Macam Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya

Macam Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya - Aplikasi internet yang ada sekarang ini sudah cukup banyak dan pasti akan semakin bertambah seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini selanjutnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti militer, akademik, periklanan, medis, media massa, dan berbagai bidang industri lainnya.

Dari beberapa aplikasi internet yang kita kenal saat ini, yang paling ada aplikasi yang sering kita gunakan, antara lain World Wide Web disingkat www, Elektronik mail, Mailing List (milis), Internet Relay Chat disingkat IRC, File Transfer Protocol disingkat FTP, Telnet, Gopher, Ping, dan VoIP.

Fungsi Aplikasi Internet


1. Word Wide Web
Word Wide Web atau www atau yang kita kenal dengan web, adalah aplikasi internet yang banyak digunakan karena merupakan aplikasi yang sangat penting. Aplikasi web ini dapat mempertukarkan informasi dari komputer-komputer di internet dalam format dokumen khusus yang disebut dengan HTML atau format hypertext atau hypermedia.

Disebut format hypermedia karena format dokumen tersebut memungkinkan informasi disimpan dalam berbagai bentuk, seperti teks, image, animasi atau video bahkan suara.

Macam Macam Aplikasi Internet
Http Hypertext Markup Language

Dokumen Word Wide Web di internet tersimpan di komputer pelayan/server yang ada di internet. Sekarang diduga ada ratusan ribu komputer server yang tersebar di jaringan internet. Komputer pelayan yang menyimpan dokumen web disebut dengan server web (web server). Dokumen web yang mempunyai format hypermedia dibuat dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).

Baca Juga : Sejarah Internet dan Perkembangannya

2. Surat Elektronik atau Email
Aplikasi Internet yang kedua adalah Surat elektronik (electronic mail), atau lebih dikenal dengan istilah email, adalah aplikasi internet untuk media komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim Surat elektronik sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa.

Perbedaannya, Surat elektronik dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan komputer yang ada di internet. Selain mengirimkan pesan, Surat elektronik juga dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis file dokumen, gambar, video, suara, dll.

Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai apa itu email? apa fungsi email? dan bagai mana cara kerja email? Silahkan baca baca di "Pengertian Email dan Fungsinya"

Surat elektronik merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Surat elektronik yang dikirimkan akan sampai sesaat setelah Surat elektronik tersebut dikirimkan atau dapat dikatakan akan sampai saat itu juga sekalipun Surat elektronik tersebut dikirimkan negara lain yang sangat jauh.

Dikatakan murah karena biaya untuk mengirimkan Surat elektronik hanyalah biaya kuota. Jika biaya ini dibandingkan dengana internet. tentu ini jauh lebih murah dan mudah jika dibaningkan dengan surat biasa yang dikirim lewat kantos POS.

3. Mailing List
Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke semua alamat milis digunakan oleh sekelompok orang untuk bertukar informasi serta berdiskusi dengan sesama anggota. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email.

4. Internet Relay Chat
Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang dlguflakan untuk berbincang di internet. Berbincang di internet dengan istilah chatting. Meskipun disebut berbincang, komunikasi sebenarnya dilakukan dengan menggunakan teks atau tulisan. Chatting dapat dilakukan dengan mengetik kata kata dan kemudian dikirim kepada si penerima.

Banyak sekali layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan media untuk menampilkan image yang diambil dari kamera laptop atau kamera smartphone. Dengan menggunakan fasilitas ini, pelaku dapat ”berbincang” sambil melihat gambar orang yang sedang berbincang dengan kita.

5. File Transfer Protocol
Apa itu File Transfer Protocol ? File Transfer Protocol atau lebih sering disingkat FTP merupakan aplikasi internet yang kita gunakan untuk mengirimkan atau mengambil berbagai file ke komputer lain atau dari sebuah komputer lain. File Transfer Protocol dapat mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain di internet dengan waktu yang sangat cepat.

File Transfer Protocol sering kita gunakan untuk mencari sekaligus mengambil atau mendownload file dokumen di sebuah komputer server di internet yang memiliki alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. File tersebut diperuntukan oleh pemiliknya untuk diambil oleh pengguna internet yang memerlukannya.

File dokumen ini bisa berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnalis, dll. FTP juga sering digunakan pemilik situs di internet untuk menempatkan mengupload file dokumen web ke komputer pelayan sehingga bisa diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia.
Macam Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buku Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar