelahian ketika bermain sepak takraw. Raja Ahmad kemudian diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.

Sekitar tahun 1940, sepak takraw berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di negara Filipina permainan sepak takraw disebut sipa, di Burma chinlone, di Laos maradong, dan di Thailand takraw.

Peraturan Sepak Takraw

Peraturan permanian sepak takraw sama dengan peraturan bola voli dengan perbedaan sebagai berikut.

    Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.
    Pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut.
    Posisi pemain bertahan tidak diputar.

Baca Juga : Peraturan Pemainan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya

Lapangan sepak takraw memiliki panjang 13,4 m.
Lapangan sepak takraw memiliki lebar 6,1 m.
Lebar pada Garis Pembatas Sepak Takraw : adalah garis (lines) yang lebarnya+ 5 cm.

Ukuran Lapangan Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya


Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Takraw:
Ditengah-tengah lapangan sepaktakraw terdapat lingkaran yaitu tempat melakukannya sebuah sepakan permulaan atau service. dengan garis tengah lingkaran 61 cm.

Garis 1/4 lingkaran Lapangan Sepak Takraw:
Pada juru tengah kedua lapangan takraw terdapat garis 1/4 lingkaran dan meruapakan tempat melambungkan bola pada pemain yang melakukan service dengan jari-jari 90 cm.

Jaring atau Net Sepak Takraw:
Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm.
Lebar jaring tersebut memilik ukuran 72 cm dan panjangnya adalah 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat oleh tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.

Panjang dan tinggi  tiang Lapangan Sepak Takraw:
Dua buah tiang terpasang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak tidak lebih dari 30,5 cm dari garis samping.
Tinggi tiang Lapangan Sepak Takraw adalah 1,55 m untuk pemain laki-laki dan 1.45 m untuk pemain perempuan.

Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Bola

Mungkin sekian dulu dari saya mengenai Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya, semoga bermanfaat. terimakasih sudah membaca postingan ini sampai selesai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:16:00 AM
Tags :

Related : Ukuran Lapangan Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment